Yohanes Endra | MataMata.com
Film Adaptasi Novel Tayang 2023 (imdb)

Matamata.com - Banyak film baru, baik dari Indonesia maupun Hollywood, yang diadaptasi dari novel. Beberapa diantaranya sudah tayang atau dijadwalkan rilis tahun ini.

Genrenya pun bermacam-macam, mulai dari drama romantis, thriller hingga fiksi ilmiah. Biar nggak penasaran, berikut deretan film adaptasi novel tayang 2023.

1. Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang

Baca Juga:
Fuji Blak-blakan Ngaku Tolak Banyak Tawaran Main Film: Duh Takut Dihujat!

Film Adaptasi Novel Tayang 2023 (imdb)

Tayang 2 Februari 2023, film adaptasi novel karya Marchella FP ini merupakan sekuel dari Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Jajaran pemain utamanya masih sama, yakni Sheila Dara, Rio Dewanto dan Rachel Amanda. Kali ini penonton akan disuguhkan cerita dari sudut pandang anak kedua, Aurora (Sheila Dara).

2. Knock at the Cabin

Film Adaptasi Novel Tayang 2023 (imdb)

Film horor besutan sutradara kondang, M Night Shyamalan ini diadaptasi dari novel berjudul The Cabin at the End of the World karya Paul G Tremblay. Kisahnya tentang liburan pasangan gay yang berakhir jadi horor. Film yang akan dirilis pada 3 Februari ini dibintangi Dave Bautista, Nikki Amuka-Bird hingga Rupert Grint.

Baca Juga:
Sinopsis Josee, Film Korea yang Romantis dan Menyentuh dari Han Ji Min dan Nam Joo Hyuk

3. Gita Cinta dari SMA

Film Adaptasi Novel Tayang 2023 (imdb)

Kalau film baru Prilly Latuconsina ini merupakan adaptasi dari novel legendaris karya Eddy D Iskandar. Kisahnya masih sama, yakni tentang asmara Galih dan Ratna, dua anak SMA yang terkendala oleh restu dari orangtua. Karakter Galih diperankankan oleh Yesaya Abraham. Film ini dijadwalkan rilis pada 9 Februari mendatang.

4. Bismillah Kunikahi Suamimu

Baca Juga:
10 Rekomendasi Film Korea Sensual: Tak Cuma Modal Adegan Panas, tapi Punya Cerita Berkelas

Film Adaptasi Novel Tayang 2023 (imdb)

Film yang mengangkat tema poligami ini dibintangi oleh Rizky Nazar, Syifa Hadju dan Mikha Tambayong. Kisahnya diangkat dari novel karya Vyntiana Itari. Tayang 23 Februari, Bismillah Kunikahi Suamimu menceritakan seorang istri yang menyuruh suaminya menikah lagi karena hidupnya sudah tidak lama lagi.

5. Panduan Mempersiapkan Perpisahan

Film Adaptasi Novel Tayang 2023 (imdb)

Panduan Mempersiapkan Perpisahan akan tayang secara eksklusif di Bioskop Online pada 24 Februari mendatang. Film adaptasi dari novel Eminus Dolere karya Arman Dhani ini menceritakan kisah asmara yang tak kunjung memiliki kejelasan. Pemeran utamanya adalah Lutesha dan Daffa Wardhana.

6. Are You There God? It's Me, Margaret

Film Adaptasi Novel Tayang 2023 (imdb)

Film Hollywood ini merupakan adaptasi novel karya Judy Blume berjudul sama. Jajaran pemain utamanya didominasi nama beken seperti Rachel McAdams, Kathy Bates serta Abby Ryder Fortson. Tayang 28 April di Amerika, film ini mengikuti gadis berumur 11 tahun yang menghadapi problematika setelah pindah dari New York ke New Jersey.

7. The Last Voyage of Demeter

Film Adaptasi Novel Tayang 2023 (imdb)

Salah satu bab paling menyeramkan dalam novel Dracula karya Bram Stoker, The Captain's Log, akan disuguhkan secara visual lewat film The Last Voyage of Demeter. Kisahnya tentang sekelompok awak kapal yang diteror makhluk jahat. The Last Voyage of Demeter dijadwalkan rilis di Amerika pada 11 Agustus 2023.

8. Dune: Part Two

Film Adaptasi Novel Tayang 2023 (imdb)

Upaya balas dendam Timothée Chalamet terhadap para konspirator yang memecah belah keluarganya akan segera hadir lewat Dune: Part Two. Film yang masih diarahkan oleh Denis Villeneuve ini merupakan adaptasi novel fiksi karya Frank Herbert. Juga dibintangi Zendaya, Dune: Part Two dijadwalkan tayang 3 November 2023 di Amerika.

9. The Hunger Games: The Ballad of Songbirds and Snakes

Film Adaptasi Novel Tayang 2023 (imdb)

Novel The Ballad of Songbirds and Snakes karya Suzanne Collin dipastikan bakal hadir ke layar lebar. Prekuel The Hunger Games ini menggandeng Rachel Zegler dan Tom Blyth sebagai pemeran utama. Tayang 17 November 2023 di Amerika, film ini akan berfokus pada masa muda Coriolanus Snow saat masih menjadi mentor para peserta Hunger Games.

Itu dia deretan film adaptasi novel yang rilis sepanjang tahun 2023. Ada novel favoritmu?

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More