Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Audy Item dan Iko Uwais (Instagram/@audyitem)

Matamata.com - Media sosial Instagram dibanjiri postingan foto berlatar hitam dengan hastag Blackout Tuesday sejak kemarin, Selasa (2/6/2020). Para seleb Indonesia juga nggak ketinggalan menyuarakan aksi tersebut. 

Sebagai informasi, Blackout Tuesday merupakan bentuk dukungan selebriti terhadap kasus rasisme yang diterima George Floyd. Dia adalah lelaki berkulit hitam proAfrika-Amerika yang tewas setelah dipukuli Derek Chauvin, polisi berkulit putih di Amerika Serikat.

Selebriti pun turut menyerukan keprihatinan atas kasus yang menggema di dunia ini. Menuntut keadilan, penghapusan rasisme kulit, suku, ras, agama yang masih terjadi hingga saat ini adalah inti dari kampanye tersebut. 

Baca Juga:
Beri Dukungan Mendiang George Floyd, Kareena Kapoor Malah Dihujat

Dari sekian banyak selebriti, berikut lima diantaranya yang lantang menyuarakan keadilan untuk kasus rasis di dunia.

1. Anggun

Unggahan Anggun C Sasmi soal Blackout Tuesday [Instagram/@anggun_cipta]

Sebagai perempuan Indonesia yang berkarier di luar negeri, Anggun turut mengunggah Blackout Tuesday. Bahkan, di postingan lain, pelantun Mimpi ini mengutip puisi dari penyair sekaligus politisi Leopold Senghor.

Baca Juga:
Soal Kasus Kematian George Floyd, Agnez Mo Mengaku Sakit Hati

“Saudara tercinta (berkulit) putih: saat aku lahir aku (berkulit) hitam. Saat aku tumbuh besar, terkena sinar matahari, jatuh sakit dan meninggal, aku akan tetap menjadi hitam,” demikian kutipan puisi itu.

“Dan sementara kamu: Saat kau lahir, (kulit) kau pink, saat kau tumbuh besar kamu menjadi putih,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, “Saat (kulit) terkena sinar matahari berubah menjadi merah, saat merasa kedinginan menjadi biru dan saat kau meninggal, kau akan menjadi abu-abu. Jadi, mana dari kita yang bertentangan dengan warna (kulit).”

Baca Juga:
Buntut Kematian George Floyd, 5 Seleb Hollywood Ungkapkan Kemarahan

2. Rossa

Unggahan Rossa Blackout Tuesday [Instagram/@itsrossa910]

Penyanyi Rossa menyertakan bentuk hati hitam dalam postingannya. Ia juga meminta masyarakat berhenti melakukan aksi rasis, bukan hanya di Amerika tapi juga Indonesia.

“Di Amerika Serikat mereka berjuang untuk persamaan hak asasi manusia. Mengingatkan bahwa kita pun disini sama, jangan lagi memandang rendah orang lain berdasarkan warna kulit, suku atau strata sosial,” tulisnya di Instagram.

3. Iko Uwais

Unggahan Iko Uwais soal Blackout Tuesday [Instagram/@iko.uwais]

Aktor Iko Uwais juga menentang rasis yang terjadi saat ini. Ia bahkan masih ingat bagaimana mendapatkan diskriminasi dari orang lain. Dipandang rendah dan berjuang demi membuktikan kesetaraan.

“Saya tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya didiskriminasi di rumah Anda sendiri. Tapi dari pengalaman, saya tau bagaimana rasanya diteror karena orang berpikir anda lemah,” tulis Iko Uwais.

Suami penyanyi Audy Item ini menambahkan, “Setelah sekian lama, kamu akhirnya berjuang untuk menjadi sama (setara). Jadi untuk siapapun yang berjuang atas ketidakadilan, saya bersama kalian.”

4. Aming

Unggahan Aming soal Blackout Tuesday [Instagram/@amingisback]

Tidak jauh berbeda dengan postingan Anggun C. Sasmi, Aming juga mengunggah puisi tentang rasis soal kulit. Ia meminta kepada semua orang menghentikan perlakuan diskriminatif terhadap perbedaan si hitam dan putih.

“Hentikan omong kosong ini. Stop berlaku rasis,” tulis Aming.

5. Al Ghazali

Unggahan Al Ghazali soal Blackout Tuesday [Instagram/@alghazali7]

Bukan hanya selebriti senior, artis muda Al Ghazali juga turut menyuarakan anti rasis lewat postingan Blackout Tuesday.

Sebagai aktor dan artis yang berkecimpung di dunia musik, ia mengingatkan kontribusi orang-orang berkulit hitam terhadap perkembangan musik di dunia. 

“Ingat: (Musik) jazz, blues, rock and roll, funk, soul, R&B, disco, house and techno hadir dari orang-orang berkulit hitam,” tulis putra sulung musisi Ahmad Dhani dan Maia Estianty ini.

Itu dia 5 seleb Indonesia yang menyuarakan keadilan untuk kasus rasis di dunia. [Rena Pangesti]

Load More