Yohanes Endra | MataMata.com
Profil Iqbal Pakula. (Instagram/iqbalpakula21)

Matamata.com - Iqbal Pakula meninggal dunia pada Selasa (25/4/2023) usai mendapat perawatan di Rumah Sakit Siloam Semanggi. Kabar duka itu disampaikan oleh istri mendiang Iqbal, Andiez La'nuite melalui media sosialnya.

Kepergian Iqbal Pakula menjadi kehilangan besar bagi dunia hiburan tanah air. Sebab ia merupakan salah satu pesinetron yang telah bermain di banyak judul sinetron dan juga FTV. Perannya yang masih melekat jelas tentunya adalah ketika ia ikut bermain dalam sinetron laris Cinta Fitri yang dibintanginya selama 7 musim. Untuk mengenang perjalanan kariernya sebagai aktor, simak ulasan profil Iqbal Pakula yang meninggal dunia di usia 46 tahun berikut.

1. Latar belakang Iqbal Pakula

Baca Juga:
Istri Ungkap Keinginan Terakhir Iqbal Pakula sebelum Meninggal: Dia Nggak Mau Anaknya Sedih

Profil Iqbal Pakula. (Instagram/iqbalpakula21)

Iqbal Pakula memiliki nama asli Muhammad Iqbal dan lahir pada 21 Februari 1977 di Balikpapan, Kalimantan Timur. Kehidupan pribadinya tidak terlalu diekspos kecuali tentang rumah tangganya bersama dengan Handis Kardinah Reswari atau lebih dikenal dengan nama Andiez La'nuite.

Iqbal Pakula menikah dengan Andiez La'nuite yang merupakan seorang DJ pada Desember 2012. Dari pernikahannya mereka telah dikaruniai seorang anak yang diberi nama Zahel Arslan Khedira. Iqbal Pakula sangat mencintai dan menyayangi anak semata wayangnya, Zahel. Kini Andiez dan Zahel ditinggalkan untuk selamanya oleh Iqbal Pakula yang sudah berpulang.

2. Perjalanan karier

Baca Juga:
Tahu Kondisi Iqbal Pakula sebelum Meninggal, Verlita Evelyn Bongkar Percakapan Terakhir: Dia Kuatkan Saya

Profil Iqbal Pakula. (Instagram/iqbalpakula21)

Iqbal Pakula mengawali kariernya sebagai cover boy pada era 90an. Wajahnya cukup sering menjadi sampul di banyak majalah kala itu. Iqbal Pakula ternyata satu angkatan dengan Surya Saputra juga Edo Borne. Namanya pernah masuk nominasi sebagai Model Video Klip Cowok Paling Favorit dalam ajang Aneka Award tahun 1998.

Debut akting Iqbal Pakula dimulai pada tahun 2000 lewat sinetron Tersanjung 5. Hanya setahun setelah debut, Iqbal Pakula mendapat kesempatan bermain dalam film layar lebar. Ia ikut menjadi pemain di film Merdeka (2001) dan The Soul (2003). Setelah bermain di dua film tadi Iqbal Pakula lebih sering menerima tawaran sinetron dan FTV. Meski begitu ia sempat kembali ke dunia layar lebar dengan dua judul film lain yaitu The Fabulous Udin (2016) dan Bukan Cinta Malaikat (2017).

3. Puncak popularitas

Baca Juga:
Kronologi Iqbal Pakula Meninggal Dunia: Idap Penyakit Leukemia, Masuk RS saat Malam Takbiran

Profil Iqbal Pakula. (Instagram/iqbalpakula21)

Meski bermain di banyak judul sinetron, tapi sinetron yang berhasil melambungkan namanya adalah CInta Fitri yang tayang hingga 7 musim. Perannya sebagai Bram telah berhasil memikat hati penonton hingga membuatnya menjadi salah satu aktor pemeran protagonis favorit.

Sepanjang kariernya sebagai aktor, Iqbal Pakula sudah bermain kurang lebih 50 judul sinetron dan belum termasuk series Pintu Berkah juga Kisah Nyata yang menyajikan puluhan episode. Sinetron yang terbaru dibintangi Iqbal Pakula adalah Dari Jendela SMP (2022) dan Garis Cinta (2022), dan sinetron Pandawa Terakhir yang masih menunggu jadwal tayang.

4. Meninggal dunia

Profil Iqbal Pakula. (Instagram/iqbalpakula21)

Iqbal Pakula meninggal dunia pada 25 April 2023 pada pukul 02.40. Meninggalnya aktor berusia 46 tahun itu adalah karena sakit yang diderita. Kanker darah hingga gagal napas diduga menjadi penyebab meninggalnya Iqbal Pakula. Sementara itu, Andiez La'nuite juga sempat mengabarkan jika sang suami memiliki riwayat sakit jantung.

Ketika meninggal dunia, Iqbal Pakula ditemani sahabatnya Hedi Yunus. Menurut penuturan Hedi Yunus kepergian Iqbal Pakula begitu tenang dan terus mengucap Allahu Akbar. Pemakaman Iqbal Pakula dilakukan pada hari yang sama yaitu sekitar pukul 13.00 WIB di TPU Menteng Pulo.

Demikian tadi profil Iqbal Pakula yang meninggal dunia di usia 46 tahun dan meninggalkan seorang istri serta satu orang anak. Selamat jalan Iqbal Pakula, semoga mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Serta keluarga yang ditinggalkan dapat tabah dan mengikhlaskan kepergian Iqbal Pakula.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More