Yohanes Endra Evi Ariska | MataMata.com
Annisa Pohan dan Agus Yudhoyono (Instagram/@annisayudhoyono)

Matamata.com - Annisa Pohan memberikan ucapan ulang menyentuh hati untuk suaminya, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Putra mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu genap berusia 43 tahun Selasa, 10 Agustus 2021.

Di Instagram, Annisa pohan mengunggah sebuah video berdurasi 12 menit. Video itu berisikan kompilasi foto perjalanan hidup AHY sejak dilahirkan hingga menjadi sosok ayah.

Annisa Pohan rayakan ultah AHY. (Instagram/annisayudhoyono)

"Halo, saya Annisa Pohan. Hari ini saya ingin bercerita tentang sosok yang luar biasa yang dianugerahkan Allah di kehidupan saya," kata Annisa mengiringi video kompilasinya di Instagram.

Baca Juga:
5 Foto Annisa Pohan Tinggal di Rumah Dinas AHY, Jauh dari Kemewahan!

Perempuan 39 itu mulai menceritakan masa kecil AHY yang terlahir dengan latar belakang keluarga militer. Meski dididik tegas dan penuh kedisplinan, AHY dan sang adik, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas tak pernah kekurangan kasih sayang dari SBY dan Ani.

"Karena pepo (SBY) adalah seorang abdi negara dan juga kakek mereka pak Ageng adalah pejuang kemerdekaan," ungkapnya.

Agus Yudhoyono dan Annisa Pohan di kantor BNN, Jakarta Timur, Minggu (25/9/2016). [suara.com/Kurniawan Mas'ud)

Tak lupa, disematkannya prestasi-prestasi AHY selama menempuh pendidikan. Berbagai penghargaan diraih AHY semasa mudanya seperti menjadi lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara hingga meraih penghargaan bintang Adhi Makayasa pada Desember 2000 di akademi militer.

Baca Juga:
3 Potret Kamar Kos Annisa Pohan Semasa Kuliah di Unpad

Annisa Pohan kemudian menceritakan kisah asmaranya dengan AHY. Bertemu di Bandung pada 2004, mereka memulai berkenalan sebagai teman.

"Tapi dari mata turun ke hati. Kami pun saling jatuh hati. Tak pakai lama pada 20 Maret 2005, mas Agus mengajak orangtuanya ke rumah orang tua saya untuk melamar saya dan mengikat saya di lembaga pernikahan," kenang Annisa.

Annisa Pohan dan AHY akhirnya menikah pada 8 Juli 2005 dengan adat Jawa. Tak lama setelahnya, ia pindah ke Singapura mengikuti sang suami yang tugas pendidikan di Namyang Technological University dan meraih gelar Master of Science in Strategic Studies pada 2006.

Baca Juga:
2 Tahun Ani Yudhoyono Meninggal Dunia, Annisa Pohan Curhat Menyentuh

Setelah menyelesaikan pendidikannya, AHY harus meninggalkan Annisa Pohan karena ditugaskan ke negara berkonflik di perbatasan Israel dan Libanon, pada 2006-2007.

"Kebayang kan baru menikah ditinggal tugas di tempat konflik pula, sedih banget," ucap Annisa.

Sepulang pendidikan, Annisa dan AHY dikarunia seorang anak perempuan, Almira Tunggadewi Yudhoyono yang lahir pada hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2008.

"Sedari dulu mas Agus sering berkhayal punya anak perempuan. Akhirnya, doa-doa yang kami panjatkan diridhoi dan dikabulkan Allah SWT. Aira pun menjadi sumber kebahagiaan untuk keluarga kecil kami," ujarnya.

Pada 2009 dan 2016 mereka sempat pindah ke Amerika lantaran AHY mengemban pendidikan di negara Paman Sam tersebut. Sepulangnya ke Indonesia, AHY pensiun dini sebagai militer dan terjun ke dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta bersama calon wakil gubernur Sylviana Murni pada 2017.

"Mas Agus memutuskan pensiun dini sebagai perwira TNI dan menjadi politikus atas desakan publik, desakan partai politik yang ingin mengusung mas Agus menjadi calon gubernur DKI Jakarta.Saya sebagai istri dan Aira sebagai anak tentu hanya doa terbaik yang dapat diberikan kepada Mas Agus," terangnya.

"Sosok yang luar biasa yang tentunya berkat didikan dan tangan besi memo, papi, mas Agus, kesayanganku bisa menjadi sosok yang luar biasa tidak hanya untuk aku dan Aira tapi juga orang-orang terdekat dan masyarakat," sambungnya.

Netizen pun memberikan beragam komentar untuk unggahan Annisa Pohan tersebut. Ada yang salfok pada suara Annisa Pohan, tapi ada juga yang memberikan pujian untuk AHY dan Annisa Pohan.

"Suaranya mengingatkan saya pada saat mba annisa menjadi penyiar radio di Bandung dulu," tulis netizen.

"Sumpah aku nangis terharu dengan perjalanan pak Agus, semoga sehat selalu dan tetap rendah hatilah seperti bapak SBY.  Happy Birthday pak AHY," komentar netizen yang lain.

"Di balik suami yg sukses ada istri yang hebat," timpal lainnya.

Load More