Sabtu, 26 September 2020
Tinwarotul Fatonah : Selasa, 15 September 2020 | 15:25 WIB

Matamata.com - Webinar berjudul YOUTHPEDIA yang diselenggarakan oleh AIESEC in UPN “Veteran” Yogyakarta telah dilaksanakan pada 12 September 2020.

Mengambil tema “One Step From Youth to The World”, webinar diisi beberapa narusumber berpengalaman di bidangnya. Lucia Yuriko, Widayu Mutiya, dan Feri Agung. Acara yang diikuti 170 peserta ini makin menarik karena dipandu Whira Purnama Rizki, founder komunitas Dongeng Project.

YOUTHPEDIA

Lucia Yuriko sebagai National Head of Product Outgoing Global Talent AIESEC in Indonesia 2021 berbagi materi mengenai "Nurturing the World from within : ways to be a better world citizen".

Lucia menyampaikan dari kebaikan kecil yang kita lakukan secara tidak sadar kita telah memberikan dampak pada dunia. Ia juga memberikan gambaran singkat mengenai situasi dunia dan peran pemuda saat ini. Selain itu ia juga menjelaskan mengenai hubungan peran pemuda dengan world citizenship, serta memberikan tips kepada peserta tentang bagaimana cara menjadi pemuda yang bisa menjadi warga negara dunia yang baik.

Selanjutnya Widayu Mutia sebagai National Head of Product Outgoing Global Volunteer AIESEC in Indonesia 1920 menjelaskan materi tentang “Is Global Experience vital to success in careers today?”.
Dalam sesi ini Widayu Mutia memberikan gambaran singkat mengenai situasi dunia kerja saat ini, memaparkan pentingnya Global Experience bagi kesuksesan karier seseorang di masa depan, menjelaskan berbagai keuntungan yang didapatkan jika memiliki Global Experience, serta menceritakan pengalaman pribadinya.

Widayu Mutia juga menyinggung tahap revolusi industri yang terjadi di dunia sampai saat ini. Dari pembahasan itu Widayu Mutia memberikan tips kepada para peserta bagaimana cara meningkatkan skill pada diri sendiri untuk menghadapi perubahan revolusi yang menuntut setiap orang mampu melakukan setiap hal.

YOUTHPEDIA

Kemudian Widayu Mutiya juga menceritakan pengalamannya saat mengikuti Global Experience dan manfaat yang ia rasakan setelah mengikuti Global Experience.

Di sesi akhir ada Feri Agung yang menyampaikan sesi bertemakan "Thrown out of comfort zone and how to dealt with it". Ia menyampaikan keluar dari zona nyaman harus dilakukan bagi anak muda saat ini untuk meraih impiannya.

Di awal sesi Feri menjelaskan mengenai platform yang ia dirikan yaitu “Potensiap”, merupakan platform konsultasi pendidikan. Dari pembahasan awal itu Feri menceritakan perjuangannya dari awal ia berjuang hingga dia bisa mencapai kesuksesan seperti sekarang.

"Mendobrak batas (mindset), damai dititik terendah (Koentji), menyadari titik balik (Strategi), jurus melipat ganda (Berbagi) menjadi poin penting dalam mencapai kesuksesan, hal ini juga menjadi prinsip hidupku," jelas Feri.

Dalam sesi ini Feri mampu membuat peserta kagum dengan ceritanya yang dapat mencapai titik kesuksesan setelah melewati berbagai halangan.

Tak hanya sesi penjelasan materi saja, namun dalam webinar ini juga dilakukan beberapa challenge dan games yang ditujukan kepada para peserta dengan tujuan meningkatan pemahaman mengenai materi yang telah disampaikan.

Peserta diminta menulis resume kemudian membagikannya pada akun Instagram mereka dengan harapan anak muda lain yang tidak memiliki kesempatan untuk mengikuti webinar YOUTHPEDIA tetap bisa mendapatkan edukasi.