Ade Wismoyo | MataMata.com
Doa Menghilangkan Rasa Malas (Pexels)

Matamata.com - Doa Menghilangkan Rasa Malas, Baik Bekerja maupun Beribadah.

Malas merupakan rasa yang sulit diatasi. Kemalasan ada beragam jenis, tetapi semuanya dibenci oleh Allah Swt.

HR. Ath Thabrani menjelaskan apabila Allah cinta kepada orang yang mau bekerja. Itu artinya, Allah sangat membenci orang yang malas.

Baca Juga:
5 Doa Dimudahkan Rezeki dan Waktu yang Mustajab Untuk Berdoa

Lantas bagaimana cara menghilangkan rasa malas? Berikut berbagai kiat serta doa menghilangkan rasa malas yang wajib disimak:

1. Cara Mengatasi Rasa Malas

Doa Menghilangkan Rasa Malas (Pexels)

Rasa malas membuat pekerjaan akan tertunda. Oleh karenanya, untuk menghilangkan rasa malas dan menunda pekerjaan, sebaiknya seseorang menentukan target yang ingin dicapai.

Baca Juga:
Doa Ketika Hujan Lebat: Sebelum, Saat, dan Sesudah

Sikap perfeksionis juga bisa menyebabkan rasa malas sehingga perlu disingkirkan. Melalui cara menyusun kegiatan yang akan dilakukan, menyusun skala prioritas, dan mengatur jadwal, rasa malas perlahan bisa dihindari.

Rasa malas dalam melakukan pekerjaan juga dapat dihilangkan dengan memenuhi asupan masakan dan berolahraga. Lakukan pekerjaan dari yang termudah agar rasa malas tidak menghalangi niat untuk menyelesaikannya.

Terakhir, jangan lupa memberi penghargaan atas pencapaian diri. Dengan begitu, rasa malas akan digantikan dengan rasa semangat ingin menyelesaikan pekerjaan.

Baca Juga:
5 Doa Menyambut Ramadhan Agar Amalan Mendapat Berkah

2. Doa Menghilangkan Rasa Malas

Doa Menghilangkan Rasa Malas (Pexels)

Untuk menghilangkan rasa malas, ada doa yang bisa dibaca seorang muslim. Doa ini pernah dibaca Rasulullah SAW berdasarkan Imam Bukhari dari Anas bin Malik radliyallahu‘anh. Berikut doa menghilangkan rasa malas:

"Allaahumma innî a‘uudzubika minal kasali wa a‘uudzubika minal jubni wa a‘uudzubika minal harami wa a’uudzubika minal bukhli."

Baca Juga:
Aldila Jelita Ungkap Kondisi Indra Bekti usai Operasi Mata, Langsung Banjir Doa

Terjemahan:
"Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari rasa malas, dan aku berlindung kepadaMu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepadaMu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit.”

3. Doa Menghilangkan Rasa Malas Beribadah

Doa Menghilangkan Rasa Malas (Pexels)

Rasa malas bukan hanya dirasakan saat akan melakukan pekerjaan. Ketika akan beribadah, tak jarang rasa malas menghinggapi umat muslim yang diharuskan salat wajib 5 kali sehari. Belum lagi ibadah sunnah yang pahala dan berkahnya amat berlimpah.

Nah agar tidak malas beribadah, umat muslim disarankan membaca doa. Berikut doa menghilangkan rasa malas beribadah:

"Huwallahulladzi la ilaha illa huwa 'alimul ghaibi wasy-syahadati huwar rahmanur rahim."

Terjemahan:
Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Dialah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Itu dia doa-doa menghilangkan rasa malas, baik saat akan melakukan pekerjaan maupun beribadah. Hafalkan doa-doa tersebut agar bisa dibaca kapan pun dan di mana pun ya!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More