Yohanes Endra | MataMata.com
Profil Rieka Roslan (Instagram/rieka.roslan)

Matamata.com - Rieka Roslan menyusul langkah Ahmad Dhani yang melarang tegas Once untuk menyanyikan lagu Dewa 19. Rieka Roslan pun melarang The Groove membawakan lagu-lagu yang diciptakannya.

Namun ternyata, Rieka Roslan telah melayangkan surat larangan untuk The Groove kepada WAMI sejak Desember 2022. Rieka Roslan kembali menegaskan larangan tersebut ditemani Anji, Ahmad Dhani, dan Posan Tobing dalam jumpa pers baru-baru ini.

Bagi generasi 90-an, Rieka Roslan tentu sudah tak asing lagi. Bagi yang belum tahu, yuk simak profil Rieka Roslan berikut ini.

Baca Juga:
Profil Iqbal Pakula, Meninggal karena Sakit di Usia 46 Tahun

1. Biodata Rieka Roslan

Profil Rieka Roslan (Instagram/rieka.roslan)

Rieka Roslan merupakan penyanyi, penulis lagu, dan produser musik yang lahir di Sukabumi, Jawa Barat, pada 23 Januari 1970. Pada 2011, saat usianya telah menginjak 41 tahun, Rieka Roslan menikah dengan pria bernama Muhammad Amri Akil.

Rieka Roslan diketahui beragama Islam. Di masa lalu, Rieka Roslan dikenal selalu memakai penutup kepala berupa turban. Namun pada 2018, Rieka Roslan mulai tampil tanpa turban yang menjadi ciri khas penampilannya.

Baca Juga:
Profil Satrio Dewandono, Dihujat Usai Cium Bibir Salshadilla Juwita saat Sungkeman

2. Perjalanan Karier Rieka Roslan

Profil Rieka Roslan (Instagram/rieka.roslan)

Rieka Roslan memulai kariernya di dunia musik sejak 1988. Namun baru pada 1997, Rieka Roslan bersama Reza (Lead Vocal), Yuke (Bass) yang kini bergabung di Dewa 19, dan Detta (Drum) membentuk The Groove.

Rieka Roslan, Reza, Yuke, dan Detta awalnya punya grup sendiri. Kemudian Rejos (Perkusi), Ari (Gitar), dan Ali (Piano) yang sama-sama kuliah di ITENAS bergabung hingga The Groove resmi terbentuk pada 15 Mei 1997. The Groove merilis album pertama "Kuingin" pada 1999.

Baca Juga:
Profil Salshadilla Juwita Anak Pertama Iis Dahlia, Pernah Pacaran dengan Lutfi Agizal 'Anjay'

Sayangnya Yuke terakhir kali mengisi album The Groove pada 2001 dan melanjutkan kariernya bersama Dewa 19. Rieka Roslan pun hengkang dari The Groove pada 2004 untuk bersolo karier.

Keputusan Rieka Roslan bersolo karier pun menghasilkan prestasi membanggakan. Rieka Roslan meraih penghargaan Artiz Jazz Vokal Terbaik dengan lagu "Wanita" di Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2009.

Pada 2010, Rieka Roslan reuni bersama The Groove yang kala itu sempat vakum dan dikira bubar. Kolaborasi The Groove dan Maliq D'Essentials melalui lagu "Juwita Cintaku" lantas dianugerahi penghargaan Duo/Grup/Kolaborasi Jazz Terbaik AMI 2013.

Di tahun 2015, Rieka Roslan sempat tergabung dalam grup 5 Wanita dengan single "Tersiksa Lagi". Selain Rieka Roslan, anggota grup 5 Wanita adalah Andien, Nina Tamam, Iga Mawarni, dan Yuni Shara.

Sedangkan sebagai produser, Rieka Roslan membentuk grup vokal anak bernama Svaragita. Rieka Roslan membentuk grup Svaragita sebagai bentuk kepeduliannya terhadap musik anak-anak. Lagu "Happy Birthday" Svaragita telah dirilis pada 3 Desember 2022 melalui YouTube GNP Music.

3. Kontroversi Rieka Roslan

Profil Rieka Roslan (Instagram/rieka.roslan)

Baru-baru ini, Rieka Roslan melarang The Groove menyanyikan lagu ciptaannya. Perpisahan Rieka Roslan dengan The Groove rupanya meninggalkan rasa sakit hati.

Pada November 2022, manajemen memberitahukan kepada sebuah Event Organizer (EO) apabila The Groove tidak bisa satu panggung dengan Rieka Roeslan lagi. Rieka Roslan mengaku harga dirinya serasa diinjak karena dicampakkan tanpa alasan yang jelas.

Maka larangan Rieka Roslan agar The Groove untuk tidak membawakan lagu ciptaannya saat manggung dinilai sebagai konsekuensi logis. Sementara itu, The Groove beberapa waktu lalu tampil dengan menggandeng vokalis wanita Tiara Effendy.

Itu dia profil Rieka Roslan yang larang The Groove bawakan lagu ciptaannya. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More