Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Ritual Unik Musisi Indonesia Sebelum Manggung (Instagram)

Matamata.com - Penampilan para musisi Indonesia belakangan sudah jarang disaksikan karena pandemi Covid-19. Namun pemerintah telah mengizinkan digelarnya konser di Tanah Air baru-baru ini. Duh sudah nggak sabar banget kan?

Sebelum menyaksikan penampilan idolamu secara langsung, para musisi ternyata punya 'rahasia' sebelum naik ke atas panggung. 'Rahasia' tersebut berupa ritual yang wajib dilakukan sebelum tampil menyapa penggemar. Berbagai ritual unik dimiliki masing-masing musisi Tanah Air, mulai dari makanan yang wajib dikonsumsi atau kegiatan rutin sebelum manggung.Namun terlepas dari perbedaan itu, tujuannya sama-sama untuk menyuguhkan penampilan terbaik.

Siapa saja musisi Tanah Air yang memiliki ritual unik sebelum manggung? Simak rangkuman yang telah disiapkan redaktur MataMata.com dari berbagai sumber berikut ini.

Baca Juga:
8 Insiden Kecelakaan Musisi di Panggung: Ketiban Properti dan Pelipis Robek

1. Raisa Andriana mengaku selalu minum ramuan khusus sebelum tampil di atas panggung. Ramuan tersebut adalah campuran air hangat dengan lemon dan madu. Dengan minum ramuan tersebut, Raisa merasa tenggorokannya menjadi rileks.

Ritual Unik Musisi Indonesia Sebelum Manggung (Instagram/@raisa6690)

2. Sebelum naik ke atas panggung, Tulus suka menyendiri selama beberapa menit. Pelantun "Sepatu" ini rupanya suka menyendiri untuk menggambar atau menulis. Setelah konser, Tulus juga punya permintaan agar tidak mendengar lagu apapun selama di backstage maupun mobil. Wah kenapa ya?

Ritual Unik Musisi Indonesia Sebelum Manggung (Instagram/@tulusm)

3. Beda cerita dengan Agnes Monica atau yang kini dikenal dengan nama panggung Agnez Mo. Wanita yang tengah dekat dengan model bernama Adam Rosyadi ini selalu melakukan peregangan sebelum konser. Peregangan tubuh ringan akan melemaskan otot Agnez yang selalu menyuguhkan penampilan energik di atas panggung.

Baca Juga:
4 Musisi Sarjana Hukum dari Penjuru Dunia, Marcell Siahaan sampai Once

Ritual Unik Musisi Indonesia Sebelum Manggung (Instagram/@agnezmo)

4. Sebagai drummer Slank, Bimbim ternyata punya ritual unik. Bimbim mengaku suka bercermin tepat sebelum naik ke atas panggung. Oleh sebab itu, sebuah kaca besar selalu diminta Slank kepada penyelenggara acara. Dengan kaca tersebut, Bimbim mengaku semakin percaya diri.

Ritual Unik Musisi Indonesia Sebelum Manggung (Instagram/@bimbimslank)

5. Petra Sihombing juga harus meneguk minuman tertentu seperti Raisa sebelum menyanyi. Apabila Raisa memiliki ramuan khusus, Petra hanya butuh susu sebanyak 1 liter. Minum susu rupanya membuat mood Petra tetap bagus. Kebiasaan minum susu tak hanya dilakukan Pertra sebelum tampil, tetapi juga saat di rumah.

Ritual Unik Musisi Indonesia Sebelum Manggung (Instagram/@petra_sihombing)

6. Bunga Citra Lestari hampir mirip dengan Raisa. Ibu satu anak ini memilih kencur sebagai 'ritual' untuk menjaga kualitas suaranya. Bahkan Bunga mengkonsumsi kencur hampir setiap hari dengan cara dikunyah apabila akan tampil di sebuah acara maupun konser. Resep tradisional tersebut didapat Bunga dari beberapa penyanyi senior.

Baca Juga:
7 Fakta Menarik DJ BEAUZ, Musisi Amerika di Balik Lagu 'This is Indonesia'

Ritual Unik Musisi Indonesia Sebelum Manggung (Instagram/@bclsinclair)

7. Sheryl Sheinafia melakukan pemanasan yang cukup unik sebelum naik ke atas panggung. Calon adik ipar Vidi Aldiano ini menggetarkan bibir sambil menciptakan nada dengan gerakan tersebut. Kebiasaan Sheryl ini bahkan cukup mengganggu rekan-rekan timnya. Namun karena sudah kebiasaan, Sheryl tak bisa berbuat banyak.

Ritual Unik Musisi Indonesia Sebelum Manggung (Instagram/@sherylsheinafia)

8. Cakra Khan malah mengkonsumsi makanan pedas sebelum tampil di hadapan banyak orang. Menurut Cakra Khan, tenggorokannya akan sedikit lentur setelah makan makanan pedas. Meski cukup aneh, kebiasaan itu sudah dilakukan Cakra sejak kecil. Selain itu, Cakra juga rutin minum air lemon setelah bangun tidur.

Ritual Unik Musisi Indonesia Sebelum Manggung (Instagram/@cakra.khan)

9. Dipha Barus memiliki ritual yang hampir mirip dengan yang dilakukan Tulus sebelum menghibur penggemar. Ia rupanya kerap menyendiri untuk bermeditasi. Dipha Barus harus memastikan pikirannya tenang agar bisa menyuguhkan penampilan maksimal.

Baca Juga:
6 Musisi Terjerat Kasus Narkoba, Ada yang Tak cuma Sekali

Ritual Unik Musisi Indonesia Sebelum Manggung (Instagram/@diphabarus)

10. Penyanyi muda Tiara Andini memiliki kebiasaan unik sebelum tampil di atas panggung. Jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol ini akan loncat-loncat agar tubuhnya tetap hangat sebelum bernyanyi. Dengan begitu, suara Tiara yang muncul pertama kali tidak akan terdengar kaku. Tiara juga biasa minum temulawak sebelum tampil di atas panggung untuk 'menghangatkan' suaranya.

Ritual Unik Musisi Indonesia Sebelum Manggung (Instagram/@tiaraandini)

Unik dan menarik kan kebiasaan para musisi ini? Siapa yang punya ritual paling unik menurut kalian guys?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More