Yohanes Endra | MataMata.com
MV Kpop Terinspirasi dari Film(Instagram/bts.bighitofficial)

Matamata.com - Musik video atau MV merupakan sebuah video yang dibuat untuk mempromosikan sebuah lagu. Dalam dunia musik Kpop, MV ini memiliki peran yang sangat penting bagi penggemar. Jumlah penonton MV pun sangat berpengaruh dalam segi penilaian penghargaan.

Tak heran jika musik video Kpop dibuat semenarik mungkin serta memiliki ciri khas tersendiri untuk setiap group. Kebanyakan MV Kpop mengandung cerita bahkan teori yang membuat fans penasaran dan mencoba memecahkannya.

Namun, adakah yang tahu jika beberapa MV Kpop ternyata terinspirasi dari film? Biar nggak penasaran, yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga:
6 Fakta Unik Tay Tawan, 'RM BTS' Thailand yang Ulang Tahun ke-31

1. SHINee - Sherlock

MV Kpop Terinspirasi dari Film(Instagram/shinee)

Sherlock merupakan salah satu lagu SHINee yang dirilis pada 2012 lalu. Sama seperti judulnya, MV Sherlock ini terinspirasi dari film Sherlock Holmes, lho.

Menariknya lagi, lagu Sherlock ini merupakan gabungan dari dua buah lagu, yakni Clue dan Note. Saking populernya, MV ini bahkan pernah tampil di stasiun televisi Prancis dan telah ditonton lebih dari 43 juta kali di YouTube.

Baca Juga:
Pejabat Korea Ini Jadi Fanboy Kpop Gara-gara V BTS: Dia Terpesona

2. EXO - Lightsaber

MV Kpop Terinspirasi dari Film(Instagram/@weareone.exo)

Nggak cuma SHINee, ternyata EXO juga punya MV yang terinspirasi dari film, lho. Star Wars merupakan film yang menginspirasi lagu boy group asuhan SM Entertainment ini.

Usut punya usut, ternyata MV tersebut merupakan hasil kolaborasi EXO dan Star Wars. Nggak heran jika adegan di dalam MV nya mirip dengan filmnya. Tentunya visualisasi yang bagus membuat penampilan EXO yang sudah keren makin kece abis.

Baca Juga:
Simak Lirik Lagu Arson - J-Hope BTS

3. Winner - Hold

MV Kpop Terinspirasi dari Film(Instagram/@winnercity)

Salah satu grup YG Entertainment, Winner juga punya lagu yang terinspirasi dari film Parasite, yaitu Hold. Selain menampilkan beberapa adegan film, Mino sang rapper juga memakai baju ala pembantu rumah tangga.

Musik video yang mengusung tema lucu inipun sukses menghibur sekaligus menarik perhatian penggemar.

Baca Juga:
J-Hope BTS Pakai Blazzer Rp 57 Juta, Netizen Syok: Sangat Menghibur Kemiskinanku

4. BTS - Black Swan

MV Kpop Terinspirasi dari Film(Instagram/@bts.bighitofficial)

Pada 5 Maret 2020 lalu, BTS merilis sebuah musik video untuk lagu Black Swan. Konsep MV untuk lagu tersebut terinspirasi dari film berjudul sama yang dibintangi Natalie Portman.

Bercerita tentang seseorang yang mengalami perubahan di dalam dirinya, video ini telah ditonton lebih dari 368 juta kali di YouTube.

5. Taeyeon - What Do I Call You

MV Kpop Terinspirasi dari Film(Instagram/@taeyeon_ss)

Film Eternal Sunshine of the Spotless Mind merupakan inspirasi dari MV What Do I Call You Now milik Taeyeon. Banyak adegan film yang ditampilkan dalam MV salah satu member Girl's Generation tersebut.

Lirik lagu dan alur film ini juga sama-sama menceritakan tentang pasangan yang berusaha menghapus kenangan buruk dengan menghapus kenangan satu sama lain.

6. Brown Eyed Girls - Kill Bill

MV Kpop Terinspirasi dari Film(Instagram/@browneyedgirl_official)

Menyuguhkan vibes misteri, ternyata MV Kill Bill milik Brown Eyed Girls juga terinspirasi dari film 'Deadly Viper Assassination Squad'.

Beberapa adegan di MV ini juga mirip dengan filmnya lho, setuju nggak?

7. SHINee - Married to the Music

MV Kpop Terinspirasi dari Film(Instagram/@shinee)

Nggak cuma Sherlock, lagu SHINee yang berjudul Married to the Music juga terinspirasi dari sebuah film musikal 'Rocky Horror Picture Show'.

Konsep horror dipadukan dengan lagu khas SHINee, membuat lagu andalan dari album Odd tersebut punya keunikan tersendiri.

8. J.Y. Park ft Sunmi - When We Disco

MV Kpop Terinspirasi dari Film(Instagram/@asiansoul_jyp)

Adegan dalam MV lagu kolaborasi dua solois ini juga mengutip adegan film 'Saturday Night Fever' dan 'Pulp Fiction'. Adakah yang tahu?

9. Twice - What Is Love

MV Kpop Terinspirasi dari Film(Instagram/@twicetagram)

MV Twice yang berjudul What is Love juga terinspirasi dari sederet film terkenal, seperti La La Land, La Boum, dan Love Letter, nih. Ada yang tahu?

Nah, itu dia sederet MV Kpop yang terinspirasi dari film terkenal. Jadi penasaran sama filmnya, nggak nih?

Kontributor: Nur Khasanah
Load More