Riki Chandra | MataMata.com
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. (kolase Instagram)

Matamata.com - Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) membantah adanya persekongkolan antara Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan dengan Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo, untuk "mengeroyok" Capres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dalam Debat Capres ketiga pada Minggu (7/1/2024) malam.

Jubir Timnas AMIN, Billy David Nerotumilena mengatakan, kritik dari Anies dan Ganjar kepada Prabowo merupakan hal yang wajar. Apalagi, saat ini Prabowo menjabat sebagai Menteri Pertahanan, dan notabene sektor tersebut menjadi topik debat.

"Sama sekali enggak ada kesepakatan sebelumnya antara 01 (Anies) dan 03 (Ganjar) untuk sama-sama menyerang 02 (Prabowo)," kata Billy, Senin (8/1/2024).

Di awal-awal debat, Anies banyak sekali menyampaikan substansi yang diasumsikan sebagai menyerang Prabowo. Namun, menurut dia, Ganjar justru menyerang Prabowo di akhir-akhir sesi debat.

Billy mengatakan, pihaknya merasa Prabowo memahami seluruh topik dan subtopik pada debat ketiga tersebut sehingga dinamika yang terjadi pada debat tersebut wajar terjadi.

"Dinamikanya baik itu pradebat atau pascadebat pasti seperti itu," katanya.

Selepas debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023 dan debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang kembali mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Minggu (7/1), meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Load More