Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Film animasi dari kisah nyata. (IMDb)

2. Balto (1995)

Film animasi dari kisah nyata (Instagram/@silly_entertainment)

Film animasi lawas tentang anjing heroik dan penurut ini juga berasal dari kisah nyata, loh. Pada tahun 1925, wabah difteri yang dikisahkan dalam film tersebut memang benar-benar terjadi. Bahkan, keheroikan anjing pintar bernama Balto yang membawa obat-obatan sejauh 84 kilometer itu juga nyata adanya. 

Untuk mengenang jasa Balto yang telah membantu mengentaskan wabah di desa tersebut, maka kisah perjalanan panjang Balto tersebut terus diceritakan di sekolah-sekolah di Alaska dan bahkan dibuatkan patung monumen di New York. Karena itu juga lah, Balto kemudian diabadikan dalam film animasi, yang akhirnya diketahui oleh hampir seluruh orang sedunia.

Baca Juga:
Urutan Film X-Men Sesuai Timeline, Nonton yang Mana Dulu?

3. Up (2009)

Film animasi dari kisah nyata (Instagram/@Jose477)

Film animasi tentang kakek tua bernama Fredricksen yang ingin mempertahankan rumahnya itu menarik perhatian dan simpati setiap orang yang menontonnya. Apalagi, cerita tentang betapa besar rasa cinta Fredicksen kepada sang istri hingga tak ingin melepas kenangan mereka di rumah itu berhasil membuat banyak orang ikut meneteskan air mata.

Rupanya, kisah yang begitu menyentuh hati tersebut terinspirasi dari kisah nyata tentang Edith Macefield. Kejadian tersebut pun sebenarnya terjadi belum terlalu lama ini. Nenek berusia 87 tahun tersebut enggan menjual rumahnya meski ditawar hingga 1 juta USD pada tahun 2005 lalu. Hingga meninggal karena kanker pankreas yang dideritanya pada 2008 silam, Macefield masih tak mau menjual rumahnya yang sudah dikeliling oleh gedung-gedung raksasa.

Baca Juga:
7 Film Indonesia Paling Laris Sepanjang Masa: Populer hingga Luar Negeri!

Rumah tersebut kemudain dirawat oleh Barry Martin, seorang kontraktor mal yang berada di sebalah rumahnya dan bersahabat dekat dengan Macefield. Kemudian, rumah tersebut akhirnya dibeli oleh Greg Pienno. Untuk menghargai keputusan Macefield, rumah tersebut hanya direnovasi dan masih berdiri tegak di tengah himpitan gedung-gedung pencakar langit hingga saat ini.

Itu dia tiga film animasi dari kisah nyata yang mungkin tidak pernah kamu duga. Sudah pernah nonton ketiganya? 

Baca Juga:
Menguras Air Mata, 3 Film yang Tokoh Utamanya Mati Ini Wajib Ditonton

Kontributor: Wahyu Panca Handayani
Load More