Nur Khotimah | MataMata.com
Habib Husein Jafar Al Hadar (instagram)

Matamata.com - Sebaiknya Minta Maaf ke Orang Tua atau Pasangan Dulu saat Lebaran? Simak Penjelasan Habib Jafar

Berbagai pertanyaan muncul menjelang Lebaran alias Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Salah satunya adalah tentang kepada siapa dulu kita sebaiknya minta maaf saat Lebaran, apakah ke orang tua atau pasangan?

Mengenai hal itu, Habib Jafar telah memberikan penjelasannya dalam acara Tonight Show. Ia menjelaskan bahwa minta maaf sebaiknya dilakukan kepada orang terdekat terlebih dahulu.

Baca Juga:
6 Amalan Sebelum Sholat Idul Fitri, Termasuk Berhias Diri

"Jadi yang paling berhak atas kebaikan kita itu adalah yang terdekat dari kita," kata Habib Jafar ketika mendapat pertanyaan tata cara ketika minta maaf saat lebaran, dikutip pada Jumat (21/4/2023).

Artinya bagi yang sudah menikah atau berumah tangga, bisa untuk saling minta maaf kepada pasangan masing-masing atau anggota keluarga.

"Nah kalau kita sudah berumah tangga, berarti keluarga utama kita yang kecil ini. Setelah itu biasanya datang ke orang yang lebih tua," tambahnya.

Baca Juga:
Doa Hari Raya Idul Fitri Beserta Bacaan untuk Menjawabnya

Menurutnya yang dimaksud orang yang lebih tua ini, bisa orang tua sendiri jika ada, atau ke saudara atau kerabat yang lebih tua.

Selanjutnya jika sudah selesai dengan orang terdekat, bisa untuk menemui guru-guru di kampung, sepuh, tokoh yang dihormati atau yang dituakan yang berada di dekatnya.

Sementara itu, pemerintah resmi menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu (22/4/2023). Jadi Hari Raya Idul Fitri. Namun ada beberapa umat muslim yang lebih dulu merayakan Idul Fitri pada Jumat (21/4/2023). (Lumbantukub)

Baca Juga:
10 Ucapan Idul Fitri yang Puitis Abis, Bisa Jadi Inspirasi

Load More