Yohanes Endra | MataMata.com
Ilustrasi Tips Mudik Aman dan Nyaman. (unsplash.com)

Matamata.com - Mudik atau pulang kampung menjadi salah satu tradisi yang populer terutama saat menjelang libur lebaran. Durasi libur yang cukup panjang kerap dimanfaatkan untuk menjalin silaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman.

Namun, untuk perjalanan panjang seperti mudik tentunya dibutuhkan persiapan yang tak asal-asalan. Nah, Buat yang berencana pulang ke kampung halaman, berikut beberapa tips mudik aman dan nyaman hingga tempat tujuan.

Apa saja tipsnya? Yuk, intip informasi lengkapnya!

Baca Juga:
The Connell Twins Mudik ke Subang dan Salat Tarawih: Malaikat Bingung, Setan pun Bingung

1. Cek kondisi rumah atau tempat tinggal sebelum mudik
Agar mudik tetap aman dan nyaman, pastikan keadaan rumah dalam keadaan benar-benae aman. Selain mengunci pintu, jendela dan pagar rumah, jangan lupa cabut kabel listrik, regulator gas, serta saluran air.

Agar lebih maksimal, infokan kepada tetangga atau ketua RT setempat bahwa rumah dalam keadaan kosong sehingga mereka bisa membantu mengawasi rumah selama ditinggal mudik.

2. Pasang CCTV
Agar lebih nyaman, kita juga bisa memasang kamera CCTV yang disambungkan ke gawai dan dapat diakses secara realtime atau online. Meski membutuhkan budget yang lumayan, namun tips ini dapar diterapkan agar mudik lebih aman dan nyaman.

Baca Juga:
7 Artis yang Mudik Saat Lebaran, Ada yang Naik Mobil Pribadi Hingga Kereta Eksekutif

3. Menjaga kesehatan tubuh
Untuk melakukan perjalanan jarak jauh, sebaiknya tubuh dalam keadaan fit. Untuk itu, jagalah kondisi tubuh menjelang mudik dengan cara berolahraga secara rutin, menjaga pola makan, dan jika perlu konsumsi suplemen tambahan.

4. Bawa P3K dan obat-obatan darurat
Saat mudik, bekali diri anda dengan obat-obatan darurat, vitamin, maupun P3K, terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit maupun gangguan kesehatan tertentu.

5. Persiapkan bekal yang memadai
Persiapan bekal ini tentu saja sangat penting. Bekal yang dimaksud meliputi makanan, minuman, hingga uang tentunya. Bagi yang membawa anak kecil, jangan lupa persiapkan segala macam kebutuhan si kecil yang kiranya dibutuhkan sepanjang perjalanan.

Baca Juga:
Aurel dan Atta Halilintar Pamit Mudik ke Krisdayanti, Raul Lemos Bereaksi

6. Periksa kesiapan kendaraan
Nah, kalau tips satu ini khusus bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kondisi kendaraan benar-benar siap dibawa untuk perjalanan jauh. Lakukan pengecekan mesin, rem, oli, ban, dan bagian lainnya.

7. Perlengkapan gadget
Zaman sekarang, gadget terutama HP menjadi hal yang penting saat melakukan perjalanan jauh. Nah, jangan lupa persiapkan power bank, kuota internet, dan gadget kamu untuk kebutuhan hiburan, cek rest area terdekat, informasi hotel terdekat, maupun kebutuhan darurat lainnya.

8. Beli tiket perjalanan jauh-jauh hari
Bagi yang mudik dengan kendaraan umum, sebaiknya beli tiket perjalanan jauh-jauh haru agar tidak kehabisan tiket.

Nah, itulah beberapa tips mudik aman dan nyaman agar perjalanan ke kampung halaman lancar. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More