Yulia Rosdiana Putri | MataMata.com
Jajaran Dewan Komisaris dan Direksi PT Arkadia Digital Media Tbk (dari kiri ke kanan): Stephen Kurniawan Sulistyo (Komisaris Utama), Suwarjono (Direktur Utama), dan Fastabiqul Khair Algatot (Direktur). [Sumber: Suara.com/Alfian Winanto]

Matamata.com - PT Arkadia Digital Media Tbk (DIGI) melaporkan hasil kinerja keuangan yang membaik di tengah situasi perekonomian negara yang fluktuatif.

Melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar pada Kamis (27/6/2024) di Hotel Aryaduta, Jakarta, Perseroan membeberkan kenaikan pendapatan yang signifikan sepanjang tahun 2023.

Berkomitmen dalam bidang multimedia dan portal web, Perseroan mengalami kenaikan pendapatan hampir mencapai 40 persen pada tahun 2023, jika dibandingkan dengan perolehan pada tahun 2022.

Baca Juga:
Biar Makin Dilirik Investor, Arkadia Digital Media Lakukan Pemecahan Saham

Dilaporkan bahwa pendapatan DIGI pada tahun 2023 mencapai Rp57,89 miliar, sedangkan laporan kinerja keuangan pada tahun 2022 berada di angka Rp 41,6 miliar.

"Sejalan dengan pendapatan, laba kotor Perseroan juga meningkat 30 persen yang mencapai Rp 22,22 miliar dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp 17,8 miliar," ungkap Direktur Utama PT Arkadia Digital Media Tbk, Suwarjono.

Sebagai informasi, RUPST PT Arkadia Digital Media Tbk ini dihadiri oleh seluruh jajaran Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan, antara lain Suwarjono selaku Direktur Utama/CEO yang didampingi oleh Fastabiqul Khair Algatot selaku Direktur/CFO, Kurniawan Sulistyo selaku Komisaris Utama, Stephen Iwa Sukresno Karunia selaku Komisaris, serta Ariyo Ali Suprapto selaku Komisaris Independen.

Baca Juga:
Terima Dana MDIF, PT Arkadia Digital Media Tbk Kembangkan Media Lokal

Jajaran Dewan Komisaris dan Direksi PT Arkadia Digital Media Tbk (dari kiri ke kanan): Ariyo Ali Suprapto (Komisaris Independen), Iwa Sukresno Karunia (Komisaris), Stephen Kurniawan Sulistyo (Komisaris Utama), Suwarjono (Direktur Utama), dan Fastabiqul Khair Algatot (Direktur). [Sumber: Suara.com/Alfian Winanto]

Suwarjono memaparkan beberapa faktor yang mendulang peningkatan pendapatan dari Perseroan. Beberapa faktor yang dimaksudkan adalah adanya peningkatan daya tarik dan permintaan untuk layanan media digital, kerja sama ikan, hingga gelaran-gelaran event yang dikelola oleh Perseroan.

Faktor-faktor tersebut berperan penting dalam pendapatan awal tahun yang diperoleh oleh Arkadia Digital Media. Sepanjang kuartal I pada tahun 2024, Perseoran mengantongi pendapatan sebesar Rp11,52 miliar dengan raihan laba kotor mencapai Rp4,93 miliar.  Angka ini hampir sama dengan periode yang sama pada tahun 2023.

Sementara soal target laba bersih yang ditetapkan pada tahun 2023, dengan proyeksi angka sebesar Rp4,118 miliar, belum bisa tercapai. Meski begitu, laba bersih pada akhir tahun 2023 yang masih minus, nyatanya telah mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

Baca Juga:
Selain Logo Baru Suara.com, Arkadia Digital Media Luncurkan Iklandisini.com

Lebih lanjut, Suwarjono membeberkan sejumlah kebijakan strategis yang disiapkan oleh Perseroan untuk meningkatkan performa, baik kinerja keuangan maupun operasional. Kebijakan tersebut didukung oleh tiga pilar utama strategi, yakni produksi konten yang apik nan beragam, distribusi konten yang dilakukan secara maksimal, dan inovasi yang dilakukan tanpa henti.

Strategi tersebut dibarengi dengan komitmen Perseroan untuk terus melanjutkan program dan kerja sama yang telah ada, serta membuka kolaborasi dengan berbagai pihak, baik sesama media, lembaga nasional dan internasional, maupun para kreator konten.

Suasana pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Arkadia Digital Media Tbk yang diikuti dengan Paparan Publik 2024, di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta, pada Kamis, 27 Juni 2024. [Sumber: Suara.com/Alfian Winanto]

Pada perayaan ulang tahun Suara.com yang ke-9 pada tahun 2023 lalu, Perseroan berhasil merilis platform baru yang dinamakan Nexus Creator Hub. Platform ini diluncurkan secara khusus sebagai wadah kerja sama dengan para kreator konten dan influencer.

"Ini merupakan sebuah platform yang mewadahi kerja sama maupun pengerjaan proyek oleh para kreator konten dan influencer, dengan para klien baik dari kalangan pemerintahan, swasta, juga brand. Seiring diluncurkannya platform ini, tim kami langsung bergerak merangkul atau mengumpulkan influencer lokal terutama dari kategori kecil dan mikro," jelas Suwarjono.

Kemudian pada momentum ulang tahun ke-10 yang jatuh pada bulan Maret 2024 lalu, Arkadia Digital Media bersama International Media Support (IMS) secara resmi meluncurkan Local Media Community.

Local Media Community diharapkan bisa menjadi sebuah wadah komunitas yang maksimal bagi media lokal dan berskala kecil. Beberapa di antaranya telah menjalin kerja sama dengan Suara.com dan mengikuti program yang dikelola bersama IMS.

Suara.com dan IMS telah menjalankan beberapa program yang menjadi tulang punggung pengembangan media-media lokal di Indonesia, workshop atau pelatihan, pendampingan di program Start-up for Media Start-up (SMS), pengelolaan bantuan dana inovasi, hingga  gelaran yang bersakal besar seperti Jatim Media Summit (JMS) dan Local Media Summit (LMS), yang sudah diadakan setiap tahunnya sejak tahun 2022.

Suwarjono, Direktur Utama PT Arkadia Digital Media Tbk dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) [Sumber: Suara.com/Alfian Winanto]

"Lalu, kebijakan strategis Perseroan yang memberikan efek besar terhadap pendapatan adalah fokus kami pada aktivitas pengelolaan kegiatan (event), baik itu kegiatan berdasarkan permintaan klien, pemerintah maupun swasta, maupun kegiatan yang dirancang dan diinisiasi sendiri oleh tim Perseroan," tutur Suwarjono melanjutkan.

Suwarjono menerangkan bahwa aktivitas pengelolaan kegiatan atau event organizer ini dikembangkan karena dipertimbangkan memiliki potensi besar untuk menjadi sumber pendapatan yang penting bagi Perseroan ke depannya.

Bermodalkan sumber daya dan unit kerja yang telah dimiliki, Perseroan mampu menunjukkan hasil berupa kesuksesan dalam mengelola event-event kecil, menengah,  hingga besar, baik yang berskala lokal, nasional, maupun internasional.

Variasi bentuk kegiatan pun telah dilakukan, mulai dari pelatian, diskusi dan seminar  (tatap muka dan online), festival, ekspo, acara penghargaan, perlombaan, hingga kegiatan bisnis dan hiburan. Menurut Suwarjono, program ini tidak hanya sukses dalam menambah pendapatan namun sekaligus memperkaya portofolio Perseroan.

Suasana pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Arkadia Digital Media Tbk yang diikuti dengan Paparan Publik 2024, di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta, pada Kamis, 27 Juni 2024. [Sumber: Suara.com/Alfian Winanto]

Melalui momentum yang sama, Suwarjono memastikan bahwa Perseroan berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik sebagai salah satu prinsip yang dipegang teguh hingga saat ini.

"Kami juga meyakini bahwa pengawasan dari Dewan Komisaris dan Komite Audit, serta pelaksanaan fungsi yang efektif dari Sekretaris Perusahaan dan Unit Audit Internal ditambah audit eksternal, telah dan akan senantiasa memberikan kontribusi terhadap tingginya tingkat transparansi dan akuntabilitas dalam setiap kegiatan Perseroan," tegas Suwarjono.

Keterangan dan pernyataan senada disampaikan pula oleh Suwarjono bersama Fastabiqul Khair Algatot dalam sesi Paparan Publik yang digelar seusai ditutupnya agenda RUPST, lewat penyelenggaraan online menggunakan aplikasi Zoom.

Selain memaparkan potensi dan capaian, rekam jejak, kinerja keuangan Perseoran yang disertakan dengan portofolio produk-produknya dan data demografi, kedua anggota Direksi ini mengungkapkan perihal optimisme untuk target yang lebih baik lagi di masaa depan.

Pihak Direksi merasa optimistis bahwa Perseroan dapat terus mencapai kinerja yang bertumbuh secara berkelanjutan, apalagi jika didukung dengan kondisi perekonomian nasional yang stabil dan terjaga, serta kebijakan pemerintah yang lebih akomodatif terhadap iklim investasi pada sektor kegiatan usaha Perseroan.

Secara bisnis, manajemen Perseroan meyakini lewat berbagai inovasi dan langkah kebijakan mereka, target pendapatan maupun laba yang lebih tinggi lagi akan tercapai ke depannya.

Load More