Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Sinopsis Ikatan Cinta, sinetron Ikatan Cinta, Andin dan Aldebaran (instagram/@layardrama_rcti)

Matamata.com - Sinetron Ikatan Cinta tak lepas dari kesalahan adegan yang akhirnya disorot. Saat diteliti dengan baik-baik, justru semakin ada beberapa kesalahan editing yang terjadi dan sangat jelas pada sinetron yang dibintangi Amanda Manopo dan Arya Saloka ini.

Kesalahan ataupun kelalaian editing maupun error lainnya sudah biasa terjadi di film sekelas Hollywood-pun. Biasanya, kesalahannya minor dan baru ketahuan jika ditonton secara berulang dengan secara seksama. Namun, kesalahan dan keganjilan yang terjadi di Sinetron Ikatan Cinta sangat kentara dilihat dan memalukan. Atau malah bikin ngakak?

Sinetron Ikatan Cinta. (RCTI)

Berikut kesalahan dan keganjilan yang terjadi di Sinetron Ikatan Cinta yang dirangkum di bawah ini.

Baca Juga:
Cover Lagu Ost Ikatan Cinta, Arya Saloka: Semoga Tidak Sakit Kupingnya

1. Yang Telepon Andin Tapi yang Muncul Rossa

Mamah Rossa Ditelpon Andin yang Muncul di HP namanya sendiri (Youtube) Nama di layar telepon ini paling sering salah. Editornya sepertinya ngantuk karena ngejar tayang, atau quality control yang tidak berjalan dengan baik.

Seperti terjadi di episode 203. Depresi Rossa yang merupakan Ibu Aldebaran diceritakan kambuh karena teringat kasus pembunuhan Roy.

Baca Juga:
Adegan Medis Ikatan Cinta Disorot, Amanda Manopo Pasang Badan

Andin dan Aldebaran yang tengah liburan kemudian menghubungi Mamah Rossa. Saat Mamah Rossa mengangkat telepon di layar telepon justru nama Rossa sendiri yang muncul. Kan aneh, sepertinya editornya kurang ngopi.

2. Aldebaran Telepon Andin, Muncul nama Pak Aldebaran

Kesalahan serupa juga terjadi saat Andin menerima telepon dari suaminya Aldebaran. Dengan senang Andin kemudian melihat layer HP-nya yang bertuliskan Pak Aldebaran.

Baca Juga:
Adegan Serius, Risleting Andin Ikatan Cinta Terbuka Bikin Salfok

Padahal, Andin memanggil Aldebaran dengan Mas Al. Nama Pak Aldebaran biasanya muncul di HP layer Rendi sang asisten Aldebaran.

Aldebaran dan Andin Ikatan Cinta (Instagram.com)

3. Adegan saat Andin Masih Bersama Nino dan Roy yang berbeda

Di Sinetron Ikatan Cinta episode 203. Ada yang berubah pada penampilan Andin. Saat Andin bercerita masa lalunya dengan Roy kepada Aldebaran, tayangan kemudian flashback. Beberapa kali, alur cerita kembali ke belakang menayangkan adegan-adegan saat Andin masih bersam Roy dan bersuami El Nino.

Baca Juga:
Aldebaran Masuk Rumah Sakit, Adegan Medis Ikatan Cinta Dikritik

Yang aneh, alur flash back tidak konsisten. Sebab, saat pembunuhan Roy terjadi, rambut Andin masih pendek. Namun, ada adegan tambahan saat Andin masih menjadi suami Nino kemudian didatangi Roy, dengan rambut yang sudah panjang. Juga saat Andin dan Nino makan malam romantis berdua, rambutnya sudah panjang.

Sepertinya ini adegan tambahan yang baru dibuat lagi untuk melengkapi atau menambahkan bumbu dari drama perselingkuhan mereka. Sayang, wajah dan rambut Andin yang berubah tidak bisa membohongi penonton. Kalau penonton ibu-ibu, mungkin masih tidak akan diperhatikan. Sekarang penggemar Sinetron Ikatan Cinta ini sudah meluas. Jadi, hal-hal seperti ini harusnya tidak terjadi di tayangan yang sedang naik daun.

4. Layar WhatsApp yang selalu baru

Ini juga sering terjadi. Sebenarnya, bukan kesalahan kalau ini, hanya ganjil dan aneh saja. Setiap menerima pesan WhastApp (WA), selalu ditayangkan pesan yang baru alias baru satu pesan. Seolah-olah baru kenalan.

Bayangkan, seorang suami istri seperti Aldebaran dan Andin dipastikan selalu mengirim pesan, pasti ada history chat di layer WA mereka, layaknya kita selalu berhubungan dengan sesame rekan.

Namun, di layar WA Ikatan Cinta setiap pemain, pesan melalui aplikasi itu selalu baru, layaknya baru kenalan dan memulai chat yang baru. Apakah mereka memang sering clear chat? seperti kita yang suka menyembunyikan pesan dari mantan atau kekasih bayangan sehingga selalu terlihat sebagai pesan baru.

Amanda Manopo jatuh di Ikatan Cinta. (Instagram/aladin_armada)

5. Adegan Andin jatuh, hujan tapi tidak hujan

Adegan Ini juga luput dari perhatian. Andin diceritakan pergi ke Bandung dan hilang karena jatuh ke jurang. Saat Sopir Andin melaporkan ke Aldebaran kronologi hilangnya Andin, ditayangkan bahwa sang Sopir kebelet pipis, dan izin ke Bu Andin mencari toilet. Tiba-tiba hujan deras, lalu sang sopir masuk mobil dan menemui bahwa Andin sudah tidak ada di mobil. Kemudian diceritakan Andin hilang secara misterius. Adegan lalu beralih ke Aldebaran yang sibuk mencari Andin.

Beberapa episode kemudian, Andin akhirnya ditemukan oleh Aldebaran di seorang rumah penduduk. Andin kemudian bercerita saat dirinya jatuh ke jurang. Keanehan terjadi, adegan Andin jatuh ke jurang justru tidak hujan, malah terang benderang. Padahal di adegan pertama, sata sopir kehilangan Andin terjadi hujan deras. Ada inkonsistensi cerita disini yang luput dari perhatian produser, atau penulis naskah. jadi sebenarnya saat Andin Hilang hujan atau tidak sih pak sutradara?

6. Adegan sakit Aldebaran

Adegan medis Ikatan Cinta dikritik. (Instagram/@antontanjung)

Adegan medis Ikatan Cinta ini dikritik oleh salah satu dokter yang eksis di sosial media yakni Anton Tanjung. Ia mengkritik beberapa adegan medis yang harusnya bisa lebih dipersiapkan.

"Yang masang siapa ini? Hayo ngaku!" ujar Anton Tanjung mengunggah potret Aldebaran menggunakan selang oksigen di hidung. Ia pun langsung mengoreksi apa saja yang salah dalam adegan medis ini.

Nah itu rangkuman beberapa kesalahan dan keganjilan di sinetron Ikatan Cinta.

Load More