Nur Khotimah | MataMata.com
Perjalanan Karier SNSD (Soompi)

Matamata.com - SNSD akan segera comeback sebagai grup setelah 5 tahun. Kabar tersebut tentu sudah lama dinantikan SONE (sebutan fans SNSD) sejak lama. Hal itu sekaligus membuktikan bahwa SNSD tidak bubar meski beberapa member pindah agensi.

SNSD merupakan grup di bawah naungan SM Entertainment yang juga bernama Girls Generation. Seperti apa perjalanan karier SNSD? Simak rangkumannya berikut ini.

1. Pradebut

Baca Juga:
Doddy Sudrajat Bikin 3 Rekening dari Duit Asuransi Vanessa Angel

Perjalanan Karier SNSD (Hancinema)

Sebelum SNSD atau Girls' Generation, SM Entertainment sebenarnya akan memberi nama Super Girl sebagai versi wanita Super Junior yang lebih dulu debut. Member pertama yang mengikuti trainee di SM Entertainment adalah Jessica bersama Krystal sang adik yang kemudian debut di grup f(x).

Member SNSD selanjutnya yang menjadi trainee SM Entertainment kala itu adalah Sooyoung dan Hyoyeon. Yuri kemudian masuk setelah menjadi juara dua kompetisi "2001 SM Youth Best Dancer". Sedangkan Taeyeon, Tiffany, Yoona, dan Seohyun menjadi trainee lewat jalur audisi.

Sunny merupakan member SNSD terakhir yang masuk SM Entertainment meski sebenarnya sudah mengikuti pelatihan sejak 1998, tetapi sempat pindah ke perusahaan lain sebelum akhirnya ditarik kembali. Sunny juga diketahui sebagai keponakan pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man.

Baca Juga:
Bikin Heboh gegara Sebut Gala Mirip Prof Bambang, Doddy Sudrajat Kini Ngotot Tes DNA

2. Debut

Perjalanan Karier SNSD (Hancinema)

SNSD resmi debut pada Agustus 2007 di Inkigayo dengan single "Into the New World". SNSD langsung meraih posisi 1 di M! Countdown yang tak banyak diraih grup yang baru debut. Album pertama SNSD berjudul "Girls' Generation" yang rilis pada musim gugur 2007 juga sukses terjual lebih dari 100 ribu keping.

3. Black Ocean

Baca Juga:
Viral Curhatan Pemeran Hantu Film KKN di Desa Penari: Digaji Rp 75 Ribu, Mata Gak Boleh Kedip

Perjalanan Karier SNSD (Hancinema)

Namun SNSD juga sempat melewati momen Black Ocean saat tampil di Dream Concert 2008. Black Ocean adalah aksi memblacklist sebuah grup dengan mematikan lightstick sehingga tampak seperti "lautan hitam"

Tak ada yang menyalakan lightstick dalam konser akbar grup K-Pop saat SNSD tampil kala itu, kecuali para SONE. SNSD juga tampil tanpa riuh tepuk tangan penonton. Kabarnya Black Ocean diterima SNSD karena "perang" antara fans Super Junior dan TVXQ dengan SONE meski grup idola mereka berada di agensi yang sama.

4. Puncak Popularitas

Baca Juga:
10 Momen Ulang Tahun Puput Nastiti Istri Ahok, Dapat Kejutan Romantis dari Suami

Perjalanan Karier SNSD (Hancinema)

Kendati sempat mendapatkan Black Ocean, SNSD justru semakin terkenal dan menjadi salah satu grup K-Pop wanita legendaris. Saat merilis mini album "Gee", SNSD mencapai puncak popularitas hingga membuat tur Asia pertama.

Single "Gee" jadi andalan SNSD dan memecahkan rekor sebagai lagu yang menduduki peringkat pertama selama 9 minggu berturut-turut di Music Bank dan berbagai rekor lainnya. Tiket untuk tur konser pertama SNSD pun terjual habis hanya dalam waktu 3 menit.

5. Sub-Unit

Perjalanan Karier SNSD (Soompi)

SNSD lambat laun tak hanya terkenal di Korea, tetapi juga seluruh dunia. Selanjutnya SNSD membentuk sub unit Girls' Generation-TTS yang terdiri dari Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun pada April 2012. Ketiga member SNSD ini juga dikenal sebagai vocal line karena suara indah mereka.

Album "Twinkle" TTS berhasil menduduki peringkat ke-126 Billboard 200. Pencapaian tersebut merupakan yang tertinggi untuk grup wanita K-Pop di masa itu.

6. Perubahan Jumlah Member

Perjalanan Karier SNSD (Soompi)

Jessica yang telah berada di SM Entertainment selama belasan tahun sejak trainee resmi keluar dari agensi dan SNSD pada September 2014. Jessica diduga keluar karena ingin fokus di bidang fashion.

Tiffany, Yuri, dan Seohyun juga memutuskan tidak memperpanjang kontrak mereka yang berakhir pada 2017 silam. Kendati begitu, mereka bertiga kompak mengaku masih bagian dari SNSD dan SNSD tidak bubar.

7. Oh!GG

Perjalanan Karier SNSD (Soompi)

Setelah tiga member keluar dari agensi, SNSD sempat merilis lagu dengan nama grup Oh!GG. Tiga lagu dirilis Oh!GG yakni "Lil' Touch", "Melody" (proyek Winter SMTown: SMCU Express), dan "Fermata". Oh!GG lantas dianggap sebagai salah satu sub unit SNSD yang berhasil mengisi kekosongan para SONE menanti comeback SNSD dengan member lengkap.

8. Karier Solo

Perjalanan Karier SNSD (Soompi)

Taeyeon merilis album debut solo pada 2017. Baru-baru ini, Hyeyeon juga baru menyapa penggemar dengan comeback album solo pada Mei 2022 ini. Selain merilis album solo, Yoona dan Yuri juga fokus berakting. Sedangkan Sunny menjadi satu-satunya member yang tak punya album solo, tetapi namanya dikenal sebagai Ratu Variety Show Korea.

Setelah keluar dari agensi, Sooyoung dan Seohyun fokus berkarier sebagai aktris. Sedangkan Tiffany tetap fokus bernyanyi dengan masuk agensi Paradigm Talent Agency di Amerika Serikat.

9. Anniversary ke-15

Perjalanan Karier SNSD (Soompi)

Untuk merayakan anniversary ke-15 pada Agustus 2022 mendatang, SNSD menyiapkan comeback dengan member lengkap. Setelah 5 tahun vakum, SNSD berjanji akan merilis sebuah album. Selain itu, SNSD juga akan mempromosikan lagu bersama dan membawakan acara reality show mereka sendiri.

Wah makin nggak sabar 'kan? Siap menantikan comeback SNSD guys?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More