Linda Rahmadanti | MataMata.com
Elvy SUkaesih dan Fitria anaknya. [suara.com]

Matamata.com - Usai mengamuk, putra Elvy Sukaesih akhirnya dibebaskan. Bukan tanpa sebab, pihak penyidik mengatakan bahwa keluarga Haedar memberikan surat keterangan sakit jiwa.

"Tidak jadi diamankan karena keluarganya menunjukan surat keterangan gangguan jiwa," kata Argo saat dihubungi wartawan, Jumat (13/9/2019).

Menanggapi hal tersebut, pihak keluarga Haedar memberikan klarifikasinya.

Baca Juga:
Usai Ngamuk, Putra Elvy Sukaesih Kini Diisolasi

Fitria Sukaesih sendiri mengatakan bahwa saudaranya tidaklah gila. Haedar hanya menderita gangguan Skizofrenia.

"(Haedar) dari depresi ada gangguan gitu. Karena dia asalnya stroke tiga kali, terus dari stroke suaranya nggak bisa keluar. Sementara anak Umi kan pasti nyanyi, gitu. Jadi sudah bikin dia kecewa, anaknya juga meninggal. Jadi dia banyak hal yang berat yang dia rasa sehingga terganggu. Sempat dirawat terus dinyatakan sehat. Cuma kan yang seperti itu nggak terlepas dari obat," ungkap Fitria Sukaesih.

Skizofrenia sendiri merupakan gangguan yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, merasakan, dan berperilaku dengan baik.

Baca Juga:
Haedar Ngamuk di Warung, Keluarga Elvy Sukaesih Janji Akan Tanggung Jawab

Skizofrenia ditandai dengan pemikiran atau pengalaman yang nampak tidak berhubungan dengan kenyataan, ucapan atau perilaku yang tidak teratur, dan penurunan partisipasi dalam aktivitas sehari-hari. Kesulitan dalam berkonsentrasi dan mengingat.

Elvy Sukaesih. [Instagram]

Sebelum Haedar ngamuk, keluarga sudah mencoba untuk membawanya ke dokter. Namun, pihak keluarga mengaku kesulitan.

Bahkan Haedar sampai memberikan ancaman saat akan diajak ke dokter.

Baca Juga:
Putra Elvy Sukaesih Utang Rokok, Suami Wirdha Sylvina Heran

"Dia menolak untuk minum obat. Kemudian, waktu diajukan untuk periksa ke dokter marah dan nggak mau bahkan ngancem," ujar Fitria Sukaesih.

Fitria juga menjelaskan bahwa sang kakak kini kondisinya sedang sensitif sehingga mudah tersinggung.

"Tersinggungnya itu tinggi," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, putra sulung Elvy Sukaesih, Haedar mengamuk di sebuah warung yang tak jauh dari rumahnya di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (12/9/2019) malam. Haedar ngamuk karena tak diperbolehkan mengutang tiga bungkus rokok. Polisi sempat mengamankan Haedar, namun kemudian membebaskannya Jumat (13/9/2019) karena keluarga menunjukkan surat kalau Haedar mengalami gangguan jiwa.

Load More