Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Dian Sastrowardoyo (Suara.com/Sumarni)

Matamata.com - Setiap 10 November, rakyat Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Momen tersebut salah satunya bertujuan mengenang jasa pahlawan yang telah gugur di medan perang.

Nah, ternyata ada beberapa selebriti Tanah Air yang diketahui merupakan keturunan pahlawan nasional. Salah satunya adalah Dian Sastrowardoyo.

Kata 'Sastrowardoyo' yang melekat pada nama artis cantik ini ternyata berkaitan dengan seorang pahlawan sekaligus kakeknya, yakni Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo.

Baca Juga:
Keren Abis, 5 Momen Dian Sastrowardoyo Isi Acara Festival Film di Amerika!

Sunario merupakan tokoh penting di masa pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ia tercatat berperan aktif dalam dua peristiwa bersejarah, yakni Manifesto 1925 dan Konggres Pemuda II.

Bicara soal sosok pahlawan, Dian Sastrowardoyo sempat melakukan pemotretan bertema serupa pada April lalu. Dia sekaligus memberikan penghormatan, khususnya kepada beberapa pahlawan perempuan Indonesia.

1. Cut Nyak Dien

Baca Juga:
Pertama Kali Jadi Produser, Dian Sastrowardoyo Bagikan Cerita Menantang

"Tribute to Indonesian heroines. Cut Nyak Dien," tulis Dian Sastro sebagai keterangan foto sembari menandai berbagai pihak yang terlibat dalam pemotretan itu.

Dian Sastrowardoyo. (Instagram/@therealdisastr)

Cut Nyak Dien adalah Pahlawan Nasional Indonesia dari Aceh. Dia berjuang melawan Belanda pada masa Perang Aceh.

2. Laksamana Malahayati

Baca Juga:
Di Balik Sikap Anggun, Dian Sastrowardoyo Suka Makan Upil

Keumalahayati atau lebih dikenal sebagai Laksamana Malahayati merupakan pahlawan perempuan dari Kesultanan Aceh.

Dian Sastrowardoyo. (Instagram/@therealdisastr)

3. Maria Walanda Maramis

Maria Josephine Catherine Maramis atau Maria Walanda Maramis adalah pejuang emansipasi wanita dan pahlawan nasional dari Minahasa, Sulawesi Utara.

Dian Sastrowardoyo. (Instagram/@therealdisastr)

4. Kartini

Salah satu pahlawan perempuan Tanah Air yang populer di kalangan masyarakat masa kini adalah RA Kartini. Dia dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi dan gerakan emansipasi.

Dian Sastrowardoyo. (Instagram/@therealdisastr)

"Tribute to Indonesian heroines. Kartini," tulis Dian Sastrowardoyo. Dia terlihat saat anggun dan kharismatik dalam foto yang diunggah di Instagram pribadinya itu. [Rima Sekarani Imamun Nissa]

Load More