Yohanes Endra | MataMata.com
Doa Melayat Orang Meninggal. (istockphoto.com)

Matamata.com - Kematian adalah takdir yang harus dihadapi setiap manusia baik cepat atau lambat. Oleh karenanya umat islam diperintahkan untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya untuk bekal di akhirat kelak.

Pasalnya jila suatu saat datang kematian, hanya amal ibadah lah yang bisa menjadi penyelamat. Selain amal selama di dunia, ilmu yang bermanfaat dan doa dari orang yang masih hidip juga dapat meringankan siksa kubur bagi orang yang telah meninggal dunia.

Sementara itu, agar selalu mengingat kematian, mereka yang masih hidup dianjurkan melayat dan mengirimkan doa. Lantas apa doa melayat orang meninggal yang dapat kita baca? Berikut penjelasannya!

Baca Juga:
Doa agar Diterima di Universitas yang Diinginkan

Bacaan Doa Melayat Orang Meninggal

Berikut ini ada beberapa kumpulan doa yang dapat dibaca saat melayat orang meninggal dikutip dari buku Doa Manghadapi Kematian karya Islah Gusmian.

Doa Untuk Orang Meninggal

Baca Juga:
Doa Agar Dagangan Selalu Laris dan Berkah, Umat Muslim Wajib Tahu

Tentunya selain amal selagi hiduo dunia, orang yang meninggal hanya bisa mengharapkan doa dari orang yang masih hidup agar diluaskan kuburnya. Dan inilah bacaan doa yang dapat diamalkan agar dapat dijauhkan dari siksa kubur.

Allahummagfirla-hu warham-hu wa ‘aafi-hi wa’fu ‘an-hu wa akrim nuzula-hu, wa wassi madkhola-hu, waghsil-hu bil-maa-i-wats tsalji wal barod wa naqqi-hi minal khothoyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danaas, wa abdil-hu daaron khoirom min daari-hi, wa ahlan khoirom min ahli-hi, wa zawjan khoirom min zawji-hi, wa ad-khilkul jannata, wa a’idz-hu min ‘adzabil qobri wa adzabin naar.

Artinya: Ya Allah, ampunilah ia, kasihilah ia, berilah ia kekuatan, maafkanlah ia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkan ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran, berilah ganti rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah ganti keluarga (atau istri di surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya) dan masukkan ia ke surga, jagalah ia dari siksa kubur dan neraka.

Baca Juga:
Doa Penghilang Rasa Lelah Agar Kembali Bersemangat Menjalani Hidup

Doa Ziarah Kubur

Selain saat melayat, kita juga dianjurkan mengirim doa saat berziarah kubur. Inilah bacaan doa yang dapat diamalkan agar almarhun maupun almarhuman ditutup segala keburukannya.

Serta digandaikan segala amal baiknya selama hidup di dunia.

Allahumma anzil al-rahmata wa al-barakata wa almaghfirah ala jami ahli al-qubur min al-muslimina wa al-muslimat wa al-mu’minina wa al-mu’minat, irfa lahumu al darajat wa kaffir ‘anhumu al-sayyi’at, wa dha’if lahumu al-hasanat. Ya ayyatuha al-nafsu al-muthma’ innah, irji’i ila rabbiki radhiyatan mardhiyyah. Fadkhuli fi ibadi wadkhuli jannati. Ya ayyuha alladzina amanu shallu alaihi wa sallimu taslima.

Artinya: Ya Allah, turunkanlah rahmat, berkah, dan ampunan kepada seluruh penghuni kubur, dari orang-orang yang berislam dan beriman. Angkatlah derajat mereka. Tutuplah keburukan-keburukan mereka. Lipat gandakan kebaikan-kebaikan mereka. Wahai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya.

Doa untuk Keluarga yang Ditinggalkan

Selain orang yang sudah meninggal, kita juga dianjurkan melafalkan doa untuk keluarga maupun orang yang ditinggalkan. Harapannya, mereka dapat diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan berupa kematian.

Innaa lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun, Allahumma jurnii mushibatii wakhlif lii khairan minhaa.

Artinya: Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan kepada-Nya kami akan kembali.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More