Nur Khotimah | MataMata.com
Film Wajib Ditonton Sebelum Thor: Love and Thunder (YouTube Marvel Studios)

Matamata.com - Akhirnya yang ditunggu-tunggu pecinta film Marvel, "Thor Love and Thunder", tayang di bioskop Indonesia, Rabu (6/7/2022). Namun, bagi mereka yang bukan penggemar film Marvel Cinematic Universe (MCU), ada beberapa film wajib ditonton sebelum Thor Love and Thunder.

Alasannya sederhana, yaitu agar bisa lebih paham dan tidak bingung saat menonton aksi Chris Hemsworth di film terbarunya tersebut. Film-film garapan MCU memang saling terhubung jalan ceritanya sehingga menonton film pendahulunya akan membantu memudahkan dalam memahami alur cerita.

Mengerti konteks cerita secara utuh akan memberi pengalaman menonton menjadi lebih menyenangkan. Lantas apa saja film yang wajib ditonton sebelum Thor Love and Thunder? Kepoin langsung daftarnya di bawah ini.

Baca Juga:
Nathalie Holscher Cari Duit Sendiri Usai Keluar dari Rumah Sule, Nenek Justru Senang: Buat Dia Survive

1. Thor (2011)

Film Wajib Ditonton Sebelum Thor: Love and Thunder. (IMDb)

Film pertama dari seri petualangan Sang Dewa Petir, "Thor" dirilis pada tahun 2011. Dibintangi Chris Hemsworth, film ini menceritakan kisah Thor yang diasingkan ke bumi oleh ayahnya Odin karena kesombongannya setelah mampu mengangkat Mjolnir, palu saktinya. Mjolnir sendiri sudah ditampilkan dalam adegan kredit di akhir film "Iron Man 2". Thor, juga menceritakan awal mula benih cinta Thor dan Jane Foster mulai bersemi. Sosok, Loki, adik Thor juga dikenalkan dalam film pertama ini.

2. The Avengers (2012)

Baca Juga:
Nathalie Holscher Diwanti-wanti Nenek Jangan Baper sama Putri Delina: Itu Haknya Dia

Film Wajib Ditonton Sebelum Thor: Love and Thunder. (IMDb)

Lewat film arahan Joss Whedon inilah Thor dibawa ke semesta Marvel yang lebih luas dan kompleks. "The Avengers" mempertemukan Thor, yang merupakan dewa, dengan superhero lain seperti Captain America, Iron Man, Hulk, Hawkeye, juga Black Widow. "The Avengers" meneruskan cerita dari Thor, di mana Loki ternyata masih hidup dan mengetahui kekuatan dari Tesseract, Loki pun berniat menguasai bumi. Thor bersama dengan superhero lainnya bersatu melawan Loki.

3. Thor: The Dark World (2013)

Film Wajib Ditonton Sebelum Thor: Love and Thunder. (IMDb)

Sekuel "Thor" selanjutnya dikerjakan oleh Alan Taylor dengan judul "Thor: The Dark World". Film ini masih mengisahkan hubungan Thor dan Loki yang merupakan saudara. Sekaligus jadi awal kisah tragis Thor yang dimulai dari kematian Frigga, ibunya. Thor dikisahkan mencoba menghentikan Malekith dan pasukan Dark Elf yang berniat menghancurkan alam semesta dengan senjata mereka, Aether. Film ini juga jadi kemunculan terakhir Jane Foster sebelum kembali muncul dalam "Thor: Love and Thunder".

Baca Juga:
Anjasmara Bikin Sayembara usai Kucing Rp42 Juta Miliknya Hilang, Janji Kasih Imbalan

4. Guardians of the Galaxy (2014)

Film Wajib Ditonton Sebelum Thor: Love and Thunder. (IMDb)

Menceritakan kisah Peter Quill anggota Ravager dan anak buah Yondu Udonta yang jadi buron karena mencuri sebuah artefak. Ia dikurung di penjara Kyln yang mempertemukannya dengan Drax, Rocket, Groot, dan Nebula. Mereka bersatu untuk menyelamatkan alam semesta setelah tahu kekuatan dari artefak yang dicuri Quill. Film ini juga menjadi debut dari Star-Lord, Kraglin, Drax, Rocket, Groot, dan Nebula di MCU. Enam karakter tadi akan muncul dalam "Thor: Love and Thunder".

5. Avengers: Age of Ultron (2015)

Baca Juga:
Marshanda Ngaku Bertemu Tuhan, Warnanya Gelap dan Hitam

Film Wajib Ditonton Sebelum Thor: Love and Thunder. (IMDb)

Film ini kembali menyatukan tim Avengers yang sebelumnya pernah bersatu melawan Loki. Hal ini lantaran project Ultron yang dibuat Tony Stark justru membelot. Sejatinya proyek ini digagas untuk melindungi bumi dan manusia. Namun, yang terjadi sebaliknya, Ultron malah menyerang manusia yang dianggap menjadi mengancam keamanan bumi.

6. Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017)

Film Wajib Ditonton Sebelum Thor: Love and Thunder. (IMDb)

Masih meneruskan kisah Quill, ia bertemu dengan Ego yang mengaku sebagai ayah kandungnya. Perlahan Quill mencari asal usulnya yang merupakan kaum Celestia. Quill tak lagi curiga pada Ego, di sisi lain Gamora justru menemukan kejanggalan dan rahasia mengerikan dalam diri Ego. Film ini juga mengisahkan Mantis yang bergabung dengan The Guardians. Mantis sendiri akan muncul kembali dalam "Thor: Love and Thunder".

7. Thor: Ragnarok (2017)

Film Wajib Ditonton Sebelum Thor: Love and Thunder. (IMDb)

Menjadi film ketiga dari sekuel "Thor", film ini berhasil menyatukan unsur humor dalam diri Thor sebagai pahlawan super. Taika Waititi berhasil membawa Thor memulai awal baru dengan cerita yang digarapnya. "Thor" digambarkan terdampar di planet Sakaar yang asing dan mencoba mencari jalan pulang ke Asgard dan menyelamatkan alam semesta dari Hela, kakak perempuannya. Thor kembali bertemu dengan Loki dan Hulk.

8. Avengers: Infinity War (2018)

Film Wajib Ditonton Sebelum Thor: Love and Thunder. (IMDb)

Thanos, berusaha menguasai Infinity Stone untuk membasmi penghuni alam semesta. Avengers pun bahu membahu menghentikan rencana jahat Thanos. "Infinity War" dalam lini masa MCU terjadi tepat setelah "Thor: Ragnarok" ketika Thanos memusnahkan Asgardian. Film ini menjadi momen pertama kalinya Thor bekerja sama dengan The Guardians.

9. Avengers: Endgame (2019)

Film Wajib Ditonton Sebelum Thor: Love and Thunder. (IMDb)

Kegagalan Thor menghabisi Thanos membuatnya hidup dalam cengkraman depresi di New Asgard. Ia menjadi ragu pada kemampuannya sebagai pahlawan. Walau penuh dengan keraguan, Thor mau tak mau bergabung dengan Avengers untuk menyelamatkan rekannya yang hilang saat The Blip. Dalam perjalanan tersebut ia mulai menemukan jati diri dan tujuan hidupnya. Thor juga memulai petualangan ke luar angkasa bersama The Guardians.

Nah itu tadi daftar film MCU yang wajib ditonton terlebih dahulu sebelum menyaksikan "Thor: Love and Thunder". Alur cerita yang saling terhubung dan terjalin dari 9 film tadi akan memudahkan untuk memahami keseluruhan cerita hidup Thor. Gimana sudah siap menonton aksi Chris Hemsworth yang menyuguhkan aksi kocak khas ala Taika Waititi?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More