Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Mat Solar dan Urip Arphan. (Berbagai sumber)

Matamata.com - Kabar aktor kawakan Mat Solar belum lama ini menghebohkan publik. Ini karena setalah lama menghilang dari layar kaca televis, kondisi kesehatan Mat Solar memburuk.

Mat Solar ini terakhir muncul di televisi saat bermain sinetron Tukang Bubur Naik Haji. Hanya saja ia memutuskan untuk keluar dari sinetron tersebut. Penuturan istrinya, Ida Nurlaila, sebenarnya sejak 2013 Mat Solar sudah menolak semua tawaran syuting. Namun ia tak menjelaskan detail alasan suaminya pensiun dari dunia hiburan.

Namanya kemudian menjadi perbincangan lagi karena beredar foto-foto Mat Solar menghadiri acara wisuda sang anak. Tampak Mat Solar tak berdaya duduk di atas kursi roda.

Baca Juga:
4 Anak Artis Mirip dengan Nenek Kakeknya, Bisa Gitu Ya?

Mat Solar hadiri wisuda anaknya di Intitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Sabtu (15/9/2018). (ITS)

Kabar Mat Solar terserang stroke dibenarkan sang istri. Menurut Ida, suaminya sudah mengidap sakit stroke selama 3 bulan terakhir. Dan stroke ini merupakan kedua kalinya.

''Stroke pertama 2015. Itu masih stroke ringan, normal. Pas terakhir ini udah dari akhir Juli 2018,'' jelas Ida seperti dikutip dari Suara.com.

Awalnya stroke terakhir yang menyerang Mat Solar membuatnya tak bisa berjalan. Tapi setelah menjalani terapi akupuntur, kondisi bintang serial komedi Bajaj Bajuri itu mulai membaik.

Baca Juga:
5 Kehebohan Pernikahan Rp 5 Miliar Vicky Prasetyo - Angel Lelga

Meski begitu, hingga kini terlihat sebagian anggota tubuh Mat Solat terlihat kaku. Kata-kata yang keluar dari mulutnya juga sudah tak terdengar jelas.

Nasib serupa dengan Mat Solar juga dialami dua artis senior ini. Di usia senjanya mereka harus hidup susah dan menderita sakit. Siapa saja?

Baca Juga:
Mau Jadi Mantu Maia Estianty, Ini Kriteria Cewek Dul Jaelani

Urip Arphan

Setelah kabar mengagetkan dari Mat Solar, akun gosip Lambe Turah mengunggah potret kondisi aktor senior Urip Arphan.

Dikabarkan pemain Emak Ijah Pengen Ke Mekah (2013) kini sakit-sakitan dan tinggal di rumah kontrakan yang sederhana.

Akun gosip itu mengolase foto-foto Urip Arphan menunjukkan potret saat masih aktif di dunia hiburan dan kini yang sudah tua renta. Rambutnya bahkan kini sudah mulai memutih.

Kondisi Urip Arphan memprihatinkan. (Instagram/Lambe_turah)

Sebagai informasi, aktor 71 tahun ini sudah membintangi 51 judul layar lebar, mulai dari Laila Majenun (1975) hingga Emak Ijah Pengen Ke Mekah (2013).

Aminah Cendrakasih

Satu lagi artis senior yang kini kondisinya memprihatinkan karena sakit, yakni Aminah Cendrakasih.

Pemeran Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini menderita lumpuh dan buta. Kabarnya ia terkena glaukoma.

Konsidi Aminah tersebut diungkapkan oleh aktor Rano Karno pada 2014 lalu.

''Kita sudah tau sekarang kan beliau lumpuh dan buta. Jadi saya mau ke rumah beliau,'' ungkap Rano Karno seperti dikutip dari Suara.com.

Baru kemudian pada 2018, kabarnya muncul lagi setelah diposting akun gosip Lambe Turah.

Aminah Cendrakasih terlihat terbaring lemah namun suaranya masih bisa didenger dengan jelas. Ini terdengar saat Mak Nyak meminta Sule dan Andre menjenguk dirinya karena selama ini merasa terhibur dengan becandaan keduanya di televisi. Meskipun tak bisa melihat wajah Sule dan Andre.

Aminah Cendrakasih. (Instagram/@lambe_turah)

Seperti diketahui, Aminah Cendrakasih ini dikenal berkat sinetron Rumah Masa Depan dan juga Si Doel Anak Sekolahan. Selama ia berkarier di dunia hiburan, sudah banyak judul film, sinetron maupun iklan yang sukses ia bintangi.

Pada 2011, ia pun masuk menjadi nominasi Pemeran Pendukung Wanita Piala Vidia FFI (Si Doel Anak Pinggiran). Dan 2013, ia mendapatkan Lifetime Achievement Award di ajang Indonesia Movie Awards.

Load More