Yohanes Endra | MataMata.com
Doa Harian Selama Puasa di Bulan Ramadhan (Freepik)

Matamata.com - Umat Islam biasanya akan melakukan persiapan untuk berpuasa selama sebulan penuh menyambut bulan suci Ramadhan. Di bulan satu ini juga menjadi momen untuk umat Muslim melakukan banyak ibadah karena pahala yang dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Pada bulan Ramadhan, terdapat banyak ibadah yang dapat diamalkan. Salah satu ibadah yang mudah dilakukan yaitu rutin membaca doa selama sebulan penuh.

Doa-doa yang dibacakan itu, diharapkan dapat membantu kelancaran dan menerima keberkahan selama berpuasa. Lantas doa harian apa saja yang dapat selama bulan Ramadhan. Berikut kumpulan doa yang dibaca selama Ramadhan mengutip Muslim.

Baca Juga:
Doa Lailatul Qadar Lengkap Bacaan Latin, Arti dan Keistimewaan

1. Dzikir ketika melihat hilal

Allahumma ahillahu ‘alayna bilyumni wal iimaani was salaamati wal islaami. Robbii wa Robbukallah.

(Ya Allah, tampakkan bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu (wahai bulan sabit) adalah Allah], ” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ad Darimi).

Baca Juga:
Doa Setelah Sholat Subuh Agar Dimudahkan Rezeki Beserta Urutannya

2. Doa ketika dijahili seseorang

Saat puasa, terkadang orang kerap diuji kesabarannya. Untuk menjaga rasa jahil yang dilakukan orang tersebut, dalam hadis disarankan untuk membaca:

“Inni shoo-imun, inni shoo-imun"

Baca Juga:
Doa Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan, Kurang Seminggu Lagi Nih!

Artinya: Aku sedang puasa, aku sedang puasa.

3. Doa saat berbuka puasa

“Dzahabazh zhoma-u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah [Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah]” (HR. Abu Daud. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Bagi sebagian masyarakat Muslim, ada juga yang membaca “Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa ‘ala rizqika afthortu….”. Namun, hal ini tergantung kebiasaan masing-masing.

4. Doa ketika diberi makan dan minum

“Allahumma ath’im man ath’amanii wa asqi man asqoonii”

Artinya: Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku] (HR. Muslim no. 2055).

5. Doa saat berbuka puasa di rumah orang lain.

“Afthoro ‘indakumush shoo-imuuna wa akala tho’amakumul abroor wa shollat ‘alaikumul malaa-ikah”.

Artinya: orang-orang yang berpuasa berbuka di tempat kalian, orang-orang yang baik menyantap makanan kalian dan malaikat pun mendo’akan agar kalian mendapat rahmat].” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

6. Doa setelah witir

“Allahumma inni a’udzu bi ridhooka min sakhotik wa bi mu’afaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik”

Artinya: Ya Allah, aku berlindung dengan keridhoan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dengan kesalamatan-Mu dari hukuman-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjukan kepada diri-Mu sendiri]. (HR. Abu Daud, Tirmidzi, An Nasa-i dan Ibnu Majah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

7. Doa malam lailatul qadar

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’.

Artinya: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku].” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Nah itu dia kumpulan doa yang dapat dibaca selama ramadhan. Dengan membaca doa tersebut diharapkan dapat keberkahan dan pahala dari Allah SWT. (Fajar Ramadhan)

Load More