Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Ayudia Bing Slamet dan Wulan Guritno. (Instagram)

Matamata.com - Membangun bisnis menjadi salah satu pilihan artis untuk menyisihkan sebagian pendapatannya dari dunia hiburan. Beberapa tahun lalu, sempat merebak bisnis kue kekinian yang banyak dibangun para artis Tanah Air. Bisnis kuliner memang merupakan salah satu pilihan bisnis yang paling banyak diminati artis.

Namun deretan artis Tanah Air ini memilih bisnis unik yang anti mainstream. Siapa saja dan apa bisnis unik yang dirintis para artis tersebut? Penasaran? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Rio Dewanto

Baca Juga:
Dicepuin Close Friend Instagram, Postingan 4 Artis Ini Bikin Heboh

Artis Punya Bisnis Unik [Matamata.com/Herwanto]

Rio Dewanto selama ini dikenal dengan bisnis kopi yang namanya sesuai judul film yang dibintanginya. Namun suami Atiqah Hasiholan ini ternyata juga mengembangkan bisnis jasa laundry sepatu di Jakarta bernama Wipe Stuff Treatment. Bisnis tersebut juga menyediakan jasa membersihkan barang-barang yang terbuat dari kulit. Bisnis ini rupanya dibangun Rio lantaran hobinya mengoleksi sneakers.

2. Ayudia Bing Slamet

Artis Punya Bisnis Unik (Instagram/@ayudiac)

Karena penyesalan tak mengabadikan momen kelahiran sang putra, Sekala, Ayudia Bing Slamet membuka bisnis Dia Birth Photo. Istri Ditto Percussion ini mengkhususkan bisnisnya untuk pemotretan proses persalinan. Tak hanya Ayudia, bisnis yang dirintis sejak 2016 ini juga dibantu beberapa fotografer lain.

Baca Juga:
5 Potret Rumah Artis di Tengah Hutan yang Jauh dari Keramaian, Adem Banget!

3. Poppy Sovia

Artis Punya Bisnis Unik. [MataMata.com/Alfian Winanto]

Di tengah pandemi Covid-19, Poppy Sovia percaya diri membuka bisnis minuman. Bukan kopi kekinian, Poppy memilih minuman booster untuk meningkatkan imun tubuh bernama Minumang. Minuman yang coba dihadirkan Poppy terbuat dari rempah-rempah premium berkhasiat. Salah satu khasiatnya ialah bisa digunakan terapi untuk pemulihan Covid-19. Sebagai penyintas Covid, Poppy telah membuktikan khasiat produknya tersebut. Bisnis Poppy ini baru diluncurkan pada akhir Juli lalu.

4. Rina Gunawan

Baca Juga:
5 Artis Rayakan Emas Olimpiade Gyresia Polii/Apriyani Rahayu

Artis Punya Bisnis Unik. (Instagram/@rinagunawan28)

Mendiang Rina Gunawan merupakan salah satu artis yang sukses menjalankan bisnis. Mendiang diketahui membangun bisnis Wedding Organizer sejak tahun 1992. Jasa Wedding Organizer milik Rina Gunawan digunakan dalam pernikahan sederet artis seperti pasangan Anang Hermansyah-Ashanty dan Bunga Citra Lestari-almarhum Ashraf Sinclair.

5. Kevin Aprilio

Artis Punya Bisnis Unik (Instagram/@kevinaprilio)

Sebagai musisi kenamaan Tanah Air, Kevin Aprilio tak cepat berpuas diri. Pada 2019, ia merintis bisnis Most Viral Project (MVP). Bisnis ini berbasis multi level marketing yang menyediakan jasa pembayaran. Aplikasi MVP juga dikembangkan untuk menjual produk digital seperti lagu. Suami Vicy Melanie tersebut rupanya terinspirasi dari sebuah restoran cepat saji yang sukses menjual CD album original.

Baca Juga:
Bertemu di Film, 5 Persahabatan Artis Bollywood Ini Erat Hingga Sekarang!

6. Sandra Dewi

Artis Punya Bisnis Unik. (Instagram/sandradewi88)

Sandra Dewi dikenal sebagai 'ratu' endorse dan iklan. Sejak menikah, Sandra memang lebih fokus mengurus keluarga dan berbisnis. Salah satu bisnis Sandra ialah perhiasan. Brand Sandra Dewi Gold menawarkan perhiasan berupa cincin, kalung, anting, hingga bros dengan harga terjangkau nan berkualitas. Desainnya pun banyak diminati lantaran terkesan feminin dan klasik.

7. Christian Sugiono

Artis Punya Bisnis Unik (Instagram/@csugiono)

Siapa yang menyangka apabila Christian Sugiono membuat website semacam biro jodoh bernama Setipe. Bisnis startup rupanya dimintai suami Titi Kamal tersebut. Ia juga sempat menjabat sebagai CEO portal malesbanget.com yang sudah tidak bisa diakses lagi saat ini. Selain itu, Christian Sugiono juga mendirikan website tempat pinjaman online cumi.id.

8. Awkarin

Artis Punya Bisnis Unik. (Instagram/@awkarin)

Bisnis vape belakangan mulai marak digandrungi, termasuk oleh para artis Tanah Air. Selebgram Awkarin muncul dalam deretan artis yang mengeluarkan produk vape dengan merek Candu. Rasa yang ditawarkan produk liquid vape milik Karin cukup unik, yakni Strawberry Cheesecake dan Cream Crackers.

9. Wulan Guritno

Artis Punya Bisnis Unik. (Instagram/@wulanguritno)

Jarang muncul di layar kaca, Wulan Guritno ternyata mengembangkan bisnis perawatan tubuh bernama Poetre Wax & Spa. Layanan perawatan rambut, kuku, hingga pijat disediakan sejak 10 tahun belakangan ini. Dengan modal Rp 15 juta, Wulan dan rekan-rekannya kini telah membuka 30 outlet.

Dari bermacam-macam usaha artis tersebut, bisnis apa yang paling unik menurutmu guys?

Load More