Riki Chandra | MataMata.com
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat diwawancarai awak media massa di Kabupaten Tanah Datar, Rabu (3/1/2024). [Dok.Antara]

Matamata.com - Calon presiden (capres) Nomor Urut 1, Anies Baswedan menjanjikan reaktivasi sejumlah jalur kereta api di Sumatera Barat (Sumbar). Hal itu akan dilakukan jika dirinya terpilih pada Pemilihan Presiden (Pilres) 2024.

"Provinsi Sumbar ini salah satu provinsi yang sudah lama memiliki jaringan kereta api. Ada beberapa jalur yang sudah tidak aktif lagi dan perlu direaktivasi," kata Anies Baswedan saat menghadiri agenda "Desak Anies" di Kabupaten Tanah Datar, Rabu (3/1/2024).

Menurut eks Gubernur DKI Jakarta itu, kereta api bisa menjadi salah satu moda transportasi umum yang dapat menjangkau banyak kabupaten dan kota, hemat, efisien, aman dan efektif.

Reaktivasi tersebut dinilai penting mengingat beberapa kabupaten dan kota di Sumbar secara geografis cukup jauh dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan merupakan gerbang utama pintu masuk lewat udara.

Dengan reaktivasi tersebut, eks Rektor Universitas Paramadina tersebut menyakini kemacetan dan jarak tempuh dapat diminimalisir lewat moda transportasi massal.

Selain mempermudah masyarakat, reaktivasi jalur kereta api juga akan mendukung dan menggeliatkan sektor pariwisata yang secara otomatis berdampak pada aspek perekonomian.

"Pengguna kereta api akan menikmati langsung bentangan alam Sumbar yang indah. Apalagi, beberapa titik juga melewati terowongan dan ngarai," ujarnya.

Ia optimistis cita-cita tersebut dapat terwujud mengingat di barisan Timnas AMIN juga diisi oleh eks Direktur Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan.

Load More