Yohanes Endra | MataMata.com
Rekomendasi Film Asyik Ditonton di Hari Sumpah Pemuda (IMDb)

Matamata.com - Pada 28 Oktober 1928, perwakilan para pemuda dari seluruh Indonesia melaksanakan Kongres Pemuda II dan mengucapkan ikrar yang kemudian disebut dengan Sumpah Pemuda. Untuk itu, setiap 28 Oktober, seluruh rakyat Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda

Memperingati hari Sumpah Pemuda dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menonton film yang mengisahkan perjuangan para pemuda.

Jika kamu penggemar film tentang perjuangan, berikut rekomendasi film asyik ditonton di hari Sumpah Pemuda.

Baca Juga:
Arsya Lahir di Hari Sumpah Pemuda, Ashanty Panjatkan Doa Terbaik

1. Rudy Habibie

Rekomendasi Film Asyik Ditonton di Hari Sumpah Pemuda (IMDb)

Rudy Habibie merupakan film yang menceritakan masa muda Presiden Republik Indonesia Ketiga, BJ Habibie. Film ini diadaptasi dari buku berjudul Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner karya Gina S. Noer. 

Film yang dibintangi Reza Rahadian ini mengisahkan perjuangan masa muda Habibie dalam mempertahankan cita-citanya semasa berkuliah di Jerman. Tantangan datang untuk Rudy Habibie ketika Indonesia baru saja merdeka dan membutuhkan sosok pemuda yang jenius dan pantang menyerah seperti dirinya. 

Baca Juga:
Lahir saat Sumpah Pemuda, Yuk Intip Ulang Tahun Arsya Hermansyah

2. 3 Srikandi

Rekomendasi Film Asyik Ditonton di Hari Sumpah Pemuda (IMDb)

3 Srikandi dibintangi oleh Bunga Citra Lestari, Tara Basro, Chelsea Islan, dan Reza Rahadian. Film biopik ini menceritakan tentang perjuangan tiga atlet panahan wanita yang berhasil meraih medali pertama di Olimpiade. Mereka adalah Nurfitriyana, Lilies, dan Kusuma.

Ceritanya bermula saat berbagai cabang olahraga menyiapkan diri untuk mengikuti Olimpiade Musim Panas Seoul 1988. Saat itu cabang panahan sedang krisis dan membutuhkan pelatih untuk tim panahan wanita. Mereka mencari sosok pelatih yang dikenal sebagai Robin Hood Indonesia.

3. Gie

Rekomendasi Film Asyik Ditonton di Hari Sumpah Pemuda (IMDb)

Gie merupakan film yang diadaptasi dari buku Catatan Seorang Demonstran yang ditulis oleh Soe Hok Gie. Film yang tayang pada 2005 silam ini mengisahkan tentang perjuangan tokoh Soe Hok Gie. Ia merupakan salah satu aktivis dari Universitas Indonesia. Film ini dibintangi oleh Nicholas Saputra dan disutradarai oleh Riri Riza.

Soe Hok Gie merupakan pemuda yang lahir dari keluarga Tionghoa. Sejak kecil Soe Hok Gie tertarik dengan pemikiran-pemikiran tokoh besar. Bersama teman-temanya, Gie bersikeras untuk tidak memihak golongan manapun meski membenci pemerintahan Soekarno yang diktator.

4. Wage

Rekomendasi Film Asyik Ditonton di Hari Sumpah Pemuda (IMDb)

Wage merupakan film biopik Indonesia yang rilis bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda tahun 2017 lalu. Film ini mengisahkan tentang perjuangan sosok Wage Rudolf Soepratman, sang pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Film ini menyajikan kisah pilu yang dialami oleh Wage Rudolf Soepratman dari kecil hingga dewasa.

Wage Rudolf Soepratman menggubah lagu-lagu perjuangan Indonesia untuk menambah semangat perjuangan pemuda. Lagu-lagu yang digubah olehnya menambah semangat cinta tanah air dari golongan pemuda Indonesia.

5. Sokola Rimba

Rekomendasi Film Asyik Ditonton di Hari Sumpah Pemuda (IMDb)

Sokola Rimba merupakan film yang menceritakan tentang perjuangan seorang perempuan bernama Butet Manurun. Ia merupakan perempuan yang mengajarkan baca, tulis, dan menghitung pada anak-anak suku anak dalam atau yang dikenal dengan Orang Rimba yang tinggal di hulu sungai Makekal, hutan bukit Duabelas, Jambi.

Pada suatu hari Butet terkena demam Malaria dan ditolong oleh seorang anak bernama Nyungsang Bungo yang ternyata telah memperhatikannya mengajar selama ini. Butet memutuskan untuk memperluas wilayah mengajarnya. Namun, hal itu tidak direstui oleh warga yang masih percaya bahwa belajar baca tulis dapat membawa malapetaka bagi mereka.

6. Susi Susanti: Love All

Rekomendasi Film Asyik Ditonton di Hari Sumpah Pemuda (IMDb)

Film Susi Susanti: Love All dirilis berdekatan dengan hari Sumpah Pemuda 2019 lalu, yakni pada 25 Oktober 2019. Film biopik ini menceritakan perjuangan atlet bulu tangkis tunggal putri, Susi Susanti.

Susi Susanti mendapat pengakuan dari dunia setelah berhasil membawa pulang medali emas Olimpiade yang pertama untuk Indonesia di Olimpiade Barcelona 1992. Film yang dibintangi oleh Laura Basuki dan Dion Wiyoko ini dijamin mampu membakar semangat para pemuda Indonesia. 

Itulah sederet rekomendasi film asyik yang sangat cocok ditonton di hari Sumpah Pemuda untuk membangkitkan semangat para pemuda Indonesia. Ada yang jadi film favoritmu?

Kontributor: Agatha Vidya Nariswari
Load More