Yohanes Endra | MataMata.com
Musisi Dunia yang Pernah Batal Konser di Indonesia. (Instagram/chrisbrownofficial)

Pop.matamata.com - Pembatalan konser Justin Bieber di Toronto, Kanada karena kelumpuhan wajahnya membuat Beliebers Indonesia ketar-ketir. Meski jadwal Justice World Tour di Jakarta kabarnya masih on schedule, yaitu pada 2-3 November 2022. Hal ini tetap membuat fans cemas dan berharap agar kesehatan pelantun lagu 10.000 Hours ini bisa segera pulih, sehingga konser di Jakarta tetap bisa dilangsungkan.

Di sisi lain, sebenarnya pembatalan konser musisi kelas dunia sudah beberapa kali terjadi di Indonesia. Sejumlah musisi dunia yang pernah batal konser di Indonesia ini disebabkan banyak alasan. Mulai dari kesehatan sang musisi, sampai karena kondisi Indonesia yang tidak kondusif jelang konser.

Seperti pada 2018 silam, ada lebih dari satu konser yang dibatalkan karena kericuhan yang terjadi di tanah air. Kerusuhan tersebut membuat pihak manajemen artis memilih membatalkan konser demi keamanan artis mereka. Nah, berikut ini MataMata.com sudah himpun daftar musisi dunia pernah batal konser di Indonesia. Ada siapa saja mereka? langsung simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga:
Kasihan! Justin Bieber Alami Kelumpuhan di Wajah, Batalkan Beberapa Konser

1. Lady Gaga

Musisi Dunia yang Pernah Batal Konser di Indonesia. (Instagram/ladygaga)

Konser Lady Gaga pada 3 Juni 2012 harus dibatalkan karena tidak keluarnya izin dari kepolisian. Seharusnya konser bertajuk The Born This Way Ball digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Alasan pihak berwajib tidak mengeluarkan izin adalah karena ada penolakan konser pelantun Bad Romance tersebut dari beberapa organisasi masyarakat (ormas).

2. Avenged Sevenfold

Baca Juga:
Justin Bieber Sebut Wajahnya Lumpuh Sebelah, Fans Gaduh soal Konser: Padahal Udah Pesen Tiketnya

Musisi Dunia yang Pernah Batal Konser di Indonesia. (instagram/avengedsevenfold)

Grup band heavy metal Avenged Sevenfold pernah dijadwalkan akan konser di Indonesia pada 2012 silam, sayangnya konser tersebut harus batal. Pembatalan konser pelantun Dear God ini lantaran pihak promotor gagal memenuhi standarisasi panggung yang diminta oleh pihak manajemen Avenged Sevenfold. Penggemar pun harus menelan kekecewaan karena gagal melihat aksi panggung band kesayangan mereka.

3. Aerosmith

Musisi Dunia yang Pernah Batal Konser di Indonesia. (Instagram/aerosmith)

Konser perdana Aerosmith yang dijadwalkan pada 11 Mei 2013 di JIEXPO Kemayoran dibatalkan karena alasan keamanan. Padahal sejatinya konser tersebut akan menjadi konser perdana Aerosmith di tanah air. Demi keamanan para anggota Aerosmith, pihak manajemen memutuskan membatalkan konser.

Baca Juga:
Dami Dreamcatcher Hampiri Penonton Difabel saat Konser, Auto Banjir Pujian

4. Chris Brown

Musisi Dunia yang Pernah Batal Konser di Indonesia. (Instagram/chrisbrownofficial)

Bukan cuma sekali, Chris Brown sudah beberapa kali membatalkan konser di Indonesia. Pembatalan konser Chris Brown pada 25 Juli 2015 diduga karena kerusuhan yang terjadi di Tolikara, Papua. Sebelumnya pada 2011 dan 2013, sang musisi juga pernah membatalkan konsernya di tanah air.

5. Maroon 5

Baca Juga:
10 Momen Resepsi Pernikahan Eva Celia dan Demas Narawangsa, Seru bak Konser Musik

Musisi Dunia yang Pernah Batal Konser di Indonesia. (Instagram/maroon5)

Pembatalan konser band Maroon 5 terjadi secara mendadak. Rencana konser mereka pada 23 September 2015 ini dibatalkan karena ternyata bertepatan dengan perayaan Idul Adha 1436H. Alhasil Adam Levine cs gagal manggung di Indonesia.

6. Ed Sheeran

Musisi Dunia yang Pernah Batal Konser di Indonesia. (Instagram/teddysphotos)

Sebelum konser Ed Sheeran pada 3 Mei 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno sukses digelar, pada 2017 pelantun Perfect ini sempat batal konser. Pembatalan konser Ed Sheeran itu karena sang musisi mengalami kecelakaan saat bersepeda hingga membuat tulang tangannya patah.

7. Paramore

Musisi Dunia yang Pernah Batal Konser di Indonesia. (Instagram/paramore)

Infeksi tenggorokan yang dialami oleh Hayley Williams, vokalis Paramore membuat konser mereka di ICE BSD pada 16 Februari 2018 dibatalkan. Akhirnya mereka jadi konser di tempat yang sama pada 24 Agustus 2018 setelah kesehatan sang vokalis membaik.

8. Kehlani

Musisi Dunia yang Pernah Batal Konser di Indonesia. (Instagram/kehlani)

Pada 28 Mei 2018 lalu seharusnya Kehlani menggelar konser di Tennis Indoor Senayan. Namun, konser penyanyi asal Amerika itu dibatalkan karena teror bom di beberapa gereja yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur. Demi keamanan, maka pelantun lagu Honey tersebut memilih membatalkan konsernya.

9. Lauv

Musisi Dunia yang Pernah Batal Konser di Indonesia. (Instagram/lauvsongs)

Sama seperti Kehlani, konser Lauv dibatalkan karena kondisi Indonesia yang masih belum sepenuhnya kondusif setelah aksi 22 Mei 2019. Padahal penggemar penyanyi muda tersebut sudah menanti aksi panggung Lauv yang dijadwalkan pada 24 Mei 2019.

Itu dia 9 musisi dunia yang pernah batal konser di Indonesia karena berbagai alasan. Sebagai informasi tahun 2022 sendiri ada cukup banyak musisi dunia yang bakal menggelar konser di Indonesia. Semoga jadwal konser para musisi di tahun ini bisa berjalan sesuai jadwal, termasuk konser Justin Bieber di Jakarta. Meski sudah ada beberapa jadwal konsernya yang dibatalkan karena kondisi kesehatannya.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More