Ade Wismoyo | MataMata.com
Amalan Zikir saat Macet (freepik)

Matamata.com - Amalan Zikir saat Macet agar Pikiran Lebih Tenang.

Mudik biasanya identik dengan kemacetan. Saat terjebak macet, setiap orang perlu tenang dan bersabar agar tidak gampang emosi.

Agar pikiran tenang, kita dianjurkan untuk membaca zikir saat macet. Adapun beberapa amalan zikir yang bisa dibaca saat macet sebagai berikut.

Baca Juga:
8 Amalan 10 Hari Terakhir Ramadan, Jangan Sampai Dilewatkan

1. Selawat

Selawat adalah kalimat pujian yang ditujukan pada Nabi Muhammad atau Rasulullah SAW. Lafalnya bisa beragam, salah satunya berikut ini.

"Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad."

Baca Juga:
Amalan dan Doa Hari ke-17 Ramadan, Malam Nuzulul Quran yang Penuh Rahmat

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah selawat kepada nabi kita Muhammad."

Memperbanyak selamat akan membuat hati lebih tenang, seperti yang tertera dalam hadis. "Siapa yang berselawat padaku sekali, Allah akan curahkan rahmat sepuluh kali padanya." (HR. Muslim)

2. Istighfar

Baca Juga:
Doa Aisyah di Akhir Bulan Ramadan Serta Amalan yang Bisa Dikerjakan

Zikir lain yang bisa diamalkan saat macet adalah membaca astaghfirullah, yang berarti memohon ampunan kepada Allah SWT. Dengan membaca istighfar, kita akan terhindar dari dosa dan pikiran negatif serta diberikan jalan keluar atas permasalahan yang sedang dihadapi.

"Barangsiapa yang melazimkan beristighfar, maka Allah jadikan baginya jalan keluar atas segala kesulitannya. Allah juga akan memberikan kelapangan atas segala kesempitan dan kesusahannya. Serta memberinya rezeki dari jalan yang tak disangka sangka." (HR. Abu Dawud)

3. Kalimat Tauhid

Baca Juga:
Doa Nabi Sulaiman untuk Amalan Sehari-hari untuk Kekayaan dan Perlindungan dari Jin atau Hewan Buas

Selain beristighfar, kita juga bisa membaca kalimat tauhid, "Laa ilaha illa Allah." Kalimat yang bermakna mengakui bahwa tiada Tuhan selain Allah ini disebut sebagai zikir yang paling utama.

Membaca kalimat tauhid diyakini mampu memperteguh keimanan, menyucikan diri, serta mendekatkan diri kepada Allah. Amalan zikir ini juga akan membersihkan qalbu dan mengusir setan dalam hati.

4. Kalimat Tasbih

Kalimat tasbih, "Subhanallah (Maha Suci Allah)" disebut sebagai bacaan zikir yang sangat disukai Allah SWT. Keutamaan zikir ini juga sangat banyak, salah satunya diberi seribu kebaikan dan dihapusnya seribu kesalahan.

Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, kita dianjurkan untuk bertasbih seratus kali. Dengan bertasbih, maka pikiran akan jauh lebih tenang saat terjebak macet.

5. Kalimat Tahmid

Sama seperti zikir yang lain, kalimat tahmid, "Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah)" memiliki banyak keutamaan. Ungkapan syukur ini bisa menjadi doa yang membuat kita memiliki energi positif.

Apabila kita sering bersyukur, Allah SWT akan akan menambah nikmat-Nya. Tak hanya itu, tahmid adalah zikir yang bisa dibaca kapan pun dan dalam kondisi apapun.

6. Asmaul Husna

Melansir laman NU Online, amalan zikir yang bisa dilakukan saat terjebak macet adalah membaca salah satu nama Allah dalam Asmaul Husna yakni Ya Quddus. Disebutkan bahwa zikir ini bisa membuat kemacetan segera menjadi lapang.

Itu dia beberapa amalan zikir yang dianjurkan untuk dibaca apabila terjebak macet dalam perjalanan mudik. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More