Yohanes Endra | MataMata.com
Ilustrasi Doa Untuk Pengantin Baru (pexels.com)

Matamata.com - Menikah bukan hanya sekedar menyatukan dua hati maupun janji sehidup semati saja. Namun, pernikahan juga termasuk ibadah seumur hidup yang tentunya tidak selalu berjalan mulus.

Untuk itu, menikah tidak boleh sembarangan dan banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum ke jenjang pernikahan. Tak hanya terkait kecocokan pasangan, namun restu keluarga hingga visi misimisi pasangan setelah menikah juga perlu dipikirkan matang-matang.

Namun, keberhasilan sebuah pernikahan tidak hanya tergantung pada faktor di atas saja. Agar menciptakan pernikahan yang indah sekaligus diberkahi oleh Allah SWT, maka ada doa untuk pengantin baru yang perlu dibaca.

Baca Juga:
Doa untuk Orang yang Memberi Makan atau Minum

Seperti apa doanya? Berikut informasi lengkapnya!

Doa Pernikahan Sebelum dan Sesudah Menikah

Tak hanya setelah menjadi pengantin baru, sebaiknya doa juga dipanjatkan sebelum pernikahan. Berikut adalah doa untuk pengantin baru yang sebaiknya dipanjatkan agar diberikan kehidupan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warohmah.

Baca Juga:
Doa Cepat Dapat Pekerjaan, Agar Diberi Rezeki Halal

1. Doa Sebelum Khitbah
Dalam islam, kita mengenal adanya istilah khitbah, yakni proses ta'aruf yang harus dilewati terlevih dahulu sebelum mebikah.
Khitbah juga dapat diartikan sebagai lroses melamat yang menjadi ajang silaturrahim antara kedua keluarga calon mempelai.

Berikut doa yang dapat dibaca sebelum prosesi tersebut:

Allahumma innaka taqdiru wa la aqdiru wa la a’lamu wa anta ‘allamul ghuyubi. Fa in ra`aita li fi(.....) khairan fi dini wa akhirati faqdirha li”

Baca Juga:
Doa Sebelum Ujian Sekolah, Agar Dimudahkan dan Diberi Kelancaran

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Mentakdirkan, dan bukanlah aku yang mentakdirkan. Dan (Engkau) Maha Mengetahui apa yang tidak kuketahui. Engkau Maha Mengetahui hal-hal yang ghaib. Maka jika Engkau melihat kebaikan antara diriku dan (..... [sebutkan nama calon pasangan bin/binti ayahnya]) untuk agama dan akhiratku, maka takdirkanlah aku bersamanya.”

2. Doa Menjelang Akad Nikah
Tak hanya sebelum khitbah, menjelang akad nikah calon pengantin juga sebaiknya memanjatkan doa berikit ini:

“Iz awal fityatu ilal Kahfi faqooluu Rabbanaaa aatinaa mil ladunka rahmatanw wa haiyi' lanaa min amrinaa rashadaa.”

Artinya: "(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami." (QS. Al-Kahfi: 10)

3. Doa ntuk Pengantin Baru Ketika Akad Nikah
Doa satu ini sebaiknya dipanjatkan oleh orang-orang yang hadir saat menjadi saksi nikah.

“Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jama'a bainakumaa fii khoir.”

Artinya: mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.

4. Doa setelah Ijab Kabul
Tak hanya sebelum Akad Nikah, ada juga doa yang dianjurkan dibaca setelah mengucap ijab kabul. Bahkan Rasulullah SAW menganjurkan suami membaca doa ini sambil memegang ubun-ubun sang istri.

"Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih."

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.”

5. Doa Agar diberi keturunan
Sudah sewajarnya jika setiap pasangan yang menikah menginginkan keturunan. Bagi yang telah mendambakan kehadiran barubuah hati, berikut doa untuk pengantin baru agar segera diberi kesejahteraan dan keselamatan. Ç

Robbanaa hab lanaa min azwajinaa wa dzurriyatinaa qurrota a’yun waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqon: 74).

6. Doa Menjalani Rumah Tangga
Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, tentunya banyak yang ributuhkan maupun dilalui. Agar diberi keselamatan dunia dan akhirat,

“Allahumma robbanaa anzil alaina maaidatamminassamaaa’i takuunu lana iidalli’aqolina wa’akhirina wa’ayatamminka wa’urzukna wa’anta khoirurroziqin,”

Artinya: “Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama.” (QS. Al-Ma’idah: 114).

Itu dia beberapa doa untuk pengantin baru agar rumah tangganya sakinnah, mawaddah, warrohmah dan langgeng sampai akhirat kelak.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More