Yohanes Endra | MataMata.com
Pamungkas di Prambanan Jazz Virtual Festival 2021. (Prambanan Jazz, Rajawali Indonesia Media)

Matamata.com - Pamungkas kembali dihadapkan pada isu plagiarisme. Belakangan ini, lirik dari lagu barunya yang berjudul "Birdy" disebut plagiat terhadap puisi karya Charles Bukowski.

Isu plagiasi itu disampaikan oleh pegiat puisi Hamzah Muhammad. Lewat Twitter, Hamzah membagikan foto puisi berjudul "The Bluebird" dari Charles Bukowski.

"Problem Pamungkas bukan musikalitas, tapi mentalitas. Single terbarunya Birdy tidak menawarkan pembacaan ulang atas the bluebird Charles Bukowski. Birdy adalah parafrase yang buruk. Setelah kasus plagiasi cover album, sekarang puisi. Rasanya ada yang belum selesai di dirinya," tulis Hamzah.

Baca Juga:
Penyanyi Ekuador Diduga Plagiat BTS, Begini Penjelasannya

Isu plagiat lagu Birdy Pamungkas. (Twitter/hmzhmhmmdlghz)

Hamzah menyayangkan adanya kemiripan lirik antara lagu "Birdy" dengan "The Bluebird". Ia bahkan tak segan menyindir Pamungkas layaknya amatir yang mau tenar, tapi lewat pesugihan.

"Secara interteks, Birdy berutang. Parahnya parafrasenya buruk sekali. Seperti orang yang kaget sama puisi. Pamungkas seperti amatir yang mau tenar, tapi lewat pesugihan. Jika Pamungkas beli rights the bluebird, ia memastikan uang bisa bayar segalanya. Tapi itikad itu adalah ketololan yang berulang. Karena apa? Birdy dibuat untuk jadi komoditas yang komersial," ujarnya.

Isu plagiat lagu Birdy Pamungkas. (Twitter/hmzhmhmmdlghz)

Kemudian, Hamzah menuliskan beberapa bagian di lagu "Birdy" yang begitu mirip dengan "The Bluebird".

Baca Juga:
Sempat Disebut Plagiat MV IU, Via Vallen Curhat Semua Sosmednya Diserang

"Pamungkas Bait 1: Birdy in my heart, That wants to get out.
Bukowski Bait 1: There’s a bluebird in my heart that want to get out."

"Pamungkas Bait 1: But I am too clever.
Bukowski Bait 4: But I am too clever."

"Pamungkas Bait 1: I won’t let him out, never. No, I’m not going to. Let anyone see him around.
Bukowski Bait 1: I say, stay in there, I'm not going to let anybody see you."

Baca Juga:
Dituduh Plagiat, Young Lex Bicara Kemungkinan Syuting Ulang Raja Terakhir

Belakangan, Pamungkas telah berbincang dengan Armand Maulana untuk membahas isu plagiat tersebut. Pada kesempatan itu, ia tak langsung membantah atau mengiyakan tudingan plagiat lagu "Birdy".

Pamungkas justru mengawali jawabannya dengan mencoba menarik mundur perjalanannya dalam membuat album keempat, yang di dalamnya terdapat lagu "Birdy" dan segera dirilis dalam waktu dekat.

"Ini sensitif banget ya kalau gue ngomong. Jadi gue akan ceritakan background gue bikin (lagu dan album baru ini) ya. Tahun 2020 gue hampir nggak meneruskan bermain musik lagi," ujar Pamungkas di YouTube Armand Maulana.

Isu plagiat lagu Birdy Pamungkas. (YouTube/Armand Maulana)

Bukan tanpa alasan, Pamungkas merasa bahwa ia menemukan dua permasalahan besar, yakni album ketiga yang ternyata menemukan berbagai kesulitan karena berhadapan dengan ekspektasi banyak orang serta faktor pandemi.

"Rasanya seperti anak kecil yang diambil mainannya. Tujuan awal gue main musik, tapi sekarang jadi sulit. Orang ada ekspektasi. Pamungkas tidak menjadi dirinya sendiri," kata pria yang akrab disapa Mas Pam tersebut.

Setelah menemui berbagai kesulitan, Pamungkas mencoba melakukan road trip seorang diri selama dua bulan dari Jakarta ke Bali. Pada momen itu, Pamungkas menemukan perasaan yang tak biasa.

"Kok gue kehilangan diri gue karena hari ini gue milik orang yang sangat banyak di Indonesia. Adaptasi itu yang bikin gue akhirnya menulis album keempat ini," ucap Pamungkas.

Pamungkas akhirnya sedikit menyinggung isu plagiat di lirik lagu "Birdy". Sayangnya, ia hanya menyebut bahwa klarifikasi terkait isu plagiat itu akan muncul setelah album keempat rilis.

"Kalau perihal (isu plagiat) yang dibahas, mungkin nanti akan terjawab setelah album ini keluar. Untuk sekarang, gue berpikir ini lebih baik untuk dibiarkan seperti ini karena sangat sensitif untuk dibicarakan," kata Pamungkas.

Jawaban itu tampaknya cukup mengecewakan bagi banyak pihak, tak terkecuali Hamzah. Dalam pernyataannya, Hamzah mengatakan bahwa asumsi Pamungkas itu bisa jadi hanya merupakan cara untuk menaikkan angka penjualan album barunya.

Terkini, Pamungkas telah mengambil sikap yang benar-benar di luar dugaan. Pada hari Rabu (9/2/2022), Pamungkas merilis ulang lagu "Birdy" dan mengubah hampir seluruh lirik di lagu tersebut.

Lirik "Birdy in My Heart" tetap dipertahankan. Selebihnya, ia mengubah lirik lagu "Birdy".

Load More