Ustaz Arifin Ilham (Instagram/@kh_m_arifin_ilham)

Matamata.com - Ustaz Arifin Ilham meninggal pada usia 49 tahun karena kanker nasofaring dan kanker getah bening stadium 4. Tentu hal ini sangat mengejutkan publik, apalagi Ustaz Arifin Ilham juga terkenal sebagai salah satu publik figur yang rajin berolahraga yakni berkuda. 

Kanker kelenjar getah bening sendiri merupakan 1 dari 10 jenis kanker yang sering diderita dan banyak terjadi di Indonesia baik perempuan maupun laki-laki.

Kanker ini terjadi karena pertumbuhan yang berlebihan dari sistem kekebalan tubuh atau sel limfosit.

Baca Juga:
Hari Terakhir Hijrah Fest, Arie Untung Dedikasikan untuk Ustaz Arifin Ilham

Selain itu, banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk terkena penyakit kelenjar getah bening, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junkfood dan lain-lain.

Berikut Matamata.com rangkum deretan seleb lain yang juga berjuang melawan penyakit mematikan ini.

1. Ustaz Arifin Ilham

Baca Juga:
Diminta Lanjutkan Dakwah, Anak Ustaz Arifin Ilham: Pastilah!

Arifin Ilham (Instagram/@alvin_411)

Pimpinan majelis Az Zikra, Ustaz Arifin Ilham diketahui telah berjuang melawan penyakit kanker kelenjar getah bening sejak 2018 tahun lalu. Meski sempat dinyatakan sembuh, nyatanya kondisi Ustaz Arifin Ilham makin menurun hingga menghembuskan nafas terakhir pada Rabu (22/5).

2. Olga Syahputra

Olga Syahputra (Instagram/@pecintaolgasyahputra)

Presenter sekaligus komedian Olga Syahputra juga merupakan salah satu seleb pejuang kanker kelenjar getah bening. Hal ini bermula dengan adanya benjolan di tubuhnya hingga akhirnya Olga dinyatakan meninggal pada 2015 silam.

Baca Juga:
Setelah Disalatkan, Putra Kedua Sebut Jenazah Ustaz Arifin Ilham Bau Harum

3. Ranza Ferdian

Ranza Ferdian (Instagram/@ranza_ferdian)

Kepergian aktor muda Ranza Ferdian juga masih menyisakan luka mendalam bagi penggemarnya hingga kini. Ia dikabarkan juga mengidap kanker kelenjar getah bening hingga harus dirawat di beberapa rumah sakit. 

4. Shakti Harimurti

Shakti Harimurti (Instagram/@shaktiharimurti)

Terakhir ada salah satu aktor film Jomblo 2006, Shakti Harimurti. Kabar meninggalnya Shakti sendiri diketahui publik lewat unggahan salah satu rekannya, Hanung Bramantyo.

Load More