Yohanes Endra Yuliani | MataMata.com
Melly Goeslaw semprot dokter Tirta (Instagram.com)

Matamata.com - Keluhan dokter Tirta dan tenaga kesehatan lainnya tampaknya ditanggapi secara serius. Satgas Covid-19 telah melangsungkan rapat dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Hasilnya, KPI akan menyampaikan pada seluruh lembaga penyiaran (LP) televisi untuk tidak lagi memakai face shield tanpa masker saat siaran.

"Perhatian LP sudah cukup kooperatif dengan kebijakan protokol kesehatan, tetapi ada celah dalam Keputusan KPI Pusat terkait face shield yang menurut kami harus segera dievaluasi," ujar Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo kepada Suara.com (jaringan MataMata.com), Selasa (12/1/2021).

Dr Tirta Komentari Faceshield Melly Goeslaw. (Instagram/@dr.tirta)

Face shield dinilai tidak efisien untuk mencegah penularan Covid-19. Sebabnya pada Rabu (13/1/2021) besok, KPI akan mengundang seluruh lembaga penyiaran televisi untuk membicarakan hal tersebut.

Baca Juga:
Dokter Tirta Kritik Face Shield Para Artis, Melaney Ricardo: Bagus!

"Karena berdasarkan kajian face shield tidak lagi direkomendasikan sebagai bentuk pemberlakuan prokes (protokol kesehatan) covid-19," katanya.

"KPI sangat memperhatikan kebijakan Satgas Covid. Karena itu, hari rabu besok kami akan mengundang seluruh LP TV untuk mendengarkan temuan-temuan data dan kebijakan yang diharapkan berlaku pada produksi program siaran," ujarnya lagi.

Bila ke depan masih ada artis di televisi yang cuma memakai face shield, KPI tak segan menegur televisi bersangkutan.

Baca Juga:
Mulutnya Dibilang Berisik oleh Hedi Yunus, dr Tirta Balas Menohok

Lebih lanjut, adanya imbauan pelarangan face shield itu dilihat dari temuan data di lapangan. Terlebih lagi, publik figur dan media televisi dinilai bisa berpengaruh besar ke masyarakat.

"Apalagi para host dan talent (televisi) kurang memperhatikan jarak dan masih ada kontak. Sebagai publik figur para host diharapkan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat," kata Mulyo Hadi lagi.

Melly Goeslaw semprot dokter Tirta (Instagram.com)

Menurut Mulyo, bukan face shield saja yang menjadi permasalan, melainkan edukasi soal protokol kesehatan itu sendiri.

Baca Juga:
Nikita Mirzani Tanggapi Kritik dr Tirta soal Faceshield Artis: Jangan Maksa

Dia mengatakan jika stasiun televisi sudah merasa bagus melakukan protokol kesehatan dengan tes swab setiap pengisi acara atau prosedur lainnya, hal itu ada baiknya disampaikan selama program berlangsung. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa meningkatkan kesadarannya.

"Biar masyarakat tahu, karena prinsip edukasinya yang penting," ujarnya.

Satgas Covid-19 dan KPI sendiri berharap figur publik ikut berpersan dalam menurunkan jumlah pasien Covid-19 di Indonesia. Mengingat, mereka memiliki pengikut media sosial dan penggemar yang banyak.

Baca Juga:
Melly Goeslaw Semprot Abis-abisan Dokter Tirta, Ini Pemicunya

"Kan publik figur ya, banyak followers dan fans, gitu sih. Selain itu, media TV dan radio diharapkan menjadi media sosialisasi terhadap pencegahan covid yang semakin meningkat di Indonesia," katanya mengakhiri.

Diberitakan sebelumnya, penggunaan face shield di kalangan pengisi acara televisi disorot Dokter Tirta.

Ia mencontohkan sejumlah artis seperti Melly Goeslaw hingga Titi DJ. Mereka menggunakan face shield, namun tampak seperti aksesoris dan bukan seperti pelindung diri dari virus.

Kritik Dokter Tirta terhadap penggunaan face shield para artis di televisi direspons sejumlah tenaga kesehatan (nakes). Bahkan dari pihak Satgas Covid-19 meminta KPI menegur pengisi acara tanpa masker.

Load More