Yohanes Endra | MataMata.com
Drama dan Film Kim Moo Yeol. (Instagram/netflixkr)

Matamata.com - Hari ini Minggu (22/5/2022) Kim Moo Yeol merayakan ulang tahunnya yang ke-40. Sudah banyak drama dan film Kim Moo Yeol yang sukses di pasaran sejak debutnya pada tahun 2007 silam.

Suami dari artis Yoon Seung Ah ini juga dikenal sebagai aktor untuk film action karena banyaknya film aksi yang ia bintangi. Kim Moo Yeol pernah mendapatkan pembebasan wajib militer pada Juni 2010 karena kondisi finansial keluarganya yang tidak baik.

Hal tersebut sempat memicu kontroversi publik yang mempertanyakan kebenaran pembebasannya itu. Akhirnya pada 9 Oktober 2012 ia mendaftar wamil dan menyelesaikannya pada 8 Juli 2014.

Baca Juga:
9 Pesona Im Soo Hyang di Doctor Lawyer, Drama Barunya dengan So Ji Sub Sebagai Jaksa Berani dan Tegas

Lepas dari kontroversi itu, Kim Moo Yeol adalah aktor yang punya kemampuan akting mumpuni. Bahkan di awal tahun ini, tepatnya pada Februari lalu dua dramanya tayang sekaligus, yaitu Grid dan Juvenile Justice.

Berikut ini MataMata.com sudah himpun sederet drama dan film Kim Moo Yeol yang populer. Pastikan baca sampai akhir, ya!

1. Il Ji Mae: The Phantom Thief (2008)

Baca Juga:
5 Drama Kim Sae Ron: Baru Mundur dari Drakor Trolley, Hunting Dogs Sedang Tahap Diskusi

Drama dan Film Kim Moo Yeol. (asianwiki.com)

Kim Moo Yeol mendapatkan peran pembantu bernama Si Wan dalam drama populer Il Ji Mae. Ia beradu akting dengan Lee Joon Gi, Park Si Hoo, Han Hyo Joo, dan Lee Young Ah. Drama ini menceritakan kisah pencuri dari cerita rakyat Tiongkok pada era dinasti Ming. Pencuri bertopeng ini digambarkan layaknya Robin Hood tapi pada era Joseon.

2. Wife Returns (2009)

Drama dan Film Kim Moo Yeol. (asianwiki.com)

Kim Moo Yeol mulai mendapatkan peran penting sebagai sad boy setelah aktingnya diakui oleh penonton dari proyek-proyek terdahulunya. Dalam drama Wife Returns ia berperan sebagai Kang Su Han, laki-laki yang memendam cinta pada Jeong Yu Hee yang diperankan oleh Kang Sung Yeon. Su Han sudah mencintai Yu Hee sejak kecil, namun cintanya ditolak. Hingga setelah Yu Hee bercerai ia kembali mendekat. Namun, apakah kali ini Yu Hee akan memilihnya? Apalagi mantan suami Yu Hee, Yun Sang Woo (Jo Min Ki) kembali.

Baca Juga:
4 Fakta The Married Couple is Jobless, Drama Baru yang Mengincar Yoon Kye Sang dan Jung Ryeo Won

3. My Beautiful Bride (2015)

Drama dan Film Kim Moo Yeol. (asianwiki.com)

Akhirnya Kim Moo Yeol mendapatkan peran sebagai pemain utama lewat drama My Beautiful Bride. Dalam drama ini Kim Moo Yeol memerankan karakter bernama Do Hyeong. Ia kehilangan tunangannya Joo Young (Ko Sung Hee). Do Hyeong melakukan segala cara untuk bisa menemukan calon istrinya itu. Penonton bakal dibuat terpesona dengan wajah ganteng Kim Moo Yeol dalam drama ini.

4. Bad Guys: Vile City (2017)

Baca Juga:
Kim Sae Ron Menyesali Kasus Nyetir Sambil Mabuk, Berniat Hengkang dari Drama Terbaru

Drama dan Film Kim Moo Yeol. (asianwiki.com)

Drama ini mempertontonkan aksi Kim Moo Yeol sebagai anggota tim jaksa bernama No Jin Pyeong yang tengah menjalankan misi untuk menjatuhkan pengusaha kaya Jo Young Kook (Kim Hong Fa). Mereka berada di bawah arahan jaksa Woo Je Moon (Park Joong Hoon).

5. Grid (2022)

Drama dan Film Kim Moo Yeol. (asianwiki.com)

Drama yang juga tayang di Disney+ ini menceritakan kisah hantu misterius yang disebut Ghost, diperankan oleh Lee Si Yeong. Ghost pernah muncul pada 24 tahun yang lalu dan membuat perisai bernana Grid untuk melindungi manusia dari angin matahari yang berbahaya. Namun, saat muncul kembali setelah puluhan tahun menghilang, ia justru jadi kaki tangan pembunuh berantai. Kim Moo Yeol berperan sebagai Song Eo Jin, Karyawan dari Departemen Manajemen yang menyangkal keberadaan Ghost. Sosoknya digambarkan dingin dan tenang dan menyimpan misteri.

6. Juvenile Justice (2022)

Drama dan Film Kim Moo Yeol. (asianwiki.com)

Bersamaan dengan Grid, Juvenile Justice juga tayang pada Februari 2022 kemarin. Dalam drama bertema kenakalan remaja ini, Kim Moo Yeol berperan sebagai hakim ganteng berbahu lebar dengan tinggi 180 cm bernama Cha Tae Joo. Ia berhati hangat dan merangkul para remaja nakal dengan kelembutan hatinya. Drama ini menyandingkannya dengan aktor senior lainnya seperti Kim Hye Soo. Karakternya sebagai hakim ganteng ini sukses memikat pecinta drama Korea.

7. War of The Arrows (2011)

Drama dan Film Kim Moo Yeol. (asianwiki.com)

Film ini menjadi salah satu film yang melambungkan nama Kim Moo Yeol sebagai bintang film. Kim Moo Yeol berperan sebagai Seo Goon, suami dari Ja In (Moon Chae Woon). Ja In adik pemeran utama utama Nam Yi yang diperankan oleh Park Hae Il seorang pemanah andal. Di hari pernikahan Seo Goon dan Ja In, mereka diserang dan keduanya dijadikan sandera oleh tentara Dinasti Qing.

8. All Bark No Bite (2012)

Drama dan Film Kim Moo Yeol. (asianwiki.com)

Setelah sukses pada film sebelumnya, Kim Moo Yeol mendapat peran utama dalam film layar lebar untuk kali pertama lewat film independen berjudul All Bark No Bite. Ia memerankan karakter bernama Sang Keun. Sang Keun adalah gangster yang memimpin dan mengatur kota di Provinsi Gyeonggi. Pada musim gugur, Se Il mantang anggota geng Sang Keun kembali ke kota dan berniat untuk bertarung. Aksi Kim Moo Yeol saat gelut sukses bikin para cewek terpana lho.

9. Forgotten (2017)

Drama dan Film Kim Moo Yeol. (asianwiki.com)

Kim Moo Yeol memerankan kakak penyayang dan pengertian bernama Yoo Seok bagi adiknya Jin Seok (Kang Ha Neul). Suatu hari Jin Seok melihat kakaknya, Yoo Seok diculik oleh sekelompok pria. Setelah 19 tahun menghilang, Yoo Seok kembali namun ia hilang ingatan. Film ini dianggap sebagai film Korea dengan plot twist terbaik karena alur cerita yang tak tertebak.

10. Intruder (2020)

Drama dan Film Kim Moo Yeol. (asianwiki.com)

Kembali berperan sebagai kakak, Kim Moo Yeol sukses memerankan sosok Seo Jin yang trauma setelah kehilangan adiknya Yoo Jin (Song Ji Hyo). Seo Jin adalah arsitek populer yang hidup dalam trauma berkepanjangan pasca hilangnya Yoo Jin ketika masih kecil. Hingga 25 tahun kemudian Yoo Jin kembali, tapi Seo Jin merasa ada yang salah dengan sang adik.

Nah itu tadi beberapa drama dan film Kim Moo Yeol yang sukses melambungkan namanya hingga sekarang. Dari beberapa drama dan film yang sudah dimainkan oleh Kim Moo Yeol, mana nih peran yang paling membekas buat kamu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More