Yohanes Endra Rena Pangesti | MataMata.com
Chen, Baekhyun, dan Xiumin. (Instagram/weareone.exo)

Matamata.com - Baekhyun, Xiumin, dan Chen telah mengumumkan mengakhiri kontrak eksklusif dengan SM Entertainment, Kamis (1/6/2023). Ternyata, ada beberapa masalah yang dipendam unit EXO CBX tersebut. 

Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO, telah menunjuk firma hukum LIN untuk mewakili mereka untuk mengatakan kepada labelnya, SM Entertainment soal keputusan untuk menyudahi kontrak ini.

Berdasarkan keterangan dari LIN, tiga member EXO telah mengajukan 7 permintaan dokumen. Isinya, meminta rincian pendapatan dan pembayaran sejak Maret hingga Mei.

Baca Juga:
Baekhyun EXO Akan Segera Selesai Wamil, Cuitannya di Twitter Bikin Haru Fansnya!

"Sejak 21 Maret hingga saat ini, ketiga anggota mengirim sertifikasi konten. Melalui ini, mereka meminta salinan laporan penyelesaian yang transparan dan dasar penyelesaian," demikian keterangan dari pengacara Lee Jae Hak dari LIN dalam laporan Soompi, Kamis (1/6/2023).

Sementara itu dalam laporan lain yang diberitakan Allkpop, Baekhyun, Xiumin dan Chen menduga ada masalah dari sisi pendapatan.

Untuk itu, mereka meminta catatan yang jelas, transparan dari perhitungan pendapatan perusahaan. Bagi tiga personel EXO, ini merupakan hak fundamental sebagai artis.

Baca Juga:
Postingan IG Baekhyun EXO Hilang, SM Entertainment Akhirnya Beri Klarifikasi

Namun, SM Entertainment diduga mengklaim, perusahaan tersebut tidak dapat mengungkapkan informasi yang diminta kepada para artis.

Selain soal pendapatan, LIN mengatakan bahwa SM Entertainment memaksa artisnya untuk menandatangani kontrak eksklusif yang panjang, 12-13 tahun.

Baru-baru ini bahkan ada tuntutan untuk memperbarui kontrak setidaknya menjadi 17-18 tahun. 

Baca Juga:
Postingan Instagram Baekhyun EXO Mendadak Hilang Semua, Fans Was-Was

Para artis percaya, dengan menggunakan kekuatan dan statusnya sebagai agensi hiburan utama, SM Entertainment terus membuat artisnya tunduk pada 'kontrak budak'. 

Ini tentunya menimbulkan rasa ketidakadilan, melanggar undang-undang yang ada seputar kontrak eksklusif di industri hiburan.

Baekhyun, Chen, memutuskan untuk mengambil tindakan hukum atas 'kontrak budak' SM Entertainment. Ini juga akan menjadi perwakilan beberapa artis lain yang bernasib sama dengan mereka.

Load More