Yohanes Endra | MataMata.com
Ilustrasi doa (Freepik)

Matamata.com - Sebelum melangkah ke dalam Masjid, sebaiknya mengucapkan doa masuk masjid.  Secara harfiah, masjid bermakna tempat bersujud. Sementara menurut istilah masjid merupakan rumah Allah tempat para hamba-Nya yang saleh merendahkan diri di hadapan-Nya dengan bersujud melalui shalat. 

Begitu mulia kedudukan masjid bagi umat Islam. Bahkan tempat tersebut merupakan tempat yang paling dicintai oleh Allah karena diisi oleh orang-orang yang beriman. 

Keutamaan datang ke masjid salah satunya dimakmurkan oleh orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir. Hal tersebut tercantum dalam surat At-Taubah ayat 18. 

Baca Juga:
5 Doa Menyambut Ramadhan 2023 Lengkap dengan Bahasa Latin dan Artinya

Artinya: "Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS At-Taubah: 18)

Adab Masuk Masjid

Islam mengajarkan umatnya untuk menerapkan adab masuk masjid. Salah satunya mengenakan pakaian bersih dan indah. 

Baca Juga:
Doa Setelah Sholat Istikharah, Lengkap Bahasa Latin Dan Artinya

Allah berfirman:  "Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid." (QS Al-A'raf: 31).

Ketika masuk masjid umat muslim  dianjurkan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu serta membaca doa masuk masjid. Dan mendahulukan kaki kiri ketika keluar masjid. 

Artinya: "Termasuk sunnah ketika masuk masjid mendahulukan kaki kanan, dan jika keluar dengan mendahulukan kaki kiri." (HR Al Hakim).

Baca Juga:
Doa Rutin dan Waktu yang Mustajab untuk Berdoa di Hari Jumat

Doa Masuk Masjid dan Artinya

Salah satu adab ketika masuk masjid adalah berdoa. Berikut bacaan latin doa masuk masjid yang kerap diucapkan umat muslim. 

Allahumma shalli 'alaa Muhammad wa 'ala aali Muhammad washahbihi wasallama Allahumaghfirlii dzunuubii waftahlii abwaba rahmatika.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad SAW serta para sahabatnya. Ya Allah ampunilah hamba dan dosa-dosa hamba, serta bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku"

Selain lafaz di atas, ada juga doa masuk masjid versi pendek yang dicantumkan dalam kitab Sahih Bukhari. Melalui riwayat Abdullah Ibnu Umar RA bahwa Nabi Muhammad SAW mengucapkan doa berikut ini. 

"Allohummaf tahlii abwaaba rohmatik."

Artinya, "Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu."

Selain berdoa, umat Islam juga dianjurkan untuk berwudhu sebelum memasuki masjid. Sehingga ketika masuk bisa langsung melaksanakan ibadah sunah maupun wajib. 

Seperti itu doa masuk masjid yang dapat Anda baca setiap akan melangkahkan kaki di rumah Allah SWT. (Lolita Valda Claudia)

Load More