Linda Rahmadanti | MataMata.com
SpiderManPS4/Instagram @marvel

Matamata.com - Film Spide-Man akan tayang di bioskop Trans TV pada, Sabtu (2/5) pukul 19.30 WIB. 

Film meraih sukses besar di pasaran dan berhasil meraih 825 juta dolar AS. 

Sinopsis Spider-Man

Baca Juga:
Mewek! Postingan Perdana Tom Holland Usai Spiderman Cabut dari MCU

Film ini mengisahkan Peter Parker (Tobey Maguire) yang tinggal dengan Paman Ben (Cliff Robertson) dan Bibi May (Rosemary Harris). Dia diam-diam mencintai Mary Jane (Kirsten Dunst), tetangga sekaligus teman di sekolahnya.

Suatu hari ia bersama teman-teman sekelas mengunjungi laboratorium genetika. Tanpa sengaja, Parker digigit laba-laba di sana dan secara mengejutkan memiliki kemampuan fisik.

Kemampuan baru itu dimanfaatkan Parker bertarung di ring tinju untuk mendapatkan uang. Ia menggunakan kostum laba-laba dan menamai diri 'the human spider'.

Baca Juga:
Jeremy Renner, Pemeran Hawkeye Avenger Minta Spiderman Kembali ke Marvel

Spider-Man [IMDB]

Kejadian nahas menimpa pamannya yang menjadi korban penembakan seorang perampok. Sambil mengenakan kostum laba-laba ia mengejar penjahat. Sejak saat itu, Parker mengemban tugas menumpas kejahatan di kota.

Musuh Spider-Man bukan hanya orang biasa, tapi juga seorang ilmuwan jahat, Norman Osborn (Willem Dafoe) yang menjadi Green Goblin.

Sambil menunggu tayangannya nanti malam, tidak ada salahnya menyimak 5 fakta unik film Spider-Man dikutip dari Fact Inate.

Baca Juga:
Selain Spiderman, Intip 5 Film Terbaik Tom Holland yang Bisa Kamu Tonton

1. Tom Cruise nyaris jadi Spider-Man

Sebelum rilis pada 2002, Spider-Man rencananya akan dibuat tahun 80'an oleh Cannon Films.

Perusahaan itu telah membeli hak cipta dari Marvel seharga 225 ribu dolar AS. Catatannya, film Spider-Man harus dibuat sebelum April 1990.

Naskahnya sudah ditulis, Tom cruise digadang-gadang menjadi Spider-Man. Musuhnya kala itu adalah Dr. Octopus. Namun karena film itu kekurangan dana, akhirnya produksi tidak dilakukan.

2. Cetak rekor

Sempat gagal tayang, namun Spider-Man yang rilis tahun 2002 sukses mencetak rekor. Film ini menghasilkan 100 juta dolar AS pada pekan perdana penayangannya di Amerika Utara.

Mengutip Box Office Mojo, akumulasi dari pendapatan di seluruh dunia mencapai 825 juta dolar AS.

3. Alami kesulitan saat adegan ciuman

Ingatkah Anda pada adegan ciuman yang dilakukan Spider-Man dengan Mary Jane? Ternyata, Tobey Maguire mengalami kesulitan melakoni adegan tersebut.

Spider-Man [IMDB]

Lantaran ia memiliki sinus, sementara syuting dilakukan di tengah hujan. Belum lagi posisi kepala yang berada di bawah, membuat air terus mengalir dari hidung sang aktor.

4. Adegan menangkap nampan makan siang

Dalam salah satu adegan, Peter Parker harus menangkap nampan makan siang Mary Jane yang nyaris terjatuh. Adegan itu ternyata benar-benar nyata dan tanpa bantuan CGI atau trik kamera.

Tobey Maguire. (Instagram/@tobeymaguir)

Tobey Maguire melakukan trik tersebut dan butuh 156 kali dilakukan agar adegan itu terlihat sempurna.

5. Audisi laba-laba

Bukan hanya para bintangnya yang melakukan audisi, tapi juga laba-laba yang menggigit Peter Parker. Dikutip dari Ranker, Sam Raimi sutradara film ini memilih kandidat laba-laba.

Awalnya, pilihan Sam Raimi jatuh kepada jenis laba-laba Black Widow. Namun ini cukup berbahaya. Sehingga pilihannya jatuh pada jenis laba-laba lain.

Hanya saja warnanya kurang cocok dan CGI pun tak cukup membuatnya terlihat realistis.

Maka satu-satunya cara dengan melakukan make up pada laba-laba tersebut menjadi merah dan biru. (Rena Pangesti)

Load More