Ade Wismoyo | MataMata.com
Fakta Film Autobiography (imdb)

Matamata.com - Film Autobiography akan mewakili Indonesia di ajang penghargaan bergengsi Academy Awards atau Piala Oscar ke-96 yang digelar tahun depan. Kabar ini disampaikan oleh Lukman Sardi, salah satu pemeran film tersebut.

Autobiography yang dibesut oleh sutradara Makbul Mubarak tersebut akan mengikuti kompetisi dalam kategori International Feature Film. Keputusan ini diambil oleh Komite Seleksi (Komsel) Oscar Indonesia setelah melakukan seleksi pada Senin (11/9/2023).

Bergenre thriller psikologi, Autobiography dibintangi Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, dan Yusuf Mahardika. Film ini mendapat banyak pujian saat pertama kali dirilis ke publik pada 19 Januari 2023 lalu.

Baca Juga:
Biodata Lengkap dan Agama Maria Theodore, Kekasih Marselino Ferdinan

Kisahnya berfokus pada hubungan pelayan dan tuannya yang memiliki keterikatan sangat kuat. Untuk lebih lengkapnya, simak fakta film Autobiography yang mewakili Indonesia di ajang Oscar ke-96 mendatang.

1. Debut Film Panjang Makbul Mubarak

Fakta Film Autobiography (imdb)

Makbul Mubarak merupakan kritikus film yang beralih menjadi sineas film. Autobiography adalah debut film panjang alumni dari Berlinale Talents dan Asian Film Academy tersebut. Sebelumnya dia telah menyutradarai film-film pendek seperti The Dog's Lullaby (2016) dan Plastic of Tea Before Her (2018).

Baca Juga:
Thariq Halilintar Curhat Ingin Nurut Kata Ibu: Nggak Mau Pacaran, Pengennya Nikah

2. Naskah Autobiography Dikembangkan Sejak 2017

Fakta Film Autobiography (imdb)

Proyek film Autobiography dimulai sejak 2017. Perencanaan film ini pertama kali dipresentasikan pada Torino Film Lab 2017 untuk menarik investor. Menurut Makbul Mubarak, judul Autobiography diambil dari hubungan personalnya dengan sang ayah saat masih kanak-kanak.

3. Melenggang di Festival Internasional

Baca Juga:
Raffi Ahmad Emang Nggak Ada Obat, Berani Ledek Presiden Jokowi

Fakta Film Autobiography (imdb)

Autobiography pertama kali diputar di Venice International Film Festival 2022 pada 3 September 2022 di depan 1.400 orang. Film ini kemudian diputar di sejumlah festival film dunia, seperti Festival Film Internasional Toronto, Festival Film Internasional Busan, dan Festival Film International Stockholm.

4. Borong Penghargaan Internasional

Fakta Film Autobiography (imdb)

Autobiography menyabet sejumlah penghargaan di ajang internasional seperti The International Critics Prize for Best Film di Venice Film Festival 2022, Feature Fiction Award Winner di Adelaide Film Festival 2022, Grand Prize Winner di Tokyo Filmex 2022, dan Best Screenplay di Asia Pacific Screen Awards 2022.

Baca Juga:
Keluarga Haji Faisal Seolah 'Didepak' Atta-Aurel dari List Tamu, Thariq Halilintar Disalahkan: Padahal Dianggap...

5. Plot Cerita Fresh dan Berani

Fakta Film Autobiography (imdb)

Salah satu hal yang membuat Autobiography diapresiasi habis-habisan adalah kisahnya yang fresh dan berani. Film ini menceritakan hubungan seorang pelayan bernama Rakib (Kevin Ardilova) dengan majikannya, Purna (Arswendy Bening Swara). Mereka memiliki keterikatan yang sangat kuat dengan latar belakang sebuah rezim.

6. Wakili Indonesia di Oscar 2024

Fakta Film Autobiography (imdb)

Autobiography dipilih oleh Komsel untuk mewakili Indonesia dalam kategori International Feature Film. Proses seleksi diikuti oleh 100 judul film yang tayang dari 1 Desember 2022 hingga 31 Oktober 2023. Autobiography nantinya akan diseleksi lagi untuk bisa masuk sebagai nominasi Oscar 2024 yang diadakan di Amerika Serikat.

Itu dia beberapa fakta film Autobiography yang mewakili Indonesia di ajang Oscar ke-96 mendatang.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More