Riki Chandra | MataMata.com
Bos INEOS Group Jim Ratcliffe membeli saham Manchester United. [Dok.Antara]

Matamata.com - Milioner asal Inggris, Jim Ratcliffe, kini punya sebagian saham di Manchester United, klub yang digemarinya sejak masa kecil. Ia juga pecinta Formula 1 dan balap sepeda.

Pendiri perusahaan kimia INEOS itu diumumkan pada Minggu membeli 25 persen saham klub Liga Premier Inggris itu, menyusul kabar proses akuisisi yang berlarut-larut.

INEOS menjadi salah satu yang ingin membeli United pada awal tahun ini setelah para pemilik klub tersebut, yaitu keluarga Glazer mengatakan akan mendengarkan tawaran-tawaran untuk Si Setan Merah.

Ratcliffe, yang juga fans United, pernah gagal membeli Chelsea pada tahun lalu. Ia sudah lama dikait-kaitkan dengan kabar pembelian klub yang bermarkas di Old Trafford.

Pengusaha berusia 71 tahun itu memiliki rekam jejak yang mengesankan di dunia olahraga, termasuk memiliki klub liga Prancis Nice dan klub Swiss FC Laussanne-Sport.

Pada 2019, raksasa balap sepeda Team Sky menjelma menjadi Team INEOS dan pada tahun berikutnya INEOS membeli sepertiga saham tim Mercedes Formula 1.

Ratcliffe dan INEOS mengonfirmasi penawaran mereka untuk membeli mayoritas saham Manchester United pada Februari dan bersaing dengan bankir asal Qatar Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani, yang kemudian mundur dari persaingan.

Mereka yang ingin membeli United itu ingin membuat klub tersebut kembali menjadi nomor satu di dunia setelah miskin prestasi pada satu dekade terakhir.

Load More