Liu Yifei sebagai Mulan. (Instagram/@disneystudios)

Matamata.com - Film Disney Mulan yang sudah lama dinanti-nanti akhirnya dirilis lewat Disney Plus pada hari Jumat (04/09/20) kemarin. Terkait adanya pandemi Covid-19, menjadi penyebab film Mulan ditayangkan melalui aplikasi berbayar.

Sehari dirilis, film Mulan sudah menuai kontroversi. Bukan karena jalan ceritanya. Melainkan karena pernyataan pemeran utama, Liu Yifei.

Liu Yifei. (Youtube/MaximoTV)

Netizen geram saat melihat aksi aktris asal Wuhan ini yang mendukung polisi Hong Kong. Meskipun Liu Yifei menyuarakan hal tersebut sudah pada tahun lalu, namun banyak yang tak terima dengan sikap wanita 33 tahun tersebut.

Kabar pemboikotan film Mulan menggema di berbagai negara diantaranya Hong Kong, Korea Selatan dan Thailand. Bahkan netizen ramai-ramai membuat tagar #BoycottMulan.

Saat itu, Liu Yifei menulis dukungannya kepada polisi Hong Kong yang melakukan aksi brutal terhadap demonstran. Diketahui saat itu di Hong Kong terjadi demo besar-besaran terkait penolakan adanya ekstradisi dari Hong Kong ke daratan China.

Cuitan netizen terkait pemboikotan film Mulan (Twitter.com/badiucao)

“Aku mendukung polisi Hong Kong. Kalian semua dapat menyerangku sekarang. Sungguh memalukan bagi Hong Kong," tulis Liu Yifei di akun Weibo saat itu.

Pada bulan Juli lalu, Liu Yifei telah melakukan klarifikasi terkait kontroversi tersebut. Dalam wawancara yang dilakukannya dengan sebuah media, ia tak menampik pernyataannya yang pernah ia tulis tahun lalu.

"Itu jelas merupakan situasi yang sangat rumit, dan saya bukan ahli. Aku hanya berharap ini segera diselesaikan. Aku pikir, itu hanya situasi yang sangat sensitif,” ujar Liu Yifei.

Load More