Yohanes Endra | MataMata.com
Superhero Marvel yang Ada versi Cowok dan Cewek. (IMDb)

Matamata.com - Marvel Cinematic Universe atau MCU merupakan salah satu franchise tersukses yang menghadirkan beragam superhero. Bagi penggemar Marvel, pasti sadar bahwa sejak fase pertama sampai ketiga, karakter pahlawan super mereka umumnya laki-laki.

Namun, di fase keempat, Marvel menghadirkan sederet superhero perempuan. Hal ini sebagai bentuk dukungan Marvel atas kesetaraan gender. Superhero cewek mulai diperkenalkan di fase keempat ini.

Tak kalah keren, superhero yang dikenalkan oleh Marvel merupakan versi perempuan dari superhero yang sebelumnya sudah dibuat versi laki-lakinya. Nah. berikut MataMata.com sudah himpun beberapa superhero Marvel yang ada versi cowok dan cewek.

Baca Juga:
Joko Anwar Bongkar Proses Syuting Adegan Rusun Banjir di Pengabdi Setan 2, Marvel Bisa Apa?

1. Captain America dan Captain Marvel

Superhero Marvel yang Ada versi Cowok dan Cewek. (IMDb)

Superhero pertama dalam Avengers adalah captain America. Captain America digambarkan sebagai superhero pertama di Avengers. Sosok Captain America yang gagah dan kekar bernama Steve Rogers yang diperankan oleh Chris Evan berhasil membuat penonton jatuh hati. Nah, dalam serial What If (2021) sosok penerima serum bukanlah Steve Rogers, melainkan Shannon Carter.

Superhero Marvel yang Ada versi Cowok dan Cewek. (IMDb)

Versi cewek dari Captain America ini juga dalam Doctor Strange in the Multiverse Madness, dengan nama Captain Marvel. Ia mampu terbang tanpa bantuan alat, melesat dengan kecepatan cahaya, dan memanipulasi gravitasi.

Baca Juga:
Thor : Love and Thunder Jadi Film Terakhir Chris Hemsworth di Marvel Cinematic Universe?

2. Ant Man dan The Wasp

Superhero Marvel yang Ada versi Cowok dan Cewek. (IMDb)

Dua superhero Marvel versi cewek dan cowok muncul bersama dalam film Ant-Man and the Wasp (2018). Ant-Man adalah superhero yang bisa berubah jadi sekecil semut dan raksasa. Versi ceweknya bernama The Wasp alias Hope yang punya kemampuan mirip dengan Ant-Man. Tapi the Wasp tidak bisa merubah dirinya menjadi raksasa. Walau ia juga punya armor yang membuatnya mampu berubah menjadi kecil. The Wasp juga memiliki sayap di belakang armornya.

3. Thor dan Mighty Thor

Baca Juga:
9 Momen Raffi Ahmad Ajak Rafathar ke Pameran Marvel Studios, Rela Nyetir Sendiri ke PIM

Superhero Marvel yang Ada versi Cowok dan Cewek. (IMDb)

Dewa petir dengan palu sakti atau Mjolnir dikenal dengan kekuatannya yang hebat. Marvel menampilkan sosok maskulin dalam diri Thor yang bertubuh kekar. Namun, pada film terbarunya, Thor: Love and Thunder (2022), Jane Foster, kekasih Thor berubah menjadi versi perempuan Thor dengan kekautan tak kalah hebat. Karakter Jane Foster setelah memiliki kekuatan seperti Thor bernama Mighty Thor.

4. Hawkeye dan Kate Bishop

Superhero Marvel yang Ada versi Cowok dan Cewek. (IMDb)

Clint Barton atau Hawkeye adalah superhero Marvel tanpa kekuatan super. Selain itu, tidak pun punya baju canggih seperti pahlawan lain, Tapi kemampuan memanahnya sangat akurat dan hebat. Hawkeye akhirnya menemukan penerusnya lewat serial Hawkeye (2021), ia adalah Kate Bishop. Karena berguru langsung dari Clint Barton, Kate Bishop dipercaya menjadi penerus Hawkeye di Young Avengers. Meski tidak disebutkan secara resmi sebagai versi cewek Hawkeye, tapi banyak yang merasa kemampuan Kate akan sehebat sang guru.

Baca Juga:
Sinopsis Morbius, Film Marvel Legenda Mahluk Penghisap Darah

5. Iron Man dan Pepper Potts

Superhero Marvel yang Ada versi Cowok dan Cewek. (IMDb)

Tony Stark yang menjadi Iron Man adalah superhero yang memiliki banyak penerus. Seperti Morgan Stark, Iron Lad, Ironhearts, Harley Keener, War Machine, juga Pepper Potts. Walau begitu, versi cewek dari Iron Man bisa dilihat dalam diri Pepper Potts. Sosok Pepper Potts muncul dalam Avengers: Endgame (2019). Ia juga ikut dalam usaha Armor Rescue.

6. Hulk dan She Hulk

Superhero Marvel yang Ada versi Cowok dan Cewek. (IMDb)

Karakter Hulk yang diperankan oleh Mark Ruffalo merupakan salah satu dari The Original Six yang masih muncul dalam franchise Marvel. Terkini sosok superhero bertubuh hijau ini muncul dalam serial baru, She-Hulk: Attorney at Law (2022). Ia hadir sebagai sepupu Jennifer Walters, keduanya terlibat kecelakaan hingga darah Bruce masuk ke dalam tubuh Jennifer. Jennifer pun berubah menjadi She-Hulk, yang merupakan versi cewek dari Hulk. Berbeda dari Hulk, She-Hulk tidak punya alter ego dan mudah mengontrol emosi. Dan ia adalah seorang pengacara tidak seperti Bruce yang merupakan peneliti.

Dari beberapa superhero yang punya versi cowok dan cewek tadi mana nih, pahlawan super favoritmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More