Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Komedian Haji Bolot. [capture YouTube Deddy Corbuzier]

Matamata.com - Haji M Sulaeman Harsono alias Haji Bolot mendadak viral karena sebuah potret yang beredar di media sosial. Pelawak yang mempertahankan karakter orang budeg ini terlihat hanya mengenakan singlet dan celana pendek sedang duduk di pinggir jalan. Potret tersebut membuatnya susah dikenali sebagai pelawak senior yang sangat dihormati.

Kesederhanaan memang telah menjadi bagian Haji Bolot sejak lama. Bahkan di era modern dewasa ini, Haji Bolot tidak menggunakan ponsel canggih atau punya media sosial. Namun siapa sangka, di balik kesederhanaan tersebut, Haji Bolot kabarnya mempunyai 34 rumah dan 142 kontrakan.

Nggak percaya? Potret rumah Haji Bolot berikut ini mungkin akan mengubah ketidakpercayaanmu!

Baca Juga:
Usia Baru Terungkap, 4 Potret Istri Haji Bolot yang Jarang Disorot

1. Penampakan Depan Rumah Haji Bolot

Rumah Haji Bolot (YouTube/Rico Ceper)

Haji Bolot dijuluki 'Sultan Jombang' karena rumahnya berada di kawasan Jombang, Tangerang Selatan. Dari depan, rumah Haji Bolot tampak biasa saja. Terdiri dari dua lantai, tembok sisi depan rumah Haji Bolot dicat serba warna oranye. Rumahnya juga berada di sisi jalan kecil yang padat kendaraan.

2. Teras Rumah Haji Bolot

Baca Juga:
Duduk di Pinggir Jalan Pakai Singlet, Gaya Haji Bolot Bikin Geger

Rumah Haji Bolot (YouTube/Rico Ceper)

Namun ketika memasuki gerbang, Rico Ceper yang mengunjungi Haji Bolot dibuat takjub dengan puluhan koleksi mobil dan motor yang muat diparkir di garasi rumah. Teras rumah Haji Bolot khas seperti rumah Betawi pada umumnya. Dari kejauhan, mulai dari lantai, kursi, hingga tembok tampak terbuat kayu di teras rumah Haji Bolot. Beberapa replika hewan yang diawetkan juga tampak di sana.

3. Koleksi Motor dan Mobil Haji Bolot

Rumah Haji Bolot (YouTube/Rico Ceper)

Haji Bolot kemudian menunjukkan sedikit koleksi motornya. Salah satu motor bahkan dibeli Haji Bolot dengan harga 165 perak di masa lalu. Namun Haji Bolot enggan menjual motor-motor klasik yang dirawatnya dengan baik tersebut. Ada juga mobil-mobil mewah di garasi rumah Haji Bolot lho!

Baca Juga:
Sindir Komedian yang Hina Haji Malih, Haji Bolot Ikut Geram

4. Koleksi Cincin Haji Bolot

Rumah Haji Bolot (YouTube/Rico Ceper)

Haji Bolot juga menunjukkan koleksi cincinnya kepada Rico Ceper. Ia menyebut cincin-cincin tersebut tak berharga mahal. Di sisi teras rumah yang lain, Haji Bolot rupanya memajang potret-potret kenangan dengan orang-orang penting maupun rekan-rekan artisnya dengan rapi.

5. Kolam Ikan dan Koleksi Burung Haji Bolot

Baca Juga:
Haji Bolot Ngaku Mampu Beli Rumah Rp 30 M: Buat Apa Pamer!

Rumah Haji Bolot (YouTube/Rico Ceper)

Di sisi yang lain, terdengar suara gemericik air serta kicauan burung yang membuat rumah Haji Bolot begitu asri dan nyaman ditinggali. Rico Ceper dibuat takjub dengan berbagai koleksi burung Haji Bolot, salah satunya yakni alap-alap. Rupanya di dekat rumah Haji Bolot juga ada sebuah lapangan yang dinamakan lapangan Alap-Alap

6. Lingkungan Rumah Haji Bolot

Rumah Haji Bolot (YouTube/Rico Ceper)

Kendati bisa membeli rumah di lingkungan yang lebih eksklusif, Haji Bolot tetap tinggal di rumah lamanya. Namun jangan salah, hampir seluruh kontrakan di sekeliling kawasan rumahnya adalah milik Haji Bolot. Ia juga dikenal dermawan karena membangun rumah hingga memberikan modal usaha untuk saudara-saudaranya secara cuma-cuma.

7. Ruang Tamu Haji Bolot

Rumah Haji Bolot (YouTube/SULE Channel)

Sule berkesempatan untuk masuk ke rumah dan bertemu istri Haji Bolot yang disapanya Bu Haji. Beda dengan warna di depan rumah, ruang tamu Haji Bolot bernuansa kuning. Sofa berwarna putih gading membuat ruang tamu Haji Bolot tampak mewah.

8. Koleksi Pistol Haji Bolot

Rumah Haji Bolot (YouTube/SULE Channel)

Di sisi ruang tamu yang lain, terdapat pula sofa berwarna cokelat muda. Dua pistol yang ditempelkan di dinding rumah bisa dilihat dengan jelas apabila tamu duduk di sofa tersebut. Camilan khas Betawi pun disuguhkan untuk Sule.

9. Museum Haji Bolot

Rumah Haji Bolot (YouTube/SULE Channel)

Di sekitar kontrakan, Haji Bolot menyediakan sebuah rumah khusus museum pribadinya yang berisi koleksi golok miliknya. Ada pula pistol Belanda, golok kecil si Pitung, hingga samurai disimpan Haji Bolot di dalam museumnya tersebut.

Tak pernah pamer, rumah Haji Bolot ternyata benar-benar mewah ya! Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More