Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Andre Taulany dan Sule. (YouTube)

Matamata.com - Belakangan netizen dibuat heboh karena beredar tiga foto kolase yang menunjukkan komedian Sule dan Andre Taulany seolah-olah mendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Foto pertama yang diunggah di Facebook atas nama Budi Arto memperlihatkan Sule dan Andre tengah berangkulan.

Di situ, Sule terlihat mengenakan kaus putih berlambang partai Gerindra - partai pendukung capres dan cawapres Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

Baca Juga:
Reaksi Gemas Gisel Tanggapi Pembuat Tagar #kasihangempi dan #savegempi

Sementara foto kedua memperlihatkan Andre dan Sule seperti sedang berbincang dengan capres petahana Joko Widodo (Jokowi).

Unggahan Facebook Budi Arto

Di bagian kanan atas gambar terdapat logo televisi NET. Tangan kanan Andre dalam posisi telunjuk dan ibu jari terbuka dilingkari garis merah.

Di foto ketiga, giliran tangan Sule dengan posisi sama seperti Andre yang dilingkari garis merah.

Baca Juga:
Awal Mula Shakira Didiagnosis Kanker Darah hingga Denada Harus Kerja Keras

Salam dua jari tersebut dikenal sebagai simbol dukungan terhadap Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno pada Pilpres 2019.

Tiga foto kolase itu diunggah akun Facebook bernama Budi Arto pada 30 Januari 2019. Caption yang ditulis "Orang kalo cerdas kagak salah pilih lah," diakhiri emoticon tertawa sampai menangis.

Cek Fakta

Kantor berita AFP melakukan cek fakta atas tiga foto tersebut seperti yang Suara.com beritakan. Untuk foto pertama, AFP menemukan foto aslinya dengan menggunakan Google reverse image.

Foto tersebut rupanya pernah diunggah Andre di Instagram pada 25 November 2017. Dan, tak ada logo partai Gerindra di kaus Sule seperti yang diunggah oleh Budi Arto. Foto tersebut telah dimanipulasi.

Perbandingan foto manipulasi dan asli [AFP]

Masih menggunakan Google reverse image, AFP juga menemukan foto asli kedua dan ketiga.

Kedua foto tersebut merupakan tangkapan layar atau screenshot tayangan Ini Talk Show NET TV - acara yang dipandu Sule dan Andre - saat Joko Widodo menjadi bintangi tamu.

Video tersebut diunggah ke YouTube oleh channel Ini Talk Show official pada 28 Januari 2019.

Dari hasil penelusuran, foto kedua diambil di menit 4.51 dan foto ketiga di menit 5.01.

Screenshot asli [AFP]

Apa yang dilakukan Andre sebenarnya sedang menunjuk Jokowi untuk berterimakasih karena sudah bersedia hadir di Ini Talk Show.

Screenshot asli [AFP]

Gerakan serupa juga dilakukan Sule. Sule rupanya sedang memberitahu Jokowi - dengan cara menunjuk Andre - bahwa Andre adalah tuan rumah acara tersebut.

Suara.com/Yazir Farouk

Load More