Nur Khotimah | MataMata.com
Ilustrasi Mesin Cuci. (Istimewa)

Matamata.com - Mesin cuci merupakan alat rumah tangga yang dirancang untuk membersihkan bahan tekstil, dari pakaian, handuk hingga seprai. Dengan memakai alat ini, kamu pun bisa membersihkan pakaian dengan lebih cepat dan efisien.

Meski cukup praktis, mesin cuci memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan mesin cuci? Hal ini bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum membelinya.

Kelebihan Menggunakan Mesin Cuci

Baca Juga:
5 Rekomendasi Alat Rumah Tangga Elektronik Terbaik

1. Menghemat Waktu

Mesin cuci dapat bekerja sendiri dalam menghilangkan noda dan kotoran. Jadi, kamu bisa mengerjakan hal yang lain sembari menunggu cucian kamu selesai dibilas.

2. Mudah digunakan

Baca Juga:
6 Adu Mewah Dapur Artis, Dilengkapi Peralatan Canggih dan Perabotan Mahal

Mesin cuci memiliki tombol-tombol yang mudah dipahami dan digunakan. Kamu hanya perlu memasukan pakaian dan sabun, memencet tombol, dan mengeluarkan pakaian saat proses tersebut selesai.

3. Menghemat Tenaga

Mode mencuci dan mengeringkan pakaian membuat kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga. Jadi, kamu bisa langsung menjemurnya ketika proses tersebut sudah selesai.

Baca Juga:
Serba Mewah, Intip 5 Peralatan Dapur Nagita Slavina yang Kelewat Mahal

Kekurangan Menggunakan Mesin Cuci

1. Kapasitas Listrik

Ada beberapa jenis mesin cuci yang menggunakan listrik dalam jumlah besar. Apalagi, kalau kamu mencuci baju dengan air hangat, tentu pemakaian listrik akan lebih boros.

2. Penggunaan Air Lebih Banyak

Air yang digunakan oleh mesin cuci cukup banyak. Biasanya, kamu membutuhkan air bersih sekitar 50-150 liter air, tergantung jenis mesin cuci. Jadi, kamu perlu mengumpulkan pakaian kotor terlebih dahulu sebelum mencucinya agar tidak boros.

3. Baju Lebih Mudah Rusak atau Melar

Serat pada pakaian lebih mudah rusak ketika dicuci memakai mesin cuci. Untuk itu, kamu perlu mencuci pakaian dengan tangan jika ingin lebih tahan lama.

Itulah kelebihan dan kekurangan menggunakan mesin cuci yang bisa jadi pertimbangan kamu. Nah, kamu bisa mendapatkan berbagai model mesin cuci sesuai kebutuhan hanya di toko resmi online INFORMA melalui ruparupa. Situs belanja online satu ini juga menjual berbagai jenis elektronik rumah tangga seperti kulkas, vacuum cleaner, dan air purifier.

Load More