Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Ilustrasi Air Purifier. (Samsung)

Matamata.com - Pada masa pandemi Covid-19, semua aktivitas sehari-hari dilakukan di rumah saja atau bahkan dalam ruangan terus karena tak punya akses halaman untuk mendapatkan udara segar. Air Purifier dirasa jadi kebutuhan dan patut direkomendasikan agar bisa tetap mendapatkan udara jernih.

Filter udara di rumah dibutuhkan karena udara dalam ruangan sering kali lebih tercemar daripada di luar. Apalagi buat orang yang setiap harinya berada dalam ruangan sama. Kualitas udara yang buruk dalam ruangan juga beresiko akan sejumlah penyakit.

Air Purifier atau alat pembersih udara akan membantu menciptakan udara yang lebih bersih dan sehat di rumah dan ruangan, sehingga meski di rumah saja tetap bisa menikmati kualitas udara segar, jernih dan baik tentunya.

Sistem kerja Air Purifier yakni menyaring udara yang bisa saja mengandung debu, bakteri dan virus, kemudian mengeluarkan udara baru yang lebih jernih.

Masalahnya Air Purifier seperti apa yang harus dibeli agar bisa mendapatkan kualitas udara terbaik. Melansir Sylvane.com setidaknya ada lima hal ini yang wajib diperhatikan sebelum membeli Air Purifier. Yuk kepoin!

Ilustrasi Air Purifier. (Samsung)

1. Kebutuhan

Air Purifier memang berfungsi untuk menyaring udara di dalam ruangan. Tetapi ada beberapa model Air Purifier yang dirancang khusus dengan tujuan tertentu. Apa saja?

Pertama, jika kamu alergi maka kamu bisa memilih Air Purifier yang dirancang untuk menghilangkan alergi. Salah satunya Air Purifier yang memiliki filter HEPA untuk menghilangkan alergen dalam ruangan.

Kedua, jika kamu menderita asma dan gejalanya dipicu bau dan polutan kimia. Maka sebaiknya memilih Air Purifier asma yang khusus menghilangkan bau dan polutan kimia. Ini karena mengandung tambahan bau dan filtrasi kimia dan filter HEPA untuk menghilangkan partikel alergen.

Ketiga, jika kamu ingin menghilangkan asap makan Air Purifier asap bisa jadi pilihan. Ini karena dirancang khusus untuk menghilangkan asap yang dapat memperburuk kondisi pernapasan atau menyebabkan bau tak sedap di ruangan.

Keempat, Air Purifier hewan peliharaan ini bisa dipilih kalau kamu punya hewan peliharaan misal kucing atau anjing yang setiap hari bersama kamu di ruangan. Pemurni udara ini dirancang khusus untuk menghilangkan bulu hewan peliharaan, bau dan rambut.

Terakhir, jika kamu sangat sensitif terhadap bahan kimia, maka bisa pilih Air Purifiers for Multiple Chemical Sensitivities (MCS). Model ini mengandung lebih banyak bau dan filtrasi kimia dan sering dibuat dengan bahan yang tidak akan melepaskan bahan kimia gas ke udara dan memperburuk kondisi.Nah tenang, salah satu produk Air Purifier yang bisa jadi rekomendasi punya filter bagus adalah Samsung Air Purifier AX60.

AX60 dapat menyaring berbagai polutan dengan sistem penyaringan berlapis. Pre-filter bekerja menyaring partikel debu besar, disusul filter karbon yang mengeliminasi gas berbahaya.

Ada juga High Efficiency Particulate Air (HEPA) Filter akan mempurifikasi hingga 99.97% debu, allergen, dan bakteri berukuran hingga 0.3μm. 

Ilustrasi Air Purifier. (Samsung)

Dengan kemampuan di atas, itu akan membantu kamu yang memiliki gangguan pernafasan atau alergi untuk bernafas dengan lebih baik di dalam ruangan.

Samsung Air Purifier AX60 juga dilengkapi dengan Laser PM Sensor untuk mendeteksi debu dan partikel yang ukurannya kurang dari 1.0 dan berbagai gas berbahaya.

Samsung Air Purifier berdasarkan pengujian, mampu menghilangkan gas berbahaya seperti toluene, xylene, benzene, ethylbenzene, styrene, dan formaldehyde. Ini dimungkinkan oleh pemurnian berlapis di mana salah satu lapisannya adalah Activated Carbon Deodorization Filter.

2. Fitur

Fitur apa yang ada di Air Purifier sering banget jadi pertimbangan. Apalagi jika kamu punya keinginan khusus seperti di bawah ini:

  • Air Purifier yang hemat energi agar bisa menghemat penggunaan listrik. Maka cari pembersih udara yang diberi peringkat Energy Star oleh EPA.
  • Perhatikan apakah Air Purifier itu bisa dikendalikan menggunakan smartphone atau tidak.
  • Indikator kualitas udara memberikan pembaruan waktu nyata tentang kualitas udara di sekitar kamu.
  • Fitur lain yang juga perlu dilihat: roda kastor, pegangan untuk mobilitas lebih mudah, kendali jarak jauh, kecepatan kipas ganda dan indikator perubahan filter.

Ilustrasi Air Purifier. (Samsung)

3. Perawatan

Jenis perawatan utama Air Purifier adalah mengganti filter udara. Berikut ini ketentuan penggantian filter berdasarkan jenisnya.

  • Filter HEPA: Filter ini bertahan sekitar satu tahun tergantung penggunaan.
  • Filter Karbon: Filter karbon aktif biasanya bertahan 6 bulan.
  • Pra Filter: Umumnya bertahan 3 bulan tetapi beberapa filter dapat dicuci untuk penyaringan jangka panjang.

4. Ruangan

Sebelum membeli pertimbangkan Air Purifier akan kamu letakkan di mana. Karena yang perlu dipahami bahwa Air Purifier dirancang untuk memurnikan udara di satu ruangan saja.

Jadi agar bisa dipindah-pindah bisa memilih yang ada roda kastor, pegangan dan fitur portabilitas lainnya.

Ilustrasi Air Purifier. (Samsung)

Salah satu contohnya adalah Air Purifier AX60 yang memiliki roda tersembunyi di bagian bawah dengan rapi dan tidak merusak desain keseluruhan. Mau pindahkan ke mana pun Air Purifier kamu jadi lebih mudah. 

5. Ukuran

Nah ini juga tak kalah penting, ukuran Air Purifier harus dipertimbangkan. Apakah akan digunakan di ruangan kecil atau luas.

Tiga ukuran pilihan ini ada di Air Purifier antara lain: ukuran kecil untuk ruang pribadi seluas 28 m2, ukuran sedang untuk ruangan antara 28 - 65 m2, dan ukuran besar untuk ruangan antara 65 - 177 m2.

Samsung menyediakan tiga pilihan model Air Purifier berdasarkan kapasitas ruangan, yaitu model AX60 untuk ruangan seluas 60 m2, model AX40 untuk ruangan seluas 40 m2, dan model AX34 untuk ruangan seluas 34 m2.

Nah, itu tadi lima hal yang wajib kamu pertimbangkan sebelum beli Air Purifier.

Load More