Nur Khotimah | MataMata.com
Sinetron Indonesia Tayang di Luar Negeri. (Sinemart.com)

Matamata.com - Sinetron Indonesia seringkali diremehkan karena episode yang terlalu panjang hingga alur cerita yang berbelit. Namun siapa sangka beberapa sinetron Indonesia tayang di luar negeri dan bahkan meraih penghargaan.

Sinetron memiliki tempat istimewa di hati penonton setianya. Walau tak bisa dimungkiri bahwa ada yang mempertanyakan kualitas sinetron dan membandingkannya dengan drama Korea atau web series.

Beberapa tahun ke belakang web series juga semakin menjamur. Cerita yang lebih segar dan episode yang tidak terlalu panjang dan mulai mengambil perhatian pemirsa. Tapi sebenarnya ada cukup banyak sinetron tanah air yang sukses tayang di luar negeri. Hal ini menjadi bukti bahwa sinetron tanah air diakui oleh masyarakat negara lain.

Baca Juga:
Selamat! Alia Bhatt Hamil Anak Pertama

Penasaran apa saja sinetron Indonesia pernah yang tayang di luar negeri? Simak langsung daftarnya berikut ini.

1. Tersanjung (1996)

Sinetron Indonesia Tayang di Luar Negeri. (YouTube/MVP Hits)

Sinetron lawas satu ini menjadi salah satu sinetron legendaris yang sukses mengudara sejak tahun 1996 sampai 2005. Sinetron yang dibintangi Lulu Tobing dan Ari Wibowo ini menjadi salah satu sinetron paling sukses dan mengawali sinetron dengan episode panjang di tanah air. Tak hanya di Indonesia, "Tersanjung" juga diminati di Malaysia. Bahkan "Tersanjung" yang dibuat dalam format VCD juga diedarkan ke Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, hingga Taiwan.

Baca Juga:
6 Drama Ahn So Hee yang Ultah ke-30, Terbaru Thirty Nine dan Missing: The Other Side 2

2. Benci Bilang Cinta (2006)

Sinetron Indonesia Tayang di Luar Negeri. (Sinemart.com)

Dibintangi Baim Wong dan Marshanda, "Benci Bilang Cinta" sangat dicintai penonton. Walau sinetron ini menuai kontroversi karena diduga plagiat dari drama Korea "My Girl". Kendati demikian, popularitas "Benci Bilang Cinta" begitu besar hingga masyarakat Malaysia ikut tergila-gila dengan akting Baim dan Marshanda. Sinetron yang tayang di Indonesia pada 2006 ini disiarkan di Malaysia pada 2014 lalu dan mendapat rating yang tinggi.

3. Cinta Fitri (2007)

Baca Juga:
Beda Kado Alvin Faiz untuk Anak Larissa Chou dan Putra Henny Rahman Jadi Sorotan

Sinetron Indonesia Tayang di Luar Negeri. (Instagram/@cintafitri_lovers)

Kesuksesan "Cinta Fitri" membawa sinetron ini dibuat hingga 7 season. Cerita yang apik serta akting ciamik dari para pemainnya membuat "Cinta Fitri" digilai hingga ke beberapa negara tetangga. Sebut saja Malaysia, Singapura, juga Brunei Darussalam yang ikut menayangkan akting Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu. Film ini makin istimewa karena mempertemukan Shireen dan Wisnu yang akhirnya menikah serta hidup bahagia hingga sekarang.

4. Para Pencari Tuhan (2007)

Sinetron Indonesia Tayang di Luar Negeri. (Instagram/@parapencarituhanppt.sctv)

Sinetron religi yang tayang selama bulan Ramadan, "Para Pencari Tuhan" menjadi favorit banyak orang. Terutama karena banyaknya pesan moral dan nilai keagamaan yang disajikan oleh Deddy Mizwar sebagai penggarapnya. Sinetron ini bahkan meraih penghargaan internasional dari ConFesta Japan sebagai Special Awards for Foreign Drama.

Baca Juga:
Celine Evangelista Godain Ronaldinho Beri Tawaran Menggiurkan, Malah Diketawain Vicky Prasetyo

5. Dia Jantung Hatiku (2010)

Sinetron Indonesia Tayang di Luar Negeri. (Sinemart.com)

Menggaet Naysila Mirdad dan Christian Sugiono, "Dia Jantung Hatiku" berhasil memikat pecinta sinetron Tanah Air dan Negeri Jiran. Saat ditayangkan di Malaysia, Dia Jantung Hatiku mendapat respon positif dari penonton.

6. Bayu Cinta Luna (2010)

Sinetron Indonesia Tayang di Luar Negeri. (mdentertainment.com)

Popularitas Bunga Citra Lestari di Malaysia tak perlu diragukan. Bukan hanya sebagai penyanyi tapi juga sebagai artis. Terbukti dengan sinetronnya "Bayu Cinta Luna" yang dibintangi dengan Chicco Jerikho juga tenar di Malaysia.

7. Tukang Bubur Naik Haji (2012)

Sinetron Indonesia Tayang di Luar Negeri. (Sinemart.com)

Diangkat dari FTV, "Tukang Bubur Naik Haji" dibuat series hingga ribuan episode. Dibintangi Citra Kirana dan Andi Arsyil "Tukang Bubur Naik Haji" begitu menyita perhatian publik sejak awal penayangannya. Sinetron ini mendapat banyak pujian dan penghargaan, salah satunya dalam ajang Drama Festival Tokyo di tahun 2014 sebagai Drama Internasional.

8. Yusra dan Yumna (2012)

Sinetron Indonesia Tayang di Luar Negeri. (Sinemart.com)

Sinetron yang dibintangi oleh Nikita Willy, "Yusra dan Yumna" pernah ditayangkan di Malaysia. Sederet aktor tenar seperti Rezky Aditya, Samuel Zylgwyn, hingga Putri Titian meramaikan sinetron ini.

9. Anak Jalanan (2015)

Sinetron Indonesia Tayang di Luar Negeri. (Sinemart.com)

Salah satu sinetron yang membesarkan nama Stefan William dan Natasha Wilona, "Anak Jalanan" sangat terkenal dan dicintai penikmat sinetron Tanah Air. Penonton Malaysia rupanya juga menyukai akting Stefan dan Natasha Wilona. Hingga akhirnya mereka bisa menonton penampilan mereka pada 2017 saat Anak Jalanan tayang di sana. Di tengah penayangan, Stefan mundur dan digantikan oleh Ammar Zoni.

Kesuksesan sejumlah sinetron Indonesia tayang di luar negeri membuktikan bahwa karya sineas Tanah Air juga diakui oleh negara lain. Beberapa sinetron tadi sekaligus menjadi bukti bahwa sinetron Indonesia tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More