Sabtu, 19 Oktober 2019
Tinwarotul Fatonah : Senin, 24 September 2018 | 14:45 WIB

Matamata.com - Sejak resmi bercerai pada 20 September lalu, untuk pertama kalinya komedian Entis Sutisna atau yang akrab disapa Sule mengumumkan dirinya adalah seorang duda secara live.

Curhat colongan itu, Sule ungkapkan lewat lagu yang dinyanyikannya saat live di acara Ini Talk Show pada Jumat (21/9/2018). Sehari setelahnya video itu pun dipublikasikan di chanel YouTube Ini Talk Show.

Sedih tapi kocak, suasana yang menggambarkan penampilan Sule ketika menyanyikan lagu Lagi Syantik milik Siti Badriah. Waktu itu Sule memparodikan tokoh Pavarotti yang diplesetkan menjadi Papa Roti.

Ayah Rizky Febian itu pun secara epik bisa menyanyikan lagu Lagi Syantiek dengan genre seriosa. Namun di ending lagu, Sule menyisipkan kalimat, ''tapi aku sudah duda,'' dilantunkannya dengan nada tinggi.

Penonton di studio pun langsung bersorak dan bertepuk tangan. Sementara Sule ambruk karena sepertinya kelelahan bernyanyi.

Kamu bisa tonton curhat colongan Sule pada video di bawah ini mulai menit ke 4:35.

Gara-gara pengakuan Sule sudah duda buat bercandaan, netizen turut memberi dukungan padanya.

''Hhhahahaha kini aku sudah dudaaaaaaaaaaa gkgkgk Sabar kang Sule inshallah semoga ada penggati yang lebih baik dan soleha cantik hati luar dalam amin,'' komentar netizen.

''Walau hatimu rapuh, tapi kamu tetep bekerja dengan hati kang Sule.. salut,'' tulis netizen memberi semangat.

''Tapi aku sudaah dudaa. Hahhaa kocaak om Sule,'' timbal netizen lainnya.

Pertama kali live bahas perceraian

Acara Ini Talk Show pada Selasa (11/9/2018) mendadak gloomy. Pelawak sekaligus pembawa acara, Sutisna alias Sule, buka-bukaan soal prahara rumah tangganya.

Dalam acara yang tayang di stasiun televisi NET kali itu, Sule tak hanya sebagai pembawa acara, tapi juga tamu. Dia duduk di sofa panjang, bukan di kursi pembawa acara.

Turut hadir pula dalam acara tersebut, dua anaknya dari pernikahan dengan Lina, penyanyi Rizky Febian dan Putri Delina, anak cantik Sule yang memiliki suara merdu.

Putri Delina, Sule, dan Rizky Febian. (Instagram)

1. Ungkapan sayang putri Sule

Ketika mengungkapkan rasa sayang ke sang ayah, Putri Delina tiba-tiba meneteskan air mata. Tangannya berupaya membasuh air mata yang menetes.

''Ya gimana?'' kata Putri Delina dengan ekspresi senyum namun sarat kebingungan.

Sule pun datang menghampiri kedua anaknya tersebut. Dia duduk di tengah kemudian merangkul kedua anaknya, setelah sempat mencium pipi mereka.

''Boleh dong meluk?'' tanya Sule kepada Andre Taulany, Andre Taulany bertanya, ''Why you cry (kenapa kamu menangis--RED)?.

Dipeluk sang ayah, tangis Putri Delina pun pecah. Dia menyembunyikan wajah dan ekspresi tangisnya di balik dekapan sang ayah.

Rizky Febian pun angkat bicara. ''Saya tahu banget perasaan Putri. Dengan permasalahan (keluarga--RED) sekarang, dia kuat. Dia kan perempuan sendiri.''

''Di rumah pun, dia (Putri Delina--RED) berusaha tidak memperlihatkan rasa sedih. Yang saya salut dengannya, dia selalu ingin membuktikan hal itu,'' ujar Rizky Febian.

2. Curhat Sule ke Andre Taulany

Ternyata, terkait permasalahan rumah tangga yang menimpanya, Sule sempat mencurahkan isi hatinya kepada Andre Taulany.

Di balik setiap cobaan, pasti ada hikmahnya. Masalah rumah tangga dengan Lina, sang istri, malah membuat Sule semakin dekat dengan anak-anaknya.

'Saya sahabatnya Sule. Dia sering curhat ke saya. Beberapa waktu lalu, dia curhat begini: 'Ji, gue sekarang jadi rajin bangun pagi nih, mandiin anak-anak sekolah. Dulu gue nggak pernah, gue bangun anak-anak udah berangkat','' tutur Andre Taulany menirukan curhat Sule.

''Gue dulu juga sering (mandiin anak--RED). Siapa yang curhat ama lo?'' timpal Sule berkelakar disambut tawa penonton. ''Elo,'' kata Andre Taulany.

''Gimana bersih?'' tanya Sule. Andre pun menyambar, ''Kagak,'' sambil disambut tawa penonton.

Liburan Sule dan anak-anaknya ke Jepang/Instagram @ferdinan_sule

Permasalahan yang menimpa rumah tangganya membuat Sule kerap bersama-sama dengan anak-anak. Mereka kerap menghabiskan waktu bersama.

''Kita bisa bareng terus. Yang artinya selama ini yang kita susah untuk bersama, terus yang dulu jarang dipeluk sama adik-adik, sekarang lebih dekat dengan gue,'' ujar Sule kepada Andre Taulany.

4. Pesan Sule untuk anak-anaknya

Andre Taulany sempat menanyakan adakah pesan yang ingin disampaikan Sule kepada anak-anaknya? Sambil tetap merangkul mereka, Sule angkat bicara.

''Banyak ilmu sih. Yang pertama, kesabaran. Keikhlasan dalam menjalani hidup. Apa adanya. Apapun yang terjadi, kita tidak boleh menangis. Kita harus tetap melangkah ke depan. Jangan melangkah ke belakang. Semua itu ada hikmahnya, Ibarat hujan, itu ada berhentinya,'' ujar Sule sambil merangkul kedua anaknya.

Sule pun menganalogikan wejangan tersebut seperti salah satu lagu yang dinyanyikan Rizky Febian berduet dengan Mikha Tambayong yang berjudul 'Berpisah itu Mudah'.

''Seperti lagunya Iki--panggilan Rizky Febian--, berpisah itu mudah. Tapi yang susah itu menghilangkan kenangan-kenangan. Nanti akan indah pada waktunya,'' ujar Sule saat berbicara kepada rekan host sekaligus sahabatnya, Andre Taulany.

Liburan Sule dan anak-anaknya ke Jepang/Instagram @ferdinan_sule

Andre Taulany pun menanyakan doa dan pesan Rizky Febian serta Putri Delina kepada sang ayah.

Ketika sesi ini, Rizky Febian mengisahkan betapa kisah cinta dan kondisi keluarga menginspirasinya dalam setiap menulis lagu-lagu. Rizky Febian pun tak kuasa menangis menceritakannya.

''Sebenarnya ketika saya menciptakan lagu, terkadang saya bersyukur kenapa setiap lagu Iki bisa diterima sama masyarakat. Karena pada dasarnya, semua kalau boleh jujur. Saya terinspirasi dari keadaan keluarga. Saya melihat dari kisah cinta keluarga. Apapun itu mulai dari 'Kesempurnaan Cinta', 'Cukup Tau', sampai 'Hargai Cinta','' ujar Rizky Febian sambil terisak.

Lagu menjadi medium Rizky Febian dalam mencurahkan segala perasaannya. Dari lagu tersebut, Rizky Febian berharap curhat itu sampai ke ayah dan keluarganya.

''Karena ya bingung menyampaikan rasa ini ke siapa. Akhirnya saya berusaha menyampaikan lewat karya. Dan berharap bisa sampai juga maksudnya ke ayah dan adik-adik saya,'' tutur Rizky Rebian.