Nur Khotimah | MataMata.com
Biodata Lengkap dan Agama Asnawi Mangkualam. (Instagram/@asnawi_bhr)

Matamata.com - Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam jadi perbincangan hangat usai tunjukkan penampilan memukau pada pertandingan Jeonnam Dragons Vs Ansan Greeners. Pertandingan kasta kedua Liga 2 Korea Selatan tersebut berlangsung di Stadion Gwangyang pada 19 Juli 2023 kemarin.

Asnawi bermain penuh selama 90 menit untuk timnya, Jeonnam Dragons. Sementara Ansan Greeners merupakan klub pertama Asnawi saat memulai karier sepak bola di Korea Selatan.

Dalam laga tersebut, Tim Asnawi berhasil menggasak Ansan Greeners 5-2. Meski grup lawan sempat menyamakan skor, namun akhirnya Jeonnam Dragon berhasil unggul dan memenangkan pertandingan.

Baca Juga:
Goda Shin Tae Yong Main Threads, Adab Asnawi Mangkualam Jadi Omongan: Gak Bahaya Ta?

Selain para pencetak skor, penampilan Asnawi yang bermain sejak menit pertama pun sukses mencuri perhatian. Banyak yang ingin tahu biodata lengkap dan agama Asnawi Mangkualam.

Nah, buat yang penasaran, yuk simak informasinya berikut ini!

Biodata Asnawi Mangkualam

Baca Juga:
Asnawi Mangkualam Aktif Koar-koar di Threads, Auto Sleding Banyak Janda: Mancing Mulu Nih

Biodata Lengkap dan Agama Asnawi Mangkualam. (Instagram/@asnawi_bhr)

Asnawi Mangkualam Bahar atau yang lebih dikenal dengan Asnawi Mangkualam adalah salah satu pemain Timnas Indonesia. Ia lahir di Makasar, Sulawesi Selatan pada 4 Oktober 1999.

Atlet berusia 23 tahun tersebut merupakan anak sulung dari pasangan Bahar Muharram dan Fatmawati Rasak. Asnawi memiliki dua orang adik kandung yang bernama Fiqih Syali dan Nur Ikrar Bahar.

Agama Asnawi Mangkualam

Baca Juga:
9 Potret Zhadela Putri, Digosipkan Mantan Pacar Asnawi Mangkualam

Biodata Lengkap dan Agama Asnawi Mangkualam. (Instagram/@asnawi_bhr)

Asnawi Mangkualam dikenal sebagai penganut agama islam yang taat. Ia pernah kedapatan tengah berdzikir sesaat sebelum memimpin Timnas Indonesia pada laga Piala AFF 2020.

Tak hanya itu, Asnawi juga pernah melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci bersama dengan keluarganya. Meski tengah merantau di Korea Selatan, ia juga tetap rajin melaksanakan kewajibannya sebagai seorang muslim.

Perjalanan Karier Klub Asnawi Mangkualam

Biodata Lengkap dan Agama Asnawi Mangkualam. (Instagram/@asnawi_bhr)

Karier sepak bola Asnawi Mangkualam dimulai saat ia bergabung dengan SSB Hasanuddin FC Makassar pada tahun 2008. Minatnya pada sepak bola tak terlepas dari sosok sang ayah, Bahar Muharram.

Bahar sendiri merupakan pemain kunci di PSM Makassar. Setelah enam tahun menimba ilmu di SSB Hasanuddin FC, Asnawi kemudian bergabung dengan PSM Makassar pada 2014-2015.

Ia juga sempat memperkuat tim Persibone Bone sebelum bergabung dengan tim PON Sulawesi Selatan. Di tahun 2016, Asnawi direkrut Perseka Bosowa hingga akhirnya mendapatkan kontrak profesional dari Persiba Balik Papan.

Setahun kemudian, Asnawi kembali ke Makassar memulai debutnya bersama PSM pada Piala Presiden 2017. Kariernya pun semakin melejit usai dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala Indonesia 2018-2019 serta membawa PSM menjadi juara.

Empat tahun bersama PSM Makassar, Asnawi Mangkualam bertolak ke Korea Selatan dan bergabung dengan Ansan Greener FC.

Perjalanan Karier dengan Timnas Indonesia

Biodata Lengkap dan Agama Asnawi Mangkualam. (Instagram/@asnawi_bhr)

Karier Asnawi di Timnas Indonesia berawal sejak tahun 2013. Ia begabung dengan Timnas U-17 dan perlahan mulai menapaki semua kelompok umur hingga akhirnya sampai ke Timnas Senior.

Saat bersama Timnas Indonesia U-19, penampilannya sukses menyita perhatian selama ajang Piala Asia U-19 pada tahun 2018 di Jakarta. Sementara debut internasional Asnawi terjadi pada laga uji coba melawan Timnas Myanmar pada tahun 2017.

Asnawi Mangkualam telah dipercaya kapten Timnas Indonesia sejak usianya 22 tahun. Ia juga berhasil menambah koleksi medali perak pada Piala AFF 2020.

Nah, itu dia biodata lengkap dan Agama Asnawi, salah satu Atlet Timnas Indonesia yang sedang menuai perhatian. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Nur Khasanah
Load More