Penampilan Ahmad Abdul di Panggung Grand Final Indonesian Idol

Matamata.com - Ahmad Abdul membuka panggung Grand Final Indonesia Idol 2018 dengan sangat memukau tadi malam, Senin (16/4/2018).

Abdul menyanyikan lagu andalan Coldplay bertajuk Fix You yang berhasil mendulang standing applause dari tiga juri, yakni Armand Maulana, Bunga Citra Lestari dan Ari Lasso.

Penampilan Abdul saat menyanyikan Fix You/Instagram @Indonesian Idol 

Tidak hanya itu, Bunga Citra Lestari sampai menitikkan air mata mendengar lantunan lagu Fix You yang dinyanyikan oleh Abdul.

"Aku rasa itu performa terkuat kamu dalam rasa Abdul. 'Fix You' itu lagu kesukaan aku dan kamu sukses bawakan itu. Saya nangis sedikit tadi," ujar Bunga Citra Lestari.

Bahkan Ari Lasso pun menyebut Abdul membawakan lagu Fix You menjadi luar biasa sehingga berhasil menggetarkan panggung Grand Final.

"lagu ini biasanya tidak pernah ditampilkan di pembukaan, karena lagu ini memiliki posisi yang istimewa dalam diskografi mereka dalam song list mereka sehingga ditempatkan di akhir-akhir. Ini sebuah eksperimen yang luar biasa, ditaruh di depan sebuah lagu yang bertempo lambat yang bukan hanya sensasional tapi spiritual dan kamu sukses membuat lagu ini jadi luar biasa, Dul, dan kamu menggetarkan Grand Final," ujar Ari Lasso.

Lagu Fix You dari Coldplay kerap membuat pendengar antusias, merinding dan menitikkan air mata. Bai didengarkan melalui perangkat maupun konser Coldplay secara langsung.

Kejadian yang dialami Bunga Citra Lestari juga pernah dialami Dul Jaelani ketika menonton konser Coldplay di Bangkok, Thailand, tahun lalu.

Dul tampak menikmati lagu Fix You yang dilantunkan Coldplay dengan air mata berderai.

Kisah di balik lagu Fix You

Kalian yang tidak bisa menikmati lagu Fix You, pernahkah penasaran kepada mereka yang bisa sampai nangis-nangis mendengar lagu ini?

Lagu Fix You memiliki makna bahwa ketika berada dalam kondisi terpuruk, sedih dan terjatuh sekalipun, masih ada keluarga yang setia mendukung dan senantiasa menguatkan kita.

Menurut penuturan akun twitter Coldplay Indonesia @ColdplayID, lagu Fix You ditulis oleh Chris Martin sebagai hadiah untuk sang istri, Gwyneth Paltrow, setelah kematian ayahnya, Bruce Paltrow.

"She came home from the hospital after her father passed, covered in tears. I started crying and kept asking her, 'What can I do for you? Tell me how I can help.' And she looked up at me and said, 'Just hold me... Cause you're the only thing that can fix me right now.'"

Kala itu Gwyneth Paltrow merasa sangat terpuruk dan dalam kondisi rapuh. Maka ia meminta Chris Martin untuk memperbaiki dirinya (fix me).

Gwyneth Paltrow memang kerap menginspirasi Chris Martin dalam bermusik. Namun sayang, mereka akhirnya bercerai setelah membina rumah tangga lebih dari 10 tahun.

Eksis nongol di berbagai tangga lagu

Coldplay merilis Fix You di Inggris dan AS pada 5 September 2005 sebagai single kedua dari album ketiga mereka, X&Y. Lagu ini berhasil menduduki posisi nomor empat di UK Singles Chart pada 17 September 2005.

Tidak berhenti di situ, Fix You berhasil menduduki nomor 59 di Billboard Hot 100 dan nomor 18 di Billboard Hot Modern Rock Tracks.

Lagu ini juga memetakan di Billboard Pop 100 dan Hot Digital Songs. Menyusul di Chart Singles Australia menempati nomor empat pada 18 September 2005.

Selain muncul di tangga lagu Inggris dan As, lagu Fix You juga menduduki urutan kedelapan Chart Singles Irlandia dan bertahan selama tujuh minggu berturut-turut.

Pada tanggal 14 November 2010, lagu tersebut kembali memasuki chart single Australia di nomor 37.

Melihat prestasi yang ditorehkan lagu Fix You, maka tak heran jika X&Y menjadi album terlaris di dunia pada tahun 2005.

Mendapat pujian dari para kritikus musik

Dilansir dari majalah Rolling Stone, kritikus Kelefa Sanneh menulis,"Salah satu yang terbaik adalah 'Perbaiki Anda', sebuah lagu sentimental tanpa malu-malu di mana Martin memberikan kata-kata dorongan dalam falsetto lembut. Membuktikan sekali lagi bahwa tidak ada band dapat memberikan balada rock yang megah seperti in."

Paul McNamee dari NME magazine juga menulis,"Ini adalah lagu yang indah yang bergeser dari piano dan suara yang sederhana ke nada dering yang berdering dan berderak-derak serta empat bagian harmoni."

Adrien Begrand dari PopMatters menyebut lagu Fix You adalah yang terbaik dari album X&Y.

Load More