Ferry Noviandi | MataMata.com
Vicky Shu

Matamata.com - Kasus penipuan jemaah umrah dan haji First Travel telah menjadi berita yang menarik perhatian nasional. Bagaimana tidak, kasus tersebut telah merugikan ratusan para calon jemaah .

Selain Anniesa Hasibuan dan suami, Andika Surachman sebagai pemilik First Travel yang menjadi tersangka, sejumlah artis juga ikut terseret. Mereka di antaranya Vicky Shu, Syahrini, dan Ria Irawan.

Para artis terkenal tersebut saat ini dijadikan saksi. Orang pertama yang menjalankan sidang adalah Vicky Shu. Pelantun "Mari Bercinta 2" itu baru saja menjalankan sidang di Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat, Rabu (14/3/2018) sebagai saksi.

Meski sedang hamil, Vicky terlihat rileks saat bersaksi. Semua pertanyaan yang diajukan jaksa dan majelis hakim dijawab dengan lancar.

Jaksa bertanya ihwal kronologis kejadian perkenalan dengan pemilik First Travel, pasangan suami istri Anniesa Hasibuan dan Andhika Surahman. Mereka adalah dua dari tersangka kasus tersebut.

Vicky juga ditanya bagaimana awalnya tahu bahwa First Travel terjerat kasus penipuan. "Saya tahu dari media, ketika ada proses penangkapan," kata Vicky menjawab pertanyaan dari salah satu Hakim Anggota.

Usai sidang, Vicky dan kuasa hukumnya menemui awak media. "Untuk pertama nanti dijelaskan oleh kuasa hukum saya. Saya napas sedikit dulu," ujar Vicky.

Saat menggelar konfrensi pers, Vicky Shu tidak bisa menahan air matanya saat menggelar jumpa pres usai sidang First Travel, di Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat, Rabu (14/3/2018).

Vicky Shu mulai menangis saat salah satu awak media menanyakan perihal komunikasi dengan artis-artis yang juga terlibat.

Perempuan bernama lengkap Vicky Veranita Yudhasoka ini mengaku tidak pernah berkomunikasi dengan artis-artis yang terlibat, seperti Syahrini dan Ria Irawan. Namun dia mengaku shock dengan perusahaan First Travel karena telah menipu ribuan jemaah calon umrah.

"Karena saya juga shock. Maksudnya shock, di satu sisi saya kenal dengan ibu Anniesa (Anniesa Hasibuan, boss First Travel). Di satu sisi saya shock dengan kabar yang saya dengar bahwa ada puluhan ribu jemaah yang sudah jadi korban," kata Vicky Shu usai sidang.

Vicky Shu menangis karena merasakan bagaimana susahnya mengumpulkan puluhan juta rupiah untuk melakukan ibadah umrah.

"Saya sebagai anak yatim yang bekerja untuk keluarga tahu banget rasanya kerja, susahnya cari uang. Jadi kalau ingat itu tuh saya benar-benar apa ya, sedih sekali," lanjut Vicky Shu.

Sedangkan artis lain yang rencananya akan menyusul bersidang adalah penyanyi Syahrini. Namun sampai saat ini belum diketahui kapan pemilik jargon "Sesuatu" itu akan menjadi saksi dalam sidang First Travel.

Beberapa hari yang lalu, melalui kuasa hukumnya, Hotman Paris, Syahrini mengkau siap bila mendapat panggilan dari Pengadilan Negeri Depok. Lagi pula menurut Hotman, Syahrini dalam kasus ini bukan saksi utama.

Selain nama Vicky Shu dan Syahrini, artis lain yang diduga ikut mempromosikan First Travel adalah Ria Irawan, Merry Putrian dan almarhumah Julia Perez alias Jupe.

Load More