Yohanes Endra | MataMata.com
Kronologi Radja Polisikan Anji (instagram/iankaselaradja)

Matamata.com - Radja melaporkan Anji atas dugaan pencemaran nama baik. Pelaporan ini terkait kontroversi hak cipta atas lagu hits mereka, Cinderella.

Permasalahan hak cipta lagu di dalam band belakangan memang marak terjadi Indonesia. Radja menjadi salah satu band yang bersengketa dengan mantan personel, setelah Kotak dan Kerispatih.

Lantas bagaimana Anji bisa terlibat dalam kisruh ini? Berikut kronologi Radja polisikan Anji atas dugaan pencemaran nama baik.

Baca Juga:
Tak Terima Damai, Band Radja Sebut Ada Pemboikotan Gegara Konten di YouTube Dunia Manji

1. Berawal dari konten Anji bersama Ipay

Kronologi Radja Polisikan Anji (instagram/rival_501)

Anji belum lama ini mengundang Ipay atau Rival Achmad Labbaika ke podcast yang diunggah ke kanal YouTube Dunia MANJI pada Jumat (4/8/2023). Ipay curhat mengenai lagu Cinderella yang sudah dia ciptakan sejak tahun 1996 untuk band Fresh.

"Yang gue cuma minta tuh, lagu-lagu gue jangan kalian (band Fresh) pakai. Kalau kalian mau jalan, silakan jalan," kata Ipay memperingatkan Radja untuk tidak membawakan lagu ciptaannya tersebut.

Baca Juga:
Ian Kasela Ungkap Alasan Radja Laporkan Youtube Dunia Manji, Malah Dicibir: Kalo Lu Merasa Bener..

2. Radja dituding rilis lagu Cinderella tanpa izin

Kronologi Radja Polisikan Anji (instagram/rival_501)

Lagu Cinderella pertama kali dirilis pada 2004 dan meledak di pasaran. Menurut Ipay, saat itu Ian Kasela selaku vokalis Radja hanya meminta izin untuk meminjam lagu tersebut.

Tidak ada kontrak resmi yang diterima Ipay terkait perilisan lagu Cinderella oleh Radja. Ipay mengaku lagu tersebut diciptakan sendiri olehnya, tapi Ian Kasela mendaftarkan lagu tersebut atas namanya sendiri pada 2009.

Baca Juga:
Band Radja Siap Perang: Laporkan YouTube Dunia Manji ke Polisi, Nggak Terima Dituduh Maling

3. Ipay tuntut Radja atas hak cipta lagu Cinderella

Kronologi Radja Polisikan Anji (instagram/rival_501)

Meski diciptakan sendiri oleh Ipay, dalam kaset Radja tertera bahwa Cinderella adalah karyanya bersama Ian Kasela. Ipay terkejut melihat Radja membawakan lagu ciptaannya di salah satu stasiun televisi.

Karena kesulitan menghubungi Ian Kasela, Ipay akhirnya mengirim somasi melarang Radja menyanyikan lagu Cinderella. Disebutkan bahwa dia menuntut Ian Kasela Rp20 miliar atas hak cipta lagu miliknya tersebut.

4. Radja polisikan Anji

Kronologi Radja Polisikan Anji (instagram/iankaselaradja)

Alih-alih melaporkan Ipay, Radja justru menyeret Anji ke dalam kisruh hak cipta lagu Cinderella. Mantan vokalis band Drive itu dipolisikan atas dugaan pencemaran nama baik.

Kabarnya Radja mempermasalahkan konten Dunia MANJI yang dianggap merugikan mereka. Diwakili oleh Sunan Kalijaga, laporan Radja terhadap Anji resmi terdaftar dengan nomor LP/B 4764/VIII/2023/SPKT POLDA METRO JAYA.

Demikian kronologi Radja polisikan Anji atas dugaan pencemaran nama baik terkait polemik hak cipta lagu Cinderella ciptaan Ipay.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More