Ade Wismoyo | MataMata.com
Drama Korea Terbaik 2023 (Kolase Instagram/@disneyplushotstarid/@netflixkcontent)

Matamata.com - Sebentar lagi kita akan memasuki tahun baru 2024. Sebelum menyambut tahun yang baru, mari kita flashback dulu beberapa drama Korea terbaik 2023 yang keren-keren banget di bawah ini!

Drama Korea Moving yang banjir bintang termasuk Jo In Sung dan Han Hyo Joo tentunya layak menjadi salah satu yang terbaik tahun ini. Begitu juga The Glory Part 2 yang dibintangi Song Hye Kyo juga sukses mencuri perhatian penonton.

Drama Korea Terbaik 2023 (Kolase Instagram/@disneyplushotstarid/@netflixkcontent)

Dari banyaknya drama Korea yang tayang tahun 2023, berikut MataMata rangkumkan beberapa drama Korea terbaik 2023 yang wajib kamu tonton. Simak sinopsis dan pemainnya melansir dari Soompi dan sumber lainnya. Intip sama-sama yuk!

Baca Juga:
4 Fakta Our Home: Drama Korea Baru yang Dibintangi Kim Hee Sun, Lee Hye Young dan Kim Nam Hee

1. Moving (Disney+)

Drama Korea Terbaik 2023 (Instagram/@disneypluskr)

Salah satu drama Korea terbaik tahun 2023 adalah Moving yang tayang di Disney+ sebanyak 20 episode dari 9 Agustus sampai 20 September 2023. Drama yang meraih Best Series di The Grand Bell Awards ke-59 ini banjir bintang termasuk Ryu Seung Ryong, Han Hyo Joo, Jo In Sung, Cha Tae Hyun, Kim Sung Kyun, Kim Hee Won, Lee Jung Ha, Go Yoon Jung, Kim Do Hoon, dan lainnya. 

Moving merupakan drama action superhero tentang remaja dengan kekuatan super yang diwariskan dari orang tua mereka. Tanpa sepengetahuan mereka, orang tua mereka ternyata menyimpan masa lalu yang menyakitkan dan berusaha melindungi mereka agar tidak dimanfaatkan oleh orang jahat.

Baca Juga:
5 Fakta Mercy for None, Drama Korea Baru So Ji Sub dan Gong Myung yang Banjir Bintang di Netflix

2. The Glory Part 2 (Netflix)

Drama Korea Terbaik 2023 (Instagram/@netflixkcontent)

Pastinya serial balas dendam baru Song Hye Kyo yakni The Glory wajib masuk daftar drama Korea terbaik 2023 karena drama ini meraih banyak penghargaan termasuk Best Drama di Baeksang Arts Awards ke-59. Drama ini tayang dua bagian di mana Part 1 tayang pada 30 Desember 2022, sementara Part 2 rilis pada 10 Maret 2023 di Netflix. 

Proyek terbaru dari penulis hits Kim Eun Sook ini banjir bintang termasuk Song Hye Kyo, Lee Do Hyun, Lim Ji Yeon, Park Sung Hoon, Cha Joo Young, Kim Hieora, dan Kim Gun Woo. Drama ini tentang Moon Dong Eun (Song Hye Kyo), mantan korban kekerasan brutal di sekolah yang membalas dendam pada para pembullynya usai menjadi wali kelas sekolah dasar dari anak pembullynya.

Baca Juga:
10 Drama Korea Tayang Bulan November 2023, Moon in the Day Sampai The Story of Park's Marriage Contract

3. Dr. Romantic 3 (SBS)

Drama Korea Terbaik 2023 (Instagram/@sbsdrama.official)

Mendapat rating hingga 16,8 persen untuk episode terakhirnya di SBS, drama Dr. Romantic 3 yang tayang dari 28 April sampai 17 Juni 2023 ini juga wajib masuk list tontonanmu. Drama ini menyoroti kisah para dokter berbakat yang bekerja di rumah sakit kecil di pedesaan bernama Rumah Sakit Doldam. 

Musim ketiga drama medis ini begitu dinanti karena dua musim sebelumnya yakni Dr. Romantic pada tahun 2016 dan Dr. Romantic 2 tahun 2020 juga sukses besar. Kamu juga bisa nonton drama yang menggaet Han Suk Kyu, Ahn Hyo Seop, Lee Sung Kyung, Yoo Yeon Seok, Kim Min Jae, So Ju Yeon, Jin Kyung, Im Won Hee, dan lainnya ini di Disney+. 

Baca Juga:
Sinopsis My Happy End, Drama Korea Baru yang Dibintangi Jang Nara dan Son Ho Jun

4. Taxi Driver Season 2 (SBS)

Drama Korea Terbaik 2023 (Instagram/@sbsdrama.official)

Bicara soal drama Korea terbaik 2023, rasanya ada yang kurang bila tak menyebut Taxi Driver Season 2. Usai Musim pertamanya yang sukses tahun 2021 lalu, Taxi Driver Season 2 yang tayang dari 17 Februari sampai 15 April 2023 di SBS dan Viu ini meraih rating tinggi hingga 21 persen untuk episode terakhirnya.  

Diangkat dari webtoon populer, Taxi Driver adalah drama tentang layanan taksi misterius yang melakukan balas dendam atas nama korban yang tidak mendapat keadilan dari hukum. Taxi Driver Season 2 dibintangi oleh Lee Je Hoon, Pyo Ye Jin, Shin Jae Ha, Kim Eui Sung, Jang Hyuk Jin, dan Bae Yoo Ram. 

5. My Dearest (MBC)

Drama Korea Terbaik 2023 (Instagram/@mbcdrama_now)

Bisa dibilang My Dearest adalah salah satu drama sejarah yang paling mencuri perhatian pada tahun 2023 ini. Drama tentang sepasang kekasih yang nasibnya berubah karena invasi Qing ke Joseon ini dibagi menjadi dua bagian dan sama-sama meraih rating tinggi.

My Dearest Part 1 yang tayang dari 4 Agustus sampai 2 September 2023 meraih rating tinggi hingga 12,2 persen untuk episode terakhirnya di MBC, sedangkan Part 2 yang rilis dari 13 Oktober sampai 18 November 2023 mencapai sebesar 12,9 persen untuk episode final. Drakor baru Namgoong Min, Ahn Eun Jin, Lee Hak Joo, dan Lee Da In ini juga menyabet lima penghargaan di Grimae Awards 2023.

Itu dia beberapa drama Korea terbaik 2023 yang seru abis dan wajib ditonton, termasuk ada Moving dan The Glory Part 2. Tentunya masih banyak drama-drama lainnya termasuk Death's Game, Daily Dose of Sunshine, dan lainnya. Adakah drama favoritmu di atas? Jangan lupa nonton!

Kontributor: Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
Load More